All New Honda Beat Muncul, Ini Catatan Penting buat Yamaha Mio

All New Honda Beat Muncul, Ini Catatan Penting buat Yamaha Mio
Gambar
Review Pengguna

AHM baru saja meluncurkan generasi baru All New Honda Beat. Dia hadir dengan beragam ubahan dibanding versi sebelumnya. Model Beat juga punya desain lebih sporty dibandingkan model lawas. Sementara lawannya, Yamaha Mio cuma mendapatkan penyegaran warna di awal tahun. Melihat kompetitornya sudah memperbarui produk, bagaimana tanggapan pihak Yamaha?

Honda Beat 2020

"Kami masih percaya diri dengan model saat ini. Konsumen sekarang sudah pintar memilih produk. Apalagi di kelas skutik entry level. Mereka tidak selalu melihat dari segi fitur. Banyak juga yang menginginkan skutik murah, dan juga irit dalam hal memikirkan pemakaian dalam setahun, termasuk maintenance. Jadi kami tidak khawatir," kata Anton Widiantoro, Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di acara Yamaha Customaxi & Heritage Built, Bekasi, Sabtu (18/1).

Baca juga: Inikah Tampang Yamaha Mio Terbaru?

Menurut dia, mesin 125 cc Bluecore Yamaha yang efisien, bertenaga dan handal masih mumpuni. Namun pihaknya tetap mengapresiasi perubahan pada Beat dari sisi fitur. "Efeknya membuat konsumen memiliki banyak pilihan, sehingga dapat membuat total pasar atau segmen di kelas ini membesar," tambahnya.

Yamaha Mio M3 125 2020

Anton juga mengatakan sampai saat ini masih menerima banyak permintaan dari pasar. Makanya belum ada keputusan mengubah Mio. "Permintaan Mio juga masih banyak, kok. Kami selalu survei dan mendengar masukan dari konsumen. Intinya jangan sampai kita berikan fitur terbaru, malah harganya naik. Tapi kalau memang konsumen menginginkan, dan banyak yang minta, kenapa tidak kita pikirkan ke depan. Kalau gitu saya catat dulu untuk charger di Mio," katanya.

Walau All New Honda Beat masih menggendong mesin 110 cc, ia sudah disematkan fitur power charger. Sementara musuhnya 125 cc dan belum ada fitur untuk mengisi daya ulang baterai. Namun dalam kualitas mesin, Yamaha lebih tinggi dan punya teknologi DiAsil Cylinder dan Forged Piston. Diklaim lebih kuat dan bisa menghemat konsumsi bahan bakar.

Fitur Yamaha Mio M3 125

Yamaha Mio series dikenal dengan desain yang sporty. Banyak tarikan garis tajam di sekujur tubuhnya, serupa dengan Honda Beat 2020 dan sama-sama bertampang agresif. Tipe termewah skutik Yamaha ini dilengkapi AKS SSS dan fitur Stop Start System. Di varian tertinggi Yamaha ada kunci canggih dengan remote pemanggil (Advance Key System), juga bisa dijadikan pemandu untuk menemukan motor di parkiran.

Beat 2020 masih menggunakan sistem kunci berpengaman magnet. Namun sudah diperkaya tombol pembuka jok, dan terdapat di semua varian (CBS dan CBS-ISS). Sementara lawannya tak punya aplikasi ini. Mengenai terapan penyala-mati mesin saat idle, Honda Beat memiliki Idling Stop System (ISS). Walaupun hanya ada di tipe tertinggi saja. Selain itu, Beat baru sekarang menggunakan rangka berteknologi Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF). Lebih kuat dan ringan. Musuhnya masih jenis underbone berbahan pipa besi.

Harga Honda Beat generasi kelima dibanderol mulai Rp 16,4 juta hingga Rp 17,2 juta untuk varian Deluxe atau termewah. Sedang Mio series dilego dari Rp 15, 8 untuk Mio Z dan termahal ada Mio M3 125 AKS SSS sebesar Rp 17,1 juta. Semua harga berstatus OTR DKI Jakarta. (Bgx/Ano)

Baca juga: First Ride All New Honda Beat, Ketika Laris Saja Tidaklah Cukup

Komparasi Honda Beat vs Yamaha Mio M3 125

Honda Beat
  • Rp 16,45 - Rp 17,15 Juta
Yamaha Mio M3 125
  • Rp 16,35 - Rp 17,27 Juta
Beat vs Mio M3 125

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store