New Toyota Fortuner 2020 Meluncur 4 Juni, Ini Bocoran Perubahannya

New Toyota Fortuner 2020 Meluncur 4 Juni, Ini Bocoran Perubahannya

Terkonfirmasi, Toyota Hilux 2020 facelift meluncur lusa, 4 Juni 2020. Sebelum perilisan resmi, seperti biasa ada bocoran-bocoran penggoda. Kali ini Gaadiwaadi dan Headlightmag mempublikasikan teaser dua mobil gagah, New Hilux Revo dan New Fortuner. Belum ada penampilan jelas, masih berupa bayangan hitam. Paling menarik, informasi soal peningkatan daya mesin. Bertambah signifikan.

Secara gamblang menjelaskan performa yang terdongkrak drastis. Tapi ingat, bukan untuk unit diesel 1GD-FTV seperti di pasar Indonesia. New Fortuner dan New Hilux bakal melakukan debut di Thailand. Di sana tersedia opsi mesin lebih besar untuk Fortuner, 2GD-FTV berkapasitas 2,8-liter. Mendapat upgrade, sehingga tenaganya naik 28 PS dan torsi 50 Nm, jadi 205 PS dan 500 Nm. Belum diketahui pasti, bagian apa yang mendapat tuning. Yang jelas, menegaskan sebagai kontender paling bertenaga di kelasnya.

Mesin 2GD-FTV 2,4-liter tetap dibiarkan seperti sedia kala. Berbekal VNTurbo, menghasilkan 148 PS dan 400 Nm. Untuk pasar sini yang hanya mengandalkan opsi diesel itu, para konsumennya harus menerima kenyataan tak seberuntung di Thailand. Tenang saja, toh mesin 2GD tetap mudah dioprek. Bahkan melampaui output 1GD sekalipun. Pilihan penggerak tetap sama, roda belakang (RWD) atau empat roda (4WD). Tersambung lewat transmisi otomatis 6-percepatan.

Baca Juga: Begini Tampilan Logis Toyota Fortuner Facelift, Apa Lagi yang Harusnya Berubah?

Fotonya pernah bocor beberapa waktu lalu. Meski tidak terlalu jelas, sebuah gambaran reka dari Kolase tampak begitu nyata. Headlightmag mewartakan soal ubahan mendetail. Dari luar, pencahayaan memakai Bi-Beal LED baru dengan lensa proyektor. Grille juga pasti didesain ulang, begitu pula bemper depan. Pelek ukuran 18-20 inci juga tak luput dari rancangan anyar. Begitu pula side step, lampu belakang dan bemper belakang.

toyota fortuner 2020 rendered

Toyota tidak mengubah layout dashboard. Dikatakan pembaruan meliputi sistem audio dan panel instrumen. Belum jelas apa saja yang berubah. Boleh mengharapkan head unit monitor berukuran lebih besar sekitar 9-inci, sistem kamera 360 derajat dan mungkin saja ada wireless charger untuk smartphone.

Peranti keselamatan sepatutnya meningkat makin komprehensif. Paket Toyota Safety Sense perlu tersedia agar lebih kompetitif dibanding Mitsubishi Pajero Sport. Setidaknya harus ada Pre-Collision System berupa rem otomatis, Lane Departure Warning, Lane Keep Assist dan cruise control adaptif.

Kehadiran New Toyota Fortuner 2020 amat ditunggu penggemarnya dan pantas diantisipasi lawan-lawannya. Sudah harus berubah, mengingat belum ada penyegaran penting sejak generasi kedua meluncur 2016 silam. Thailand lebih dulu, menyusul negara Asia lain, termasuk Indonesia. Belum diketahui kapan tepatnya, kemungkinan besar tahun ini, asal jadwalnya tidak terganggu pandemi COVID-19.

Seperti pernah diutarakan Dimas Aska, Interactive Communication Department Head PT. Toyota Astra Motor, beberapa waktu lalu, Toyota Indonesia berencana meluncurkan tiga atau empat mobil baru tahun ini. "Kami belum tahu masih bisa tetap dengan jadwal yang sama atau tidak. Rencananya ada yang baru, lalu facelift atau penyegaran dan terdapat minor change (ubahan ringan) juga. Memang bakal ada model outline untuk pasar yang baru. Tetapi karena marketnya agak terganggu, ya kami belum tahu nantinya bakal seperti apa," ungkapnya.

Kemunculan New Fortuner di Thailand tentu sudah pertanda kuat segera mengaspal juga di sini. Jadi, bagi Anda yang sedang berencana untuk beli, harap bersabar dulu menanti model terbarunya. (Odi)

Sumber: Gaadiwaadi, Headlightmag, Kolase

Baca Juga: Benarkah Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza Baru Pakai Basis Rocky?

Jelajahi Toyota Fortuner

Toyota Fortuner Rp 492,95 - Rp 685,05 Juta Cicilan : Rp 11,25 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store