Daftar Harga Suzuki All New Ertiga per Maret 2021, Mana yang Menguntungkan?

Daftar Harga Suzuki All New Ertiga per Maret 2021, Mana yang Menguntungkan?
Gambar
Review Pengguna

Para pembeli mobil baru tengah menunggu berapa harga mobil-mobil yang mendapat relaksasi PPnBM. Salah satunya adalah Suzuki All New Ertiga. Seperti Low MPV lain, harganya ikut turun. Lumayan banyak, mulai dari Rp 10 jutaan. Karena Ertiga memenuhi syarat mendapat potongan PPnBM 0 persen. Tentu sebuah momen yang pas bila ingin memiliki MPV nyaman ini. Sebagai penyegaran informasi, kami sekaligus siapkan panduan sebelum menentukan pilih yang mana. Tapi jangan lupa, cek juga diskon terbaru dari diler.

Setiap tahunnya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) punya kebiasaan menyegarkan Ertiga. Terbaru, terjadi 2020 lalu dengan beberapa penyegaran ringan untuk tipe tertentu. Jumlah varian tetap 4: Suzuki Sport (SS), GX, GL dan GA. Sebelum mengupas lebih dalam, ada beberapa spesifikasi yang berlaku pada semuanya. Pertama soal dimensi. Ukurannya termasuk kompak namun tetap menyediakan akomodasi nyaman untuk semua penumpang. Terukur panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.690 mm. Wheelbase sepanjand 2.740 mm dan ground clearance 185 mm lumayan tinggi.

Dibandingkan dengan Low MPV lainnya, Suzuki Ertiga terkenal dengan bantingan suspensi nyaman, mesin halus dan juga irit bahan bakar. Fleksibilitas kabin juga tinggi, mampu menampung tujuh penumpang dan praktis buat harian. Segala kelebihan itu ditambah saat generasi kedua meluncur 2018 lalu. Dimensi membesar tambah lapang kabin dan mesin meningkat kapasitasnya seiring juga performa.

Untuk jantung pacu, Suzuki All New Ertiga mengandalkan K15B 4-silinder DOHC berteknologi katup VVT. Tenaga dihasilkan sebesar 104,7 PS yang keluar di putara 6.000 rpm sementara torsi maksimal 138 Nm di 4.400 rpm. Pilihan transmisi ada manual 5-speed dan otomatis kovensional 4-speed. Konstruksi kaki-kaki berjenis MacPherson strut dengan coil spring di depan, dan torsion beam dengan coil spring di belakang. Sistem penghela laju mempercayakan kombinasi cakram dan tromol, layaknya mobil di segmennya yang beredar saat ini.

Baca juga: Dapat Diskon PPnBM Sampai Puluhan Juta, Ini Daftar Harga Mobil Toyota Terbaru

Ertiga Suzuki Sport

Ertiga Suzuki Sport

Ertiga Suzuki Sport merupakan varian yang paling sporty sekaligus trim termahal dan paling lengkap. Bedanya ada dari desain grille diamond yang cukup mencolok. Tak lupa sematan body kit keluaran Suzuki Sport di sekeliling bodi. Ditambah juga rear spoiler bertengger di buritan sebagai penegas sporty. Sektor penerangan model proyektor dengan alis yang berfungsi sebagai DRL (daytime running light).

Jika dilihat dari samping, Side under spoiler dipasang menemani pelek dual tone alloy yang sama seperti tipe GX. Ukurannya 15-inci dan dibalut ban 185/65. Area belakang, tampilannya lebih mantap. Rear upper spoiler disematkan dengan kontur tak rata. Fungsionalitas ditingkatkan di kaca belakang, lantaran tersedia rear defogger untuk mencegah embun saat berkendara di kondisi hujan. Keseluruhan penampilannya disepuh tiga opsi warna: Pearl Snow White, Metallic Magma Gray dan Prime Cool Black.

Suzuki tak hanya menggarap bagian luar saja. Untuk masuk ke kabin Ertiga Suzuki Sport sangat mudah karena sudah memakai Smart Key. Nuansa sporty menyambut di dalam dari dominasi warna hitam. Tapi Suzuki turut menambah beberapa panel kayu agar kesan trim mahalnya keluar. Sisi pengemudi diwarnai berbagai perangkat pendukung, sehingga pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman. Panel instrumen merupakan kombinasi antara analog dan digital. Multi Information Display (MID) menampilkan ragam informasi secara digital. Pengaturan posisi mengemudi dimudahkan dengan jok yang dapat disetel ke enam arah (termasuk height adjuster) dan setir yang dibekali tilt. Minusnya, tidak tersedia fungsi teleskopik. Bagi posisi jangkung agak terkendala menemukan posisi setir enak.

Pusat hiburan berasal dari monitor layar sentuh 8-inci yang bisa terhubung ke smartphone. Steering switch tersedia untuk pengaturan, ditambah koneksi berupa USB, dan AUX. Untuk menjaga gawai komunikasi elektronik tetap penuh baterainya, power outlet dipasang di konsol tengah. Sementara sistem pendingin udara sudah model auto climate dengan fungsi pemanas (heater) Fungsionalitas lain bisa dibilang praktis layaknya MPV. Paling menarik cup holder dengan ventilasi pendingin. Sangat berguna bagi penikmat minuman soda.

Keamanan dan keselamatan terbilang lengkap. Ia dapat bersaing dengan kompetitor di level yang sama. Sistem pengereman misalnya, sudah pasti diimbuhi Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD). Kestabilan pengendalian dipastikan Electronic Stability Programme (ESP), yang mencegah understeer dan oversteer. Untuk meminimalisir tumbukan terhadap penumpang baris depan, Suzuki pun menyematkan dual SRS airbag. Terakhir saat parkir, rasanya mudah lantaran pengemudi bisa memantau kondisi di belakang lewat rear camera parking. Ini masih dibantu sensor parkir 2 titik.

Harga All New Ertiga Suzuki Sport (per Maret 2021):

  • All New Ertiga Suzuki Sport MT: Rp 243,5 juta
  • All New Ertiga Suzuki Sport AT: Rp 253 juta

Suzuki All New Ertiga

Ertiga GX

Ertiga GX menawarkan nilai terbaik antara fitur dan harga. Tampilannya lebih sederhana dibanding Ertiga Suzuki Sport. Selisihnya lumayan banyak, dibedakan dari kelengkapannya juga. Paling terlihat tidak adanya kamera belakang. Suzuki cuma menyediakan dudukan, sehingga memudahkan konsumen yang ingin menambahkan fitur itu. Walau begitu, kaca belakang sudah dilengkapi rear defogger. Kemudian spion dapat melipat dan diatur secara elektronik, serta terintegrasi lampu sein. Proses parkir pun tetap mudah, lantaran tersedia sensor dua titik di belakang. Begitu juga pilihan warna, lebih banyak: Metallic Magma Gray, Pearl Snow White, Cool Black, Radiant Red, Burgundy Red, Silky Silver dan Brave Khaki.

Nuansa kabin hampir mirip antara GX dengan Suzuki Sport. Mulai 2020 interior tipe GX sudah hitam. Fitur kenyamanan juga mirip, seperti head unit 8-inci, AC digital serta Smart Entry yang dipadukan start/stop button. Kurang paling signifikan tanpa kehadiran Hill Hold Control dan ESP. Sisanya sama.

Baca juga: Kemenperin: Relaksasi PPnBM Bikin Produksi Mobil Tembus 1 Juta Unit Selama 2021

Suzuki All New Ertiga

Ertiga GL

Nah, biasanya tipe favorit ini kerap dijadikan taksi daring. Level menengah tapi sudah dilengkapi fitur keselamatan memadai. Memang banyak pengurangan di peranti kenyamanan kabin. Tak ada fungsi Smart Key dan Start/Stop Button. Ia masih mengandalkan kunci konvensional untuk mengakses kabin. Seperti tak ada audio steering switch, cup holder berpendingin dan interiornya pun masih berwarna beige. Beruntung AC sudah model digital meski minus climate control dan heater. Kemudian ukuran head unit cuma 7 inci dan kelengkapannya sederhana sana. Terakhir adalah pengaturan jok pengemudi, hanya empat arah, alias tidak ada height adjuster.

Pelanggan yang ingin mendapatkan Ertiga berfitur memadai dengan harga terjangkau bisa memilih varian ini. Dari luar juga mudah dikenali sebagai tipe GL. Terlihat dari kurangnya rear deffoger dan pakai pelek model lama. Untuk pilihan kelir sama seperti GX, termasuk sistem keselamatan dan keamanan.

Suzuki All New Ertiga

Ertiga GA

Yang terakhir adalah tipe GA yang menjadi opsi paling murah dengan harga Rp 199,5 juta, atau turun dari Rp 210,5 juta. Hanya tersedia transmisi manual dan menjadi Ertiga paling minim fitur. Tampilannya cukup spartan tanpa elemen mewah sama sekali. Cocok dijadikan mobil operasional yang tidak butuh gimmick. Wajah depan harus kehilangan foglamp, pakai pelek kaleng dan spion tak terintegrasi sein hanya berupa plastic senada warna bodi. Pilihan warna juga lebih sedikit: Silky Silver, Burgundy Red, Radiant Red, Cool Black dan Pearl Snow White.

Otomatis interior lebih sederhana lagi dibanding GL. Head unit tidak dikasih, tapi Suzuki sudah menyediakan speaker. Perangkat AC juga kembali ke model konvensional, berupa kenop putar. Keselamatan pun mengandalkan dual SRS airbag, ABS+EBD. (Odi/Raju)

Harga All New Suzuki Ertiga GL (per Maret 2021):

  • Suzuki Ertiga GA - MT: Rp199.500.000
  • Suzuki Ertiga GL - MT: Rp219.000.000
  • Suzuki Ertiga GL - AT: Rp228.500.000
  • Suzuki Ertiga GX - MT: Rp232.000.000
  • Suzuki Ertiga GX - AT: Rp241.500.000

Baca juga: Daftar 21 Mobil yang Dapat Diskon PPnBM, Ada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize