• Wishlist

Jangan Salah, Segini Takaran Oli Mesin Honda Beat 2020

Jangan Salah, Segini Takaran Oli Mesin Honda Beat 2020

Honda Beat 2020 membawa beberapa ubahan dari model sebelumnya. Termasuk jantung pacu. Ia menggunakan mesin eSP generasi baru. Bentuknya lebih kecil dan memiliki kemiripan dengan saudaranya, Genio. Otomatis takaran oli yang dibutuhkan lebih sedikit.

All New Honda Beat kini hanya butuh 650 ml atau 0,65 liter oli saja untuk penggantian rutin, sama seperti Honda Beat Street 2020. Sebelumnya perlu 0,8 liter oli. Meski tidak menggunakan banyak oli untuk pelumasan, AHM mengklaim kalau tingkat pemanasan mesin tetap bisa maksimal.

Catatan penting untuk pengguna Beat 2020 yaitu memperhatikan waktu perawatannya. Jangan lupa untuk rutin mengganti oli motor demi performa mesin maksimal. Agar mesin motor tetap bekerja secara optimal, baiknya menggunakan oli rekomendasi pabrikan.

Soal takaran yang kini menyusut, pengguna tidak perlu khawatir. Bengkel resmi Honda paham betul dengan kondisi ini. Namun jangan kaget jika tetap harus membeli oli dengan ukuran 0,8 liter. Karena memang pihak pabrikan tidak menyediakan untuk takaran 0,65 liter. Keuntungannya, sisa oli bisa untuk keperluan lain.

Volume Oli Mesin Honda Genio

Jika memang pemilik ingin mengganti oli mesin sendiri, penting untuk memperhatikan kadar yang pas. Jangan berlebihan atau terlalu sedikit. Jika sampai melebihi kebutuhan, kinerja mesin jadi lebih berat. Dampak buruknya bisa mengakibatkan kebocoran. Oli bakal rembes, dan keausan komponen pada mesin lebih cepat terjadi.

Meski mesinnya sama dengan Honda Genio, Beat memiliki setingan khusus yang telah disesuaikan untuk keperluan konsumen. Hasilnya makin irit dibanding saudaranya. Beat generasi baru bisa lebih ekonomis karena Honda mengubah beberapa penyetelan di ruang bakar. Perbedaan mendasar ada di bagian air cleaner, muffler dan fuel injection-nya. Ubahan itu dilakukan demi mencocokan karakteristik pengguna Beat.

Baca juga: Honda Beat Tertinggi Lebih Menggoda dari CBS dan Street, Ini Alasannya

Klaim konsumsi bahan bakarnya mencapai 60,6 km/liter, sementara Genio 59,1 Km/liter. Pengetesan menggunakan metode ECE R40 dengan mengaktifkan fitur ISS (Idling Stop System). Efek dari pengaturan di ruang bakar, membuat jarak tempuh Beat lebih jauh dari Genio. Tercatat dalam sekali pengisian penuh sebanyak 4,2 liter, ia mampu menempuh 254,52 km, sementara Genio hanya 248 km.

Test Ride All New Honda Beat 2020

Di lain sisi, efek dari kapasitas oli yang mengecil, bobot motor jadi lebih ringan. Model Beat terbaru memiliki berat 89 kg saja untuk tipe CBS, sedangkan untuk tipe CBS-ISS dan Deluxe 90 kg. Hal itu juga didukung dengan penggunaan rangka anyar. Kini ia mengaplikasi kerangka berteknologi eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Motor jadi lincah dan stabilitas handling jadi lebih baik ketimbang rangka pipa.

Sebagai informasi, All New Honda Beat series menggendong mesin 110 cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Ia mampu menghasilkan tenaga 8,9 Hp pada 7.500 rpm dengan torsi tertinggi di 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Generasi baru Honda Beat juga hadir dengan desain yang semakin kompak dan fitur canggih. Paling mencolok adanya fitur Secure Key Shutter yang didampingi dengan tombol pembuka jok, serta power charger. Namun fitur untuk mengisi ulang baterai gadget itu hanya terdapat pada varian tertinggi, CBS-ISS dan Deluxe.

All New Honda Beat ditawarkan dalam tiga tipe, yakni CBS, CBS-ISS dan Deluxe. Untuk tipe CBS terdapat 4 dipasarkan dengan harga Rp 16,450 juta, varian CBS-ISS dilego Rp 17,150 juta, dan tipe paling mewah (Deluxe) dijual Rp 17,250 juta OTR DKI Jakarta. (Bgx/Ano)

Baca juga: Harga Honda Vario 150 Bekas Sepantar Beat Baru

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store