jakarta-selatan

5 Hal Tentang Honda Supra X125 FI

  • 08 Jan, 2019
  • 6093 Kali Dilihat

Honda Supra, sebuah nama yang mungkin tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Motor bebek besutan pabrikan berlambang sayap ini, hadir di Tanah Air sejak 1997. Seiring perkembangannya, Honda terus memperbarui dan menambah lini Supra, salah satunya Supra X125 FI.


Sesuai namanya, motor ini sudah mengusung teknologi fuel injeksi, bukan lagi karburator. Artinya, kinerja mesin dan konsumsi bahan bakar semakin baik. Honda Supra X125 tersedia dalam 3 varian yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen, antara lain : Spoke FI, CW Luxury dan Helm In. Spoke FI sendiri merupakan model yang menggunakan pelek jari-jari, CW Luxury mengusung kaki-kaki berbentuk palang dan Helm In mempunyai keunggulan pada bagasi yang besar. Berikut 5 hal yang perlu diketahui tentang Honda Supra X125.



1. Desain Sporty


Desainnya lebih modern dan beraura sporty, namun mempertahankan ciri khasnya. Garis-garis tajam nan dalam tetap tersematkan di berbagai area bodi. Kesannya ramping dan lincah dikendarai. Secara dimensi, Spoke FI dan CW Luxury ukurannya 1.918 x 709 x 1.101 mm, sedangkan Helm In 1.932 x 711 x 1.092 mm. Sayangnya tak banyak pilihan warna yang disuguhkan. Untuk Spoke FI hanya tersedia satu warna, Energetic Red. Varian CW Luxury ada dua, yaitu Quantum Black dan Energetic Red. Opsi lebih banyak disodorkan Helm In antara lain Glorious Blue, Superior Red dan Magna Violet.


2. Mesin Irit


Jantung mekanisnya berkubikasi 124,8 cc dan mengusung teknologi penyemprotan bahan bakar injeksi terkontrol. Diameter langkah ketiga varian sebesar 52,4x57,9 mm. Namun keluaran tenaganya berbeda. Supra Spoke FI dan CW Luxury disetel agar memproduksi daya dorong puncak 10,1 ps di putaran 8.000 rpm dan torsi 9,3 Nm pada 4.000 rpm. Sedangkan Helm In lebih kecil, besarannya 9,6 ps pada 7.500 rpm, tetapi memiliki momen punter lebih tinggi, yaitu 10,5 Nm di 5.500 rpm. Keseluruhan tenaga disalurkan ke roda melalui sistem pemindah gigi manual 4-percepatan.


Konfigurasi yang diterapkan Honda, membuatnya punya efisiensi bahan bakar mumpuni. Menurut uji internal, bebek ini mampu menempuh jarak 57,2 km dengan menghabiskan satu liter bensin. Angka ini didapat berdasarkan pengetesan metode ECE R40 standar Euro3. Untuk pengujian berdasarkan Euro2, lebih besar lagi, 61,8 km per liter. Agar pengendara semakin nyaman saat berjalan jauh, Helm In dilengkapi tangki bervolume 5,6 liter dan 4 liter bagi dua varian lainnya.



3. Fitur Lengkap


 


Meski pasar bebek terus mengalami penurunan popularitas, tetapi Honda tak berhenti menyempurnakan produknya. Supra X125 diperkuat beragam fitur yang menunjang kenyamanan berkendara. Bagasi berukuran 7 liter diaplikasikan pada varian Spoke FI dan CW Luxury. Di dalamnya terdapat socket pengisian baterai perangkat elektronik. Untuk Helm In, lebih besar lagi, berkapasitas 19,5 liter, muat dimasukkan helm full-face.


Guna memudahkan pengendara membawa barang, turut disediakan gantungan berpengaman (foldable hook). Panel instrumen di stang bergaya modern dan informasinya lengkap, meliputi speedometer, odometer, indikator bahan bakar dan malfunction indicator lamp.


4. Perangkat Keamanan dan Keselamatan Terkini


Fitur pengaman mempercayakan kunci kontak bermagnet yang dapat menutup secara otomatis (auto secure key shutter). Perangkat ini juga dapat digunakan sebagai pembuka jok. Pengendara tak perlu memasukkan kunci di belakang, cukup menekan tombol yang terintegrasi di kontak.


Lampu depan masih halogen, namun sudah diterapkan lampu senja dan sein ganda di bawahnya. Berbeda dengan lampu belakang, sudah LED, sehingga pancaran cahayanya lebih terang dan jelas. Tentu hal ini mampu meningkatkan keamanan.


Pengereman motor bebek Honda ini disenjatai cakram piston tunggal. Tak hanya di depan, roda belakang juga dipasangkan, agar penghentian laju semakin optimal. Namun, bagi varian Spoke FI masih memakai teromol di bagian belakang.


5. Harga Terjangkau


Tiga varian yang disuguhkan berbanderol kompetitif. Angkanya di bawah Rp 20 juta. Yang terbawah, Spoke FI dijual seharga Rp 17,05 juta. Kemudian CW Luxury harganya Rp 18,1 juta. Helm In sebagai yang tertinggi punya selisih Rp 25 ribu dari CW Luxury, tepatnya Rp 18,125 juta. Seuruh harga berstatus OTR DKI Jakarta. (Hfd/Van)


Baca Juga: Pilih Mana, Honda Supra X125 atau Blade 125?

kali dibagikan

Harga dan Promo Varian Supra X 125 FI

  • Spoke FI | Rp16,88 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp1,2 Juta
    Angsuran Rp787.000
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo
  • CW Luxury | Rp17,93 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp1,3 Juta
    Angsuran Rp820.000
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo

Video Honda Supra X 125 FI

Lihat video terbaru Honda Supra X 125 FI untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Honda Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi