Tenaga Kawasaki Ninja ZX-25R Bisa Berbeda Hanya Karena Pipa Udara, Ini Penjelasannya

Tenaga Kawasaki Ninja ZX-25R Bisa Berbeda Hanya Karena Pipa Udara, Ini Penjelasannya
Gambar
Review Pengguna

Kawasaki Ninja ZX-25R resmi diluncurkan di Indonesia. Ada dua varian dengan basis sama, namun berbeda di sektor fitur dan kosmetik (Standard dan ABS-SE). Motor ini diklaim punya tenaga mencapai 51 PS (daya kuda).


Uniknya, dalam presentasi disebutkan tenaga ini bisa dicapai ketika Air Ram aktif. Saat tidak aktif, tenaganya hanya bisa mencapai 50 PS, alias lebih rendah 1 daya kuda. Angka ini pada sepeda motor sangatlah berarti, lantas apa itu peranti Air Ram yang bisa meningkatkan tenaga sang Ninja 250 cc 4-silinder?


"Centre Ram Air System adalah mekanisme dengan posisi pipa udara di tengah yang menjadi trademark dari Ninja ZX. Fitur ini dirancang berdasarkan feedback Ninja H2. Tugasnya meningkatkan efisiensi dan berkontribusi pada peningkatan kerja mesin," jelas Michael C. Tanadhi, Departpment Head Sales and Marketing PT Kawasaki Motor Indonesia, dalam presentasinya hari ini (10/7).


Air ram Kawasaki Ninja ZX-25R


Dalam prinsip kerja mesin, semakin efektif udara yang masuk, pembakaran memang jadi lebih optimal. Nah, dalam Ninja ZX-25R, pipa udara (Air Ram) dengan desain khusus, sudah tersedia. Pipa ini akan menangkap lebih banyak udara, seiring bertambahnya kecepatan tanpa perlu mekanisme buka tutup. Cara kerjanya memanfaatkan peningkatan tekanan udara statis di dalam pipa. Karenanya disebut Michael, Air Ram akan berfungsi optimal saat kecepatan mencapai 100 kpj. Dari situ, tenaga yang tadinya cuma bisa terdistribusikan hingga 50 PS, bisa naik hingga 1 PS.


Jadi, bukan berarti ada atau tidak ada Air Ram ya. Pipa ini memang sudah terpasang dengan konstruksi dan penempatan sedemikian rupa pada ZX-25R, menjulur hingga ke intake mesin. Jangan heran jika lubangnya berada cukup tinggi di bagian atas, antara lampu dan windshield.


Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-25R 4-Silinder Resmi Dijual, Harga Mulai Rp 90 jutaan


Tentang Kawasaki Ninja ZX-25R


Kawasaki Ninja ZX-25R menjadi motor pertama di kelasnya (sport 250 cc) yang menggunakan skema mesin 4-silinder segaris. Ya, di saat kompetitor merilis kubikasi selevel dalam format 1, 2, Kawasaki malah mencoba pendekatan yang jauh berbeda.


Tujuannya tentu bukan cuma meraih suara raungan mesin dan knalpot yang lebih ramai. Namun juga peningkatan tenaga yang signifikan. Bisa dibayangkan, meski kubikasinya ringkas, tenaganya sekelas motor 400-500 cc!


Kawasaki Ninja ZX-25R black


Tak kurang 51 PS bisa diproduksi oleh mesin 249 cc 16 valvenya. Fiturnya juga tak main-main untuk kelas motor yang harganya di kisaran Rp 90-110 jutaan. Dilengkapi dengan high-spec ECU, mesin Ninja ZX-25R dapat mengontrol volume bahan bakar (via fuel injector) dan udara (via throttle valves) yang dikirimkan ke mesin. Komponen ini membuat ETV tidak hanya memberikan respon mesin yang halus, namun juga membuat pengendara dapat menggunakan Kawasaki electronic rider support system seperti traction control, selectable power modes, dan dual-direction quick shifter.


Kawasaki Ninja ZX-25R hadir ke Indonesia dalam 2 tipe, yaitu standard dan Special Edition (ABS - SE). Yang membedakan tipe SE memiliki tambahan grafis warna, serta beberapa fitur dan aksesori. Antara lain rem ABS, KQS dua arah, pillion seat cover / single seat cover, smoked windshield, frame slider, dan wheel rim tape.


Tipe standard hadir dalam warna Metallic Spark Black (hitam), untuk tipe SE hadir dalam 3 warna, yaitu Lime Green / Ebony (ABS SE), Metallic Spark Black / Pearl Flatdust White (ABS SE), Candy Plasma Blue / Metallic Spark Blue (ABS SE).


Harga Kawasaki Ninja ZX-25R Rp 96 juta (Standard) dan Rp 112,9 juta (ABS-SE). Nominal ini untuk BBN motor pertama di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Serang. (Van/Tom)


Baca juga: Harga Kawasaki Ninja 250 cc Mulai Rp 29,9 Jutaan, Opsi Murmer Motor Sport

Jelajahi Kawasaki Ninja ZX-25R

Kawasaki Ninja ZX-25R Rp 96 - Rp 112,9 Juta Cicilan : Rp 2,19 Juta
      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store