Pilihan Motor di Bawah Rp 20 juta Selain Skutik

Pilihan Motor di Bawah Rp 20 juta Selain Skutik
Gambar
Review Pengguna

Skuter matik sampai sekarang masih mendominasi penjualan sepeda motor di Indonesia. Masyarakat biasanya memilih motor jenis ini karena kepraktisan serta fiturnya yang relatif modern. Hal itu justru membuat harganya melonjak tinggi.

Di lain sisi, ada beberapa produk selain skutik yang punya fitur canggih dan bahkan dijual tidak lebih dari Rp 20 juta. Berikut pilihannya.

Honda Supra X 125 FI

Ia merupakan salah satu motor bebek terfavorit di Indonesia. Dibekali mesin 125 cc 4 tak SOHC yang disertai dengan teknologi Programmed Fuel Injection (PGM-FI). Mampu menghasilkan tenaga sebesar 10 Hp pada 8.000 rpm dan torsi 9,30 Nm di 4.000 rpm. Berdasarkan pengetesan internal perusahaan, satu liter bensinya bisa menempuh jarak 57,2 km (EURO 3). Angka yang dihasilkan tersebut masih bisa mengimbangi keriritan motor bertransmisi otomatis.

Honda Supra X 125

Kesan berkelas ditunjukkan melalui desain Honda Supra X 125 yang punya bodi meruncing. Penyematan dual keen winker dan position light yang dilengkapi dengan garis reflektor membuatnya makin stylish. Lampu belakangnya sudah berteknologi LED dan terdapat fitur berupa soket charger di bagasi serta gantungan barang di dek tengah. Panel meter tampil modern dan mudah dibaca. Pengereman juga sudah cakram depan dan belakang.

Dirinya ditawarkan dengan dua varian. Untuk tipe CW (pelek racing) dipasarkan dengan harga Rp 19,250 juta dengan pilihan warna Quantum Matte Black dan Energetic Red. Sementara model SW (pelek jari-jari) dengan kelir Energitic Red dijual Rp 18,171 juta OTR Jakarta.

Honda Revo Series

Honda Revo series hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang menyukai sepeda motor bebek. Memiliki kapasitas mesin 110 cc, dilengkapi teknologi PGM-FI dan berpendingin udara. Selain dikenal irit, dia juga tangguh dan mudah dalam hal perawatan.

honda revo

Dirinya punya beragam fitur terbaik yang tidak kalah dengan skutik. Bahkan ia terbukti menjadi motor teririt. Model ini dapat menjangkau 59,8 km dengan 1 liter (metode ECE R40) menggunakan metode pengukuran EURO 3 (EURO 2 = 62,2 km/liter).

Dari sisi fungsionalitas, memiliki bagasi serbaguna sebesar 7 liter yang dapat menyimpan ‎berbagai kelengkapan pengendara. Pijakan pembonceng terbuat dari bahan aluminum sehingga kuat dan menunjang tampilan sporty. Terdapat pula sistem kunci kontak berpengaman dengan auto lock (Auto Secure Key Shutter). Namun hanya khusus di New Honda Revo X.

Hadir dalam dua pilihan, New Honda Revo Fit dan New Honda Revo X. Perbedaan keduanya hanya pada striping dan model pelek, sisanya semua sama. Untuk varian terendah dipasarkan Rp 14,9 juta dengan 3 pilihan warna yakni Neo Green, Raving Red dan Galaxy Blue. Sementara tipe termahal yang dijual Rp 16,6 juta punya dua warna, yakni Attractive Red dan Quantum Black. Masing-masing banderol berstatus OTR DKI Jakarta.

Yamaha Jupiter Series

Hadir dengan konsep Super Sport Design membuat motor bebek dari Yamaha ini terlihat sporty. Jupiter MX 150 mengusung mesin injeksi 150 cc bertipe SOHC berpendingin cairan. Tercatat punya daya 15,3 Hp pada putaran mesin 8.500 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 13,8 Nm. Cukup baik untuk sebuah motor jenis moped.

Yamaha Jupiter MX

Fitur andalannya adalah Digital Humanis Speedometer dengan personal greeting. Dilengkapi dengan odometer dan dapat diisi dengan nama pengendara. Alhasil motor ini terkesan modern. Rangkanya pakai model Light Frame Design yang membuatnya semakin lincah saat diajak bermanuver. Sudah menggunakan ban tubeless tapak lebar di kedua rodanya. Saat ini dirinya dijual Rp 18,9 juta OTR Jakarta dan disediakan dengan tiga pilihan warna; putih, hitam dan merah.

Seri Jupiter selanjutnya ada Z1 yang dilepas Rp 18,110 juta. Berbeda dengan sang kakak, ia punya bodi yang lebih ramping dan bermain di kelas 115 cc. Menggendong mesin berteknologi SOHC, 2 valve, berpendingin udara. Mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 10 hp di 7.750 rpm dengan torsi maksimal mencapai 9,8 Nm di 6.750 rpm.

Yamaha Jupiter Z1

Memanfaatkan teknologi penyuplai bahan bakar Fuel Injection System, membuat aliran bahan bakar semakin efisien. Apalagi sudah standar emisi gas buang EURO 3 yang diklaim lebih ramah lingkungan. Disediakan dengan tiga pilihan kelir biru, hitam dan merah.

Yamaha Vega Force

Masih di keluarga Yamaha, kali ini ada Vega Force. Ia didesain dengan konsep bodi yang ramping dan kompak. Dengan konstruksi seperti itu, pengganti Yamaha Vega ZR ini bisa bermanuver dengan mantap di tengah kemacetan.

Untuk dapur pacunya, menggendong mesin 115 cc SOHC 4 langkah yang menggunakan pendingin udara. Jantung mekanisnya mampu menghasilkan tenaga sebesar 8,7 Hp pada putaran 7.000 rpm dan torsi sebesar 9,53 Nm di 5.500 rpm. Digerakkan oleh sistem transmisi manual 4 percepatan dan sistem pembakaran Fuel Injection Euro 3.

Yamaha Vega Force

Ia merupakan motor bebek berkarakteristik sporty. Desain lampu depan, sein dan belakang berbentuk tajam. Tampilan panel dashboard atau spidometernya sederhana namun tetap stylish. Dia sudah dilengkapi kunci starter berpengaman dan tombol penutup serta bagasi dengan kapasitas 9,2 liter yang paling besar di kelasnya. Yamaha Vega Force dipasarkan dengan harga Rp 16,665 juta on the road DKI Jakarta.

Suzuki New Smash FI

Motor bebek entry level ini punya tagline “Tarikannya Dahsyat Kuat Ditanjakan". Ia cukup diminati oleh fanatik Suzuki, karena punya performa yang mantap. Dapur pacunya cukup andal, menggendong mesin berkubikasi 113 cc SOHC berteknologi LEaP Technology (Light, Efficient and Powerful) yang minim gesekan dan sudah menggunakan fuel injection. Menurut data pabrikan dia mampu menghasilkan tenaga 9,2 Hp pada 8.000 rpm dan torsi 9,1 Nm pada 6.000 rpm.

Suzuki Smash

Fiturnya ada bagasi penyimpanan di bawah jok bervolume 8 liter dan Shutter Key untuk menambah keamanan. Meski tergolong motor bebek hemat, kaki-kakinya kini sudah jauh lebih sporty dibanding model sebelumnya. Suzuki Smash FI terbaru hadir dengan tiga warna pilihan, merah (CDY Summer Red), biru (Met Medium Blue) dan hitam (Titan Black).

Untuk New Smash FI SR (pelek racing) dijual Rp 16,850 juta, dan New Smash FI R (pelek jari-jari) dibanderol Rp 16,1 juta OTR Jakarta.

TVS Neo XR

Tak mau kalah dengan pabrikan Jepang, TVS juga punya produk jenis moped untuk masyarakat Indonesia. NEO XR didapuk menjadi motor bebek entry level dari pabrikan asal India. Tentunya dijual dengan harga yang lebih terjangkau, yakni Rp 10,150 juta OTR Jakarta. Hadir dengan tiga pilihan warna; biru-hitam, hitam-orange dan Putih-hitam.

Berbekal mesin 109,7 cc, 4-langkah SOHC berpendingin udara dan Digital Ignition Mapping, membuatnya mampu mencapai torsi maksimal diangka 8,5 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga sebesar 8,5 Hp di 8.500 rpm. Daya yang dihasilkan disalurkan ke roda belakang dengan transmisi 4-percepatan dan masih menggunakan sistem pengabutan karburator.

Efisiensi bahan bakar jadi fitur yang dijagokan TVS Neo XR. Dibuktikan dengan teknologi i-Econo yang membantu pengendara dalam mengontrol penggunaan bensin. Karakteristik itu didukung dengan Throttle Sensor yang memacu sistem pengapian optimal sesuai kondisi berkendara. Serta didukung fitur i-Start dan i-Charge, yang bisa dimanfaatkan untuk pengisian gawai.

TVS Max Series

Selain menjual jenis bebek, TVS juga menawarkan beragam produk dengan harga cukup terjangkau. Bahkan bisa dikatakan lebih murah dibanding beberapa skutik yang dipasarkan di Indonesia. Salah satunya motor sport Max 125. Ditawarkan dalam dua versi, yaitu Max 125 versi sports serta Max 125 versi semi trail.

TVS Max

Keduanya memiliki rancang bangun minimalis, namun tetap tangguh buat melibas segala medan jalan. Perbedaan mendasar dari kedua variannya ada di sektor kaki-kaki. Max 125 reguler pakai pelek ukuran 17 inci untuk kebutuhan on road, sementara yang versi trail gunakan roda berdiameter 19 di depan dan 16 di belakang. Sepatbor, jok, spion dan kulit bundarnya juga berbeda.

Dapur pacunya mengandalkan mesin 124,53 cc SOHC dua katup. Daya maksimum yang mampu dihasilkan sebesar 11 Hp pada 8.000 rpm, serta torsi mencapai 10,8 Nm di putaran mesin 5.500 rpm. Disematkan teknologi bernama Echotrust Engine yang diklaim konsumsi bahan bakar semakin efisien dan juga ramah lingkungan.

Fiturnya ada suspensi Spring Series pada shock belakang. Pegas gandanya itu masing-masing punya dua per yang terpisah, dan teknologi ini sudah dipatenkan oleh TVS. Bermanfaat untuk memberikan kenyamanan saat berkendara. Kemudian ia juga punya ruang bagasi di bawah jok, bisa menaruh barang berdimensi kecil, macam sarung tangan ataupun jas hujan.

Bicara soal harga dua motor Max 125 ini dijual cukup murah dan terjangkau. Untuk model on road dibandrol Rp 12,6 juta, sementara tipe tualang Rp 12,9 juta OTR Jakarta.

TVS New RockZ

TVS punya satu jenis bebek lagi yang punya harga lebih murah dari skutik yang beredar di pasar Indonesia saat ini, yaitu RockZ 125. Sejak pertama kali hadir di Indonesia, ia sukses membuat diferensiasi di kelas 125 cc, karena syarat dengan fitur dan teknologi modern yang diusung.

Paling mencolok hadirnya fitur Integrated Music System (IMS). Dia menjadi pertama dan satu-satunya bebek yang dilengkapi dengan MP3 player dan FM radio yang dapat dinikmati melalui dust proof speaker ataupun earphone. Letaknya berada di dek tengah motor dan bisa dengan mudah diaktifkan bila kunci motor berada dalam posisi on.

Para pemilik TVS RockZ tidak perlu menambahkan atau memodifikasi motornya untuk mendengarkan musik. Lagu yang ingin diputar pun dapat diambil dari soket USB Flashdisk, terletak di sisi kiri bawah setang. Suara yang keluar dari speaker berdiameter 7,5 cm sudah teruji dan tahan segala cuaca, jadi tidak perlu khawatir jika hujan.

 TVS RockZ

Demi keamanan pengendaranya, bebek ini sudah dilengkapi rem cakram di kedua rodanya. Tambahannya ada 'kunci rahasia' alias engine kill switch yang ditempatkan di bawah jok. Jika ditekan ke posisi off, maka motor tidak bisa dinyalakan. Tak kalah penting, moped dari TVS ini juga sudah disematkan suspensi belakang yang menggunakan gas nitrogen dan bisa diatur keras-lembutnya dengan lima pilihan ukuran.

Untuk dapur pacunya berkonfigurasi satu silinder 124,5 cc, 4 langkah SOHC berpendingin udara. Semburan tenaganya tercatat 9,8 hp di 7.500 rpm dan torsi sebesar 9,8 Nm di putaran 5.500 rpm. Jeroan mesinnya dikalim lebih kuat karena mengusung teknologi modern, seperti Roller Cam Follower Technology, Low Friction Piston Ring, Teflon Guide Tensioner dan Low Friction Advance Lub Circuit.

Hadir dengan 3 varian warna yaitu Aggressive Blue, Aggressive Red dan Aggressive White. New TVS RockZ 125 cc dibanderol Rp 15,7 juta OTR Jakarta.

Itu tadi pilihan motor yang dibanderol tidak lebih dari Rp 20 juta. Selain ditawarkan dengan harga yang lebih murah dibanding skutik kelas menengah, beberapa produk di atas juga memiliki fitur yang dapat diandalkan. Tenaga dan tingkat efisiensinya pun masih bisa mengimbangi motor bertransmisi otomatis. (Bgx/Van)

Baca Juga: Pilihan Skutik yang Masuk 2 Helm dan Punya Power Outlet

Jelajahi Honda Revo

Honda Revo Rp 14,9 - Rp 16,6 Juta Cicilan : Rp 340.077

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store