• Wishlist

Modifikasi All New Honda Beat, Cocok untuk Kawula Muda

Modifikasi All New Honda Beat, Cocok untuk Kawula Muda

Lumrah, Astra Honda Motor (AHM) memamerkan karya modifikasi di setiap peluncuran produknya. Kali ini disajikan melalui skutik murah mereka, All New Honda Beat. Tak bisa dibilang murahan,. Sebaliknya, sentuhan ciamik justru meningkatkan 'nilai jual' dari skutik Rp 16 jutaan ini.


Keempat unit yang dipamerkan mejeng dengan konsep tersendiri. Tak terlampau ekstrem, tapi cukuplah menjadi referensi kawula muda, khususnya peminat Beat generasi kelima. Berikut sajiannya. 


Modifikasi Honda Beat 2020


Honda Beat Bobber


Sebagai contoh kreasi R Autoworks yang mengusung aliran bobber ini. Begitu maskulin, terlebih basisnya menggunakan varian Beat CBS-ISS Deluxe yang merupakan tipe tertinggi Beat 2020. Nuansa klasik mesti terasa. Makanya dipasanglah spion bar end, termasuk mengaplikasi jok bermotif garis-garis. Terkesan minor walau jika ditelisik, area kaki-kakilah yang mendapatkan ubahan paling banyak. Sebagai contoh roda, pihaknya menanggalkan pelek 14 inci bawaan Beat, dan menggantinya dengan ukuran 12 inci kepunyaan Honda Scoopy. Sebagai pelengkap, terpasang karet bundar keluaran FDR City Go, ukuran 100/90-12 di depan dan 110/90-12 untuk roda belakang.


Baca juga: First Ride All New Honda Beat


Kedua peredam kejutnya pun tak lagi sama, berganti dengan produk after market. Menariknya lagi adalah knalpot. Pipa buang pembakarannya dibuat sedikit menjulang. Lantas dipadu tambahan bodi belakang untuk mengisi kekosongan karena spatbor belakang dicopot. Sementara itu penambahan lainnya meliputi, wavy disc brake, handgrip CNC dan produk aksesori resmi Honda.


Honda Beat Fun Music


Bergeser ke modifikasi lain dari R Autoworks. Ranah yang disentuhnya lebih variatif. Bentuk tubuh baru Beat juga makin dinamis. Terlebih lewat paduan kelir putih-biru yang berbagi porsi sepadan. Termasuk pewarnaan pelek 14 inci-nya. Hanya saja tidak memakai unit pabrikan, melainkan berganti dengan produk after market bermotif unik.


Modifikasi All New Honda Beat 2020


Sayangnya knalpot bawaan Beat yang kecil masih dipertahankan. Padahal di bagian belakang sudah terpasang pelek keren dan suspensi tabung. Kendati begitu, area ini cukup padat karena menggunakan ukuran ban lebih besar dari Beat standar (80/90-14 dan 90/90-14). Di sini mereka memasangkan ban FDR Genzi ukuran 100/90-14 (depan) dan 110/90-14 (belakang). Selebihnya, penambahan bisa dilihat pada bagian stang, spion, jok serta aksesoris pabrikan.


Honda Beat Street Supermoto


Pihak modifikator meramu pula unit All New Honda Beat Street. Dari paparan spesifikasinya, ubahan menyasar ke bagian kaki. Ini dilakukan guna mendukung konsep Supermoto yang identik dengan kaki-kaki jenjang. Tak heran bila di situ terpasang shock depan model USD berpelengkap cover. Peleknya memakai model jari-jari. Masing-masing berpasangan dengan karet bundar 100/80-14 (depan) dan 110/70-14 (belakang). Tak ketinggalan knalpot tinggi, bahkan sengaja diposisikan mepet bodi.


All New Honda Beat 2020


Area stang-pun jadi aspek penting mendapatkan sentuhan. Pemasangan stang fat bar dengan kelengkapan hand guard ini, bisa menjadi acuan memodifikasi Beat Street. Tak ketinggalan pula crash bar, biar tongkrongannya makin macho. Meskipun nyatanya, si pemilik mesti berkompromi dengan penambahan berat. Ada baiknya jika terapan itu diikuti perombakan mesin. Paling tidak biar tarikan bawah makin ringan. 


Honda Beat Street Graffiti


Dari keempat hasil modifikasi, unit satu ini memang paling simple. Tak ada satupun bagian tubuh asli yang dicopot. Namun, Rey Decal benar-benar melakoni pekerjaan sesuai spesialisasinya. Di tangan mereka, tubuh Beat Street 2020 sepenuhnya dibungkus stiker. Padu padan warna yang diaplikasinya ciamik, bahkan ada identitas, bertuliskan Beat Street di bodi samping dengan font khas grafiti. Pekerjaan serupa juga terlihat di bagian lingkar roda.


Modifikasi Honda Beat 2020


Itulah empat hasil modifikasi Honda Beat 2020. Bisa langsung Anda praktekan karena kebanyakan itemnya plug and play. Bila tak mau repot, AHM juga sudah menyiapkan ragam aksesoris Honda Beat, seperti hiasan berupa garnish pada sein depan, panel meter, air cleaner, fan cover, hingga knalpot. Juga tersedia item lain yaitu hand guard, rubber step floor sampai cover jok.


Andapun dapat menemui aksesoris Honda Beat dari RCB. Mulai dari hand grip, spion dan lever atau tuas rem. Jika ingin memakai suspensi belakang after market, ada tiga pilihan yang disediakan KYB, baik tabung maupun non-tabung. Termasuk ban keluaran FDR. Ya satu pemandangan menarik karena sekarang AHM mulai menggandeng brand khusus after market dalam kegiatan penjualan mereka. (Ano/Van)


Baca juga: All New Honda Beat Muncul, Ini Catatan Buat Yamaha

Bandingkan & Rekomendasi