BMW C 400 X, Skutik Mewah nan Canggih

Gambar
Review Pengguna

BMW Mottorad Indonesia memperluas jangkauan skutik mewah dengan varian C 400 X. Skutik yang dikenalkan di Tanah Air pada awal 2019 ini, diniagakan Rp 259 juta (off the road). Pilihan warna yang ditawarkan, tersedia tiga opsi menarik, seperti Zenith Blue Metallic, Alpine White dan Black Storm Metallic. Ia hadir dengan style Beemer yang fresh, dilengkapi perangkat elektronik canggih serta fitur modern.

Produk ini hadir dengan menawarkan banyak sekali keunggulan dari berbagai sektor. Apalagi pada sektor dapur pacunya yang tangguh. Sisi powertrain, BMW C 400 X menggunakan silinder tunggal 350 cc dengan tipe mesin Liquid cooled, 4-stroke single cylinder engine, four valves, single overhead camshaft, wet sump lubrication. Diameter langkahnya 80 x 69,6 mm dan rasio kompresi 11,5:1. Mampu mengembuskan tenaga 34 hp di 7.500 rpm dan torsi sebesar 35 Nm di 6.000 rpm.

Keseluruhan daya disalurkan melalui sistem continuously variable transmission (CVT). Berkat transmisi itu, akselerasi dari 0-96 km/jam membutuhkan waktu 9,5 detik dan kecepatan puncak di 139 km/jam. Namun, konsumsi bahan bakarnya diklaim tetap efisien, 3,5 liter per 100 km. Hal ini turut ditunjang kapasitas tangki yang besar, mencapai 12,8 liter ditambah 4 liter cadangan.

Tidak seperti skutik premium lainnya, ia lebih menonjolkan tampilan yang bisa dibilang cukup futuristis. Desainnya menonjolkan kesan tajam dan mengotak di hampir semua sisinya. Walhasil, penampakannya sukses menunjukkan kesan berotot. Namun tetap mempertahankan kesan motor masa depan bak robot.

Lampu depannya dual keen eyes dengan model asimetris (asymetric headlamp) yang sudah LED, memancarkan cahaya lebih mantap. Bentuknya mengingatkan kita pada seri GS, serta menjadi tanda khas sebuah motor yang berasal dari negeri Jerman ini. Di atasnya ada wind shield tinggi, membuat empasan angin ke pengendara tidak terlalu besar. Sayangnya tidak bisa diatur alias statis. Jok motornya dibuat bertingkat dengan lebih rendah di bagian pengemudi. Tempat duduk ini dilapis dengan bahan kulit yang berpadu 2 warna, hitam dan abu-abu. Karakter busanya empuk, maklum moge skutik ini memang untuk keperluan dalam kota yang membutuhkan kenyamanan tinggi.

Salah satu yang menjadi ciri khas dari BMW C 400 X, tersedianya fitur BMW Motorrad Connectivity. Fitur ini memungkinkan pengendara untuk menyambungkan smartphone dengan motor dan helm via Bluetooth. Fungsinya bukan hanya menampilkan rute perjalanan time by time, namun memungkinkan pengendara menerima atau melakukan panggilan telepon tanpa harus menyentuh smartphone.

Tidak hanya itu, pengendara juga bisa mendengarkan musik favorit saat melakukan perjalanan. Syaratnya, pemilik motor cukup mengunduh aplikasinya melalui layanan GooglePlay untuk smartphone Android dan AppStore untuk pengguna iPhone. Penggunaan fitur itu bisa dilihat dari layar TFT dengan bentang seluas 6,5 inci. Dioperasikan dengan Multicontroller di bagian kiri handlebar.

Ada beberapa informasi yang ditampilkan oleh layar keren itu. Mulai dari odometer, suhu lingkungan sekitar, jam, kecepatan hingga jarak tempuh. Untuk mengakses berbagai pengaturan yang ada pada BMW C400X, cukup menekan tombol menu di stang bagian kiri. Di menu ini, kita dapat masuk ke Setting untuk melakukan berbagai pengaturan. Lampu depan bisa diatur otomatis menyala saat gelap atau manual. Ada juga pengaturan untuk jam, GPS, tekanan ban, temperatur mesin dan konsumsi bahan bakar.

Untuk menunjang penggunaan harian, ada karakteristik yang terbilang canggih dan unik, Flex Case. Dengan teknologi yang sudah dipatenkan, bagasinya bisa menampung 2 buah helm sekaligus, 1 full face dan 1 half face. Flex Case sendiri posisinya ada di atas roda belakang, dan bisa diaktifkan dengan menggeser switch berwarna putih. Jika diaktifkan, area belakang bagasi turun dan bisa digunakan untuk menampung helm full face.

Fitur ini cuma bisa digunakan saat parkir, karena berada di area kolong sepatbor belakang, jadi pendek jika terbuka. Kemudian ada sebuah lampu LED kecil, yang punya tugas menerangi area bagasi saat suasana minim cahaya. Sayangnya tidak ada data terkait kapasitas bagasi. Selain flex case, motor ini juga punya glove box berjumlah 2 buah di kiri dan kanan. Glove box di sebelah kanan terdapat lubang pengisian daya dengan ruang yang cukup besar. Sayangnya di glove box sebelah kiri kosong, dan ruang penyimpanannya cukup kecil.

Dimensinya cukup besar dan gambot. Menurut data spesifikasi, ukurannya 2210 x 835 x 1305 mm (PxLxT) dan punya jarak sumbu roda 1.565 mm. Sasis steel tube yang digabungkan aluminium diecast, memastikan pengendalian mumpuni. Berkat kombinasi keduanya, BMW Motorrad mampu menjaga bobot motor, tanpa kehilangan karakter kaku yang menunjang performa berkendara. Pelek multi spoked dan siluet sporty secara keseluruhan. Knalpot cukup besar, berbahan stainless steel dengan paduan warna hitam doff.

 

Kakinya menggunakan garpu konvensional 35 mm, dan shock absorber ganda yang bisa disetel preload-nya. Sehingga pengendara dapat menyesuaikan dengan kebutuhannya. Roda depannya berdiameter 15 inci dan dibungkus roda berprofil besar, 120/70. Di belakang berukuran 14 inci yang dibalut ban berspesifikasi 150/70. Komponen ini memastikan pengendalian terasa mantap dan stabil. Urusan rem sudah ABS dan mempercayakan cakram 265 mm, dengan 4 kaliper piston yang dipasang secara radial di bagian depan. Sedangkan satu piston dengan kaliper tunggal untuk pengereman belakang. Kelengkapan lain yang menunjang keamanan ada, Automatic Stability Control (ASC) yang membantu kestabilan berkendara dan traction control. (Bgx/Van)

Baca Juga: Pilihan Skuter Mewah yang Lebih Mahal dari Mitsubishi Xpander

Jelajahi BMW C 400 X

BMW C 400 X Rp 259 Juta Cicilan : Rp 5,91 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store