• Wishlist

Pilih Kijang Innova G Diesel Atau Fortuner VNT Bekas?

Pilih Kijang Innova G Diesel Atau Fortuner VNT Bekas?

Toyota Kijang Innova 2.4 G, varian Innova diesel terendah saat ini. Dulu ada Innova tipe E varian terbawah, tapi kini digantikan tipe G karena ada tipe baru Q yang paling lengkap. Nah, jika Anda menginginkan Innova diesel termurah tentu saja tipe G ini. Tapi, harganya sama sekali tidak murahan. Innova 2.4 G MT dibandrol Rp 328,6 juta dan matiknya Rp 350,1 juta.


Jika menginginkan mobil bekas yang lebih berkelas, bisa melirik Toyota Fortuner VNT 2014 atau 2015. Yup, harga Fortuner VNT bekas tahun segitu berkisar antara Rp 320 – 350 juta, hampir sama dengan harga Innova G diesel. Kira-kira, mana pilihan terbaik?


Fortuner pesaing sejati Pajero Sport


Toyota Kijang Innova tipe G memiliki fitur lengkap tapi tidak semewah Innova tipe V. Setir sudah ada tilt dan telescopic untuk memberi posisi duduk terbaik. Akomodasi penyimpanan barang banyak tersebar dan headunit layar sentuh ukuran 7-inci yang ada Bluetooth, USB dan voice command. Innova G pernah dibahas sebelumnya, memiliki satu kelemahan di bagian fitur. Yaitu belum ada fitur keamanan immobilizer yang cukup penting mencegah terjadinya pencurian.


Toyota Fortuner VNT sudah punya itu. Akomodasi kabin tetap sama dengan Innova lama, begitu pula Fortuner VNT yang berbasis serupa. Desain terbaru Innova tampak semakin terlihat mahal. Fortuner VNT masih sangat sederhana, meski sudah tersedia climate control.


Toyota-Fortuner


Performa mesinnya pun terbilang hampir seimbang tapi masih unggul Innova sedikit. Mesin baru 2GD-FTV di Innova sudah lebih bertenaga dan irit dari mesin Innova-Fortuner terdahulu. Tenaga 149 PS dan torsi 342 Nm untuk manual dan 360 Nm untuk matik, mampu melampaui mesin 2KD-FTV plus turbo variable geometry bertenaga 144 PS dan torsi 350 Nm.


Tersedia juga mode berkendara Eco dan Power di Innova G serta transmisi baru 6-speed dengan sequential switchmatic. Fortuner pakai transmisi matik konvensional 4-speed tanpa model manual. Perpaduan mesin 2KD dan matik biasa terbukti ‘badak’ dan performanya bisa ‘dikorek’ habis-habisan. Mesin 2GD semestinya juga bisa, tapi belum ada yang sampai tahap ekstrem. Bahkan, diterpa isu miring yang belum terselesaikan hingga sekarang.


Toyota-Fortuner-dashboard


Perlu diingat, kedua mobil ini masih mengandalkan sasis ladder frame. Sehingga rasa berkendara tidak banyak berbeda. Fortuner memakai suspensi SUV dan roda besar untuk medan off-road. Sedang Innova, lebih nyaman karena diperuntukkan sebagai mobil keluarga. Fortuner VNT, walau model yang lama, gengsinya lebih tinggi karena kelasnya memang di atas Innova. Tampilan gagah membuat percaya diri siapa saja yang mengemudikannya.


Jika lebih tertarik dengan gagahnya Fortuner VNT, pastikan cari kondisi terbaik dan track record jelas. Serta sisihkan dana untuk penyegaran. Setidaknya mengganti berbagai macam oli, filter dan lakukan purging untuk menjaga kebersihan injektor.


Baca Juga: Mending Daihatsu Ayla baru atau Sirion bekas?

Komparasi Toyota Kijang Innova vs Toyota Fortuner

Toyota Kijang Innova
  • Rp 326,05 - Rp 428,75 Juta
Toyota Fortuner
  • Rp 492,95 - Rp 685,05 Juta
Kijang Innova vs Fortuner

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store