Cek Fakta Menarik All New Honda Beat Series yang Terjual 23 juta Unit

Fakta-fakta seputar All New Honda Beat yang baru meluncur

Cek Fakta Menarik All New Honda Beat Series yang Terjual 23 juta Unit

Honda Beat hingga saat ini menjadi skutik dengan penjualan terbanyak di Indonesia. Sejak diluncurkan pada 2008, populasi Honda Beat sudah mencapai lebih dari 23 juta unit atau sekitar 1,53 juta unit setiap tahunnya. Dan yang baru diluncurkan masuk dalam kategori facelift dari generasi kelima. Lantas apa saja fakta menarik dari All New Beat series?

KEY TAKEAWAYS

  • Honda Beat terbaru generasi berapa?

    All new Beat yang baru meluncur termasuk generasi kelima dengan banyak pembaruan
  • Sudah Generasi Kelima

    Honda Beat pertama kali dikenalkan pada 2008 atau 16 tahun silam. Sejak saat itu hingga sekarang, skutik tersebut sudah berulang kali mengalami pembaruan hingga generasi kelima dengan status facelift yang meluncur pada Senin (3/6).

    Generasi pertama hadir dengan mesin 110 cc SOHC dan menggunakan sistem pembakaran karburator. Kemudian sedikit mengalami perubahan atau facelift pada 2010.

    All New Honda Beat 2024

    Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan generasi kedua pada 2012. Di sini Honda Beat menggunakan sistem injeksi dengan penggunaan Programmed Fuel Injection (PGM-FI).

    Dua tahun kemudian, model generasi ketiga dikenalkan dengan sebutan Beat eSP. Di tahun yang sama perusahaan merilis varian Pop yang cukup populer.

    Honda Beat generasi keempat meluncur di 2016. Inovasi yang terlahir dari sini yaitu penggunaan bodi serba tajam dan sporty. Muncul dengan speedometer baru kombinasi sistem digital dan analog, lengkap dengan fitur Eco Indicator. Sebutannya menjadi All New Beat eSP.

    Di tahun yang sama pihak pabrikan juga meluncurakn varian Beat Street yang memiliki tampilan yang benar-benar berbeda. Speedometer berbentuk kotak full digital dan penggunaan setang lebar tanpa cover.

    Evolusi Honda Beat generasi kelima dimulai pada 2020. Ia dianggap lebih lincah dan bertenaga dan dikenal sebagai Beat eSAF. Pabrikan melakukan perubahan menyeluruh pada versi ini, mulai dari rangka berteknologi eSAF hingga menggunakan mesin baru.

    Dan terbaru yakni generasi kelima facelift diluncurkan pada Senin (3/5) dengan penambahan fitur dan visual yang lebih sporty.

    Bobot Lebih Ringan

    Selain mengalami ubahan desain dan fitur, All New Beat terbaru kini punya bobot yang lebih ringan dibanding model sebelumnya.

    Dijelaskan Large Project Leader All New Honda Beat, Takuro Nakamura, model anyar lebih ringan 3 kg. Kalau model sebelumnya memiliki bobot 90 kg, terbaru hanya 87 kg untuk tipe Deluxe.

    All New Honda Beat

    Ada beberapa bagian komponen-komponen yang direvisi pabrikan. Area mesin dibuat 0,4 kilogram lebih ringan, kemudian behel pegangan belakang yang tereduksi 0,6 kg alias 600 gram. Kalau sebelumnya terbuat dari besi yang dilapisi karet, kini menggunakan plastik Glass Fiber Reinforced Polypropylene.

    Lalu selain varian CBS (combi-brake system), Beat anyar lebih ringan 1 kg berkat absennya kick starter.

    Mesin Berbeda

    Dari sisi performa sebetulnya masih sama dengan model sebelumnya. Menggendong mesin 110 cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI berteknologi eSP (enhanced Smart Power) yang mampu menghasilkan tenaga 8,97 PS di 7.500 rpm dengan torsi tertinggi di 9,2 Nm pada 5.500 rpm.

    Tapi berat mesin Honda Beat terbaru lebih ringan 400 gram. Nakamura menjelaskan kalau motor yang bobotnya jadi lebih ringan merupakan hal yang bagus. Apalagi buat tim R&D, penghematan bobot pada sebuah produk akan meningkatkan banyak objek.

    "Dari sisi akselerasi, performa berhenti (pengereman), gerakan (handling) jadi lebih bagus. Jadi penghematan bobot itu hal yang bagus," kata Nakamura saat acara peluncuran yang diadakan di Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC) Senin, (3/6).

    Honda Beat Deluxe

    Masih Rangka eSAF

    Meski mendapat banyak pembaruan, All New Beat masih menggunakan rangka yang sama, yakni Enhanced Smart Architecture Frame atau eSAF. Seperti kita tahu, frame model ini sempat dikeluhkan segelintir konsumen Honda di Indonesia. Dan beberapa pihak berharap rangka itu diganti dengan model baru.

    Namun keputusan tersebut bukan tanpa alasan. Sebab, mereka mengaku sudah melakukan optimalisasi rangka yang membuatnya jauh lebih baik. Lebih lagi, komponen itu juga mendapat jaminan garansi lima tahun.

    Menurut Thomas Wijaya, Executive Vice President (VP) PT Astra Honda Motor (AHM), optimalisasi membuat rangka eSAF terjamin kualitasnya. Namun, ketika keluhan sejenis masih ada, pihaknya tetap terbuka untuk melakukan pengecekan dan perbaikan.

    All New Honda Beat 2024

    Upgrade Fitur

    AHM juga membekali All New Honda Beat series dengan beragam fitur terbaru seperti Smart Key System (Deluxe Smart Key) serta Battery Indicator khusus tipe Deluxe Smart Key, Deluxe dan Beat Street. Sebab sudah tidak diberikan kick starter.

    All New Honda Beat tipe CBS ditunjang dengan fitur Secure Key Shutter, sedangkan tipe Deluxe Smart Key telah memakai knob keyless. Pada area kunci terdapat tombol pembuka jok untuk memudahkan pengguna dalam membuka tutup jok motor.

    Panel meter kombinasi digital-analog terbaru tampak lebih rapi. Menyajikan berbagai informasi termasuk penunjuk kecepatan, odometer, bahan bakar serta fitur indikator ECO sebagai panduan berkendara yang efisien dalam konsumsi bahan bakar. Sekarang semuanya telah dibekali power outlet dengan daya maksimal 12 Watt.

    Honda Beat Street

    Khusus tipe CBS, Deluxe, dan Street, kini sudah dilengkapi dengan sistem alarm. Ketika motor digerakkan maka bisa mengeluarkan suara nyaring. Diharapkan fitur ini bisa mencegah aksi kriminal atau tindakan pencurian. Uniknya buat mengaktifkan alarm tidak perlu pakai remot, tapi dari rumah kuncinya. Cara menyalakan alarm cukup simpel.

    Caranya yaitu putar kunci ke on dan off sebanyak dua kali dalam tiga detik. Nanti indikator alarm (di klaster instrumen) akan menyala (merah) selama 60 detik. Kemudian indikator tadi mulai berkedip, menandakan alarm sudah aktif.

    Selebihnya, All New Honda Beat masih mempertahankan fitur andalan seperti mesin motor dengan suara halus melalui teknologi ACG Starter. Fitur pengereman yang menggunakan fitur Combi Brake System (CBS) juga jadi andalan. Selain itu, model ini dilengkapi dengan Side Stand Switch dan Parking Brake Lock.

    Lalu masih dilengkapi dengan fitur ISS (Idling Stop System) yang berperan mematikan mesin secara otomatis saat motor berhenti dan menyala kembali saat tuas gas diputar. Tersedia di Deluxe dan Deluxe Smart Key. Dan bagasi 12 liter serta dua kompartemen di dek depan.

    all new Honda Beat Street

    Ganti Roda Beat Street

    Ubahan paling mencolok dari All New Beat Series terjadi di tipe Beat Street. Dirinya kini menggunakan pelek 12 inci. Dibungkus dengan ban depan berukuran 100/90 dan belakang 110/90. Struktur ini identik dengan yang dipakai New Genio. Alhasil handling jadi lebih asyik dan motor jadi mudah dikendalikan. Sudut kemiringan saat dibuat cornering juga bisa lebih dalam. (BGX/TOM)

    Baca juga: Deret Kelengkapan All New Honda Beat Street 2024

    Zenuar Yoga

    Zenuar Yoga

    Zenuar 'Bgenk' Yoga adalah salah satu jurnalis otomotif berpengalaman di Indonesia. Spontanitas dan suaranya yang lantang memberi warna kemanapun dia pergi. Keseharian, Yamaha Nmax jadi andalan mobilitas ke kantor atau untuk peliputan. Pengalaman berkendara dan pengetahuan di bidang otomotif roda dua membuatnya kerap ditunjuk sebagai road captain saat Forum Wartawan Otomotif melakukan kegiatan touring. 

    Baca Bio Penuh

    Model Motor Honda

    • Honda Vario 125
      Honda Vario 125
    • Honda Scoopy
      Honda Scoopy
    • Honda Beat
      Honda Beat
    • Honda PCX160
      Honda PCX160
    • Honda Vario 160
      Honda Vario 160
    • Honda Beat Street
      Honda Beat Street
    • Honda Stylo 160
      Honda Stylo 160
    • Honda CRF150L
      Honda CRF150L
    • Honda ADV 160
      Honda ADV 160
    • Honda Genio
      Honda Genio
    Harga Motor Honda

    Jangan lewatkan

    Promo Honda Beat, DP & Cicilan

    • Beat CBS DP Rp 1,7 Juta Angsuran Rp 854.000 x 35 Bulan Rp 18,05 Juta OTR Lihat Promo
    • Beat Deluxe DP Rp 2,2 Juta Angsuran Rp 881.000 x 35 Bulan Rp 18,9 Juta OTR Lihat Promo
    • Beat Deluxe Smart Key DP Rp 2,3 Juta Angsuran Rp 953.000 x 35 Bulan Rp 19,83 Juta OTR Lihat Promo

    GIIAS 2024

    Anda mungkin juga tertarik

    • Berita
    • Artikel feature

    Video Motor Honda Beat Terbaru di Oto

    Oto
    • Pilih Honda BeAT 2024, Yamaha M3, Suzuki Nex II, atau TVZ Dazz?
      Pilih Honda BeAT 2024, Yamaha M3, Suzuki Nex II, atau TVZ Dazz?
      28 Jun, 2024 .
    • Jajal All New Honda BeAT & BeAT Street 2024, Cuma Naik Rp100 Ribuan
      Jajal All New Honda BeAT & BeAT Street 2024, Cuma Naik Rp100 Ribuan
      13 Jun, 2024 .
    • Honda Beat 2020 | Modifikasi Motor | 4 Tema Inspiratif | OTO com
      Honda Beat 2020 | Modifikasi Motor | 4 Tema Inspiratif | OTO com
      31 Jan, 2020 .
    • Honda Beat 2020 | First Ride | Lebih Bertenaga dan Lebih Irit | OTO.com
      Honda Beat 2020 | First Ride | Lebih Bertenaga dan Lebih Irit | OTO.com
      17 Jan, 2020 .
    Tonton Video Motor Honda Beat

    Bandingkan & Rekomendasi

    Honda Beat
    Honda Beat
    Rp 18,9 Juta
    Harga Beat
    Honda Beat Street
    Honda Beat Street
    Rp 18,7 Juta
    Harga Beat Street
    Honda Vario 125
    Honda Vario 125
    Rp 22,55 - 24,45 Juta
    Harga Vario 125
    Yamaha Gear 125
    Yamaha Gear 125
    Rp 18,04 - 18,92 Juta
    4.29 (7 Ulasan)
    Harga Gear 125
    Honda Genio
    Honda Genio
    Rp 19,11 - 19,73 Juta
    Harga Genio
    Kapasitas 109.5
    109.5
    124.8
    124.96
    110
    Tenaga Maksimal 8.8
    8.89
    11.1
    9.4
    8.85
    Torsi Maksimal 9.2 Nm
    9.2 Nm
    10.8 Nm
    9.5 Nm
    9.3 Nm
    Jenis Mesin Single Cylinder, 4-Stroke, Air Cooled SOHC Engine
    Single Cylinder, 4-Stroke, Air Cooled SOHC Engine
    4-Step, SOHC, eSP, Liquid Cooling Engine
    Single Cylinder, 4-Stroke, Air-Cooled, SOHC
    Single Cylinder, 4-Stroke, SOHC Engine
    Bandingkan Sekarang

    Tren Scooter

    • Yang Akan Datang
    • Kymco AK 550
      Kymco AK 550
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • BMW C Evolution
      BMW C Evolution
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Polytron T-Rex
      Polytron T-Rex
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Yamaha Cygnus X
      Yamaha Cygnus X
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Polytron EVO
      Polytron EVO
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    Motor Scooter Yang Akan Datang

    Artikel Motor Honda Beat dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Artikel Feature
    • All New Honda Beat 2024 Diklaim Irit Bahan Bakar karena Hal Ini
      All New Honda Beat 2024 Diklaim Irit Bahan Bakar karena Hal Ini
      Anjar Leksana, 10 Jul, 2024
    • Harga Beda Tipis, Pilih All New Honda Beat atau Genio?
      Harga Beda Tipis, Pilih All New Honda Beat atau Genio?
      Anjar Leksana, 11 Jun, 2024
    • Fakta Menarik All New Honda Beat Series, Motor Terlaris di Indonesia
      Fakta Menarik All New Honda Beat Series, Motor Terlaris di Indonesia
      Zenuar Istanto, 07 Jun, 2024
    • Cicilan All New Honda Beat 2024 Mulai Rp600 Ribuan
      Cicilan All New Honda Beat 2024 Mulai Rp600 Ribuan
      Anjar Leksana, 05 Jun, 2024
    • Honda Beat Terbaru Meluncur, Desain Sedikit Berubah dan Tambah Fitur
      Honda Beat Terbaru Meluncur, Desain Sedikit Berubah dan Tambah Fitur
      Zenuar Istanto, 03 Jun, 2024
    • Opsi Skuter Matik Murah Selain All New Honda Beat 2024
      Opsi Skuter Matik Murah Selain All New Honda Beat 2024
      Anjar Leksana, 04 Jun, 2024
    • Honda Beat Deluxe vs Suzuki Nex II Elegant, Harga Terpaut Tipis Pilih yang Mana?
      Honda Beat Deluxe vs Suzuki Nex II Elegant, Harga Terpaut Tipis Pilih yang Mana?
      Zenuar Istanto, 10 Agu, 2021
    • Honda Beat Deluxe vs Yamaha Gear 125 S Version, Mana Paling Fungsional untuk Motor Harian?
      Honda Beat Deluxe vs Yamaha Gear 125 S Version, Mana Paling Fungsional untuk Motor Harian?
      Zenuar Istanto, 30 Jul, 2021
    • Jadi Motor Paling Laris, Ini Alasan Honda BeAT Layak Dibeli
      Jadi Motor Paling Laris, Ini Alasan Honda BeAT Layak Dibeli
      Raju Febrian, 27 Agu, 2020

    Bandingkan

    You can add 3 variants maximum*