• Wishlist

Wujud Toyota Fortuner Facelift Bocor di Dunia Maya, Direncanakan Meluncur Tahun ini

Wujud Toyota Fortuner Facelift Bocor di Dunia Maya, Direncanakan Meluncur Tahun ini

Sudah resmi mengaspal sejak awal 2016, tak lama lagi Toyota Fortuner facelift bakal menjadi kenyataan. Ia direncanakan untuk mejeng kali pertama pada pertengahan 2020 ini di Thailand. Meski begitu, jauh sebelum peresmian, wujudnya sudah bocor ke publik lewat foto yang menangkap terduga Fortuner Facelift.


Revisi paling jelas terlihat di area fasad depan. Adaptasi desain “Keen Look” terkini Toyota mengisi komposisi wajah. Bisa dibilang mirip RAV4, lantaran terlihat grille langsing menjembatani headlamp, sementara rongga apron di bawah tampak menganga lebar. Tak kalah besar, di samping apron berdiri elemen hitam ala air intake. Belum diketahui apakah berfungsi sebagai kanal udara atau sekadar bingkai lampu kabut.


Kurang jelas juga apakah bentuk headlamp ikut berubah. Entah mempertahankan rupa pisau dapur tajam di sisi luar, atau malah melengserkan lekukan di dekat grille. Bagaimanapun garisnya nanti, diharapkan menganut permainan cahaya dioda alias LED.


2021 Toyota Fortuner teaser


Ubahan rancangan diyakini tak hanya sebatas revisi wajah. Buritan, terutama bumper, dapat dipastikan terlihat segar. Dari foto, perbedaan paling kentara adalah guratan ornamen hitam di samping. Sisanya masih menjadi misteri, mungkin lampu ikut disesuaikan.


Tidak ada diferensiasi mayor terlihat pada profil samping ketimbang model lama. Ada probabilitas mendapatkan pelek anyar, minimal pada trim teratas TRD. Hal ini dikarenakan Fortuner dalam tangkapan kamera dikelir two-tone beratap hitam. Mirip eksekusi varian termahal di luaran sana, dan ia seperti mengenakan sepatu baru.


Belum ada terawangan terkait detail ubahan interior. Mengingat baru sebatas facelift, wajar bila Toyota mempertahankan layout dasbor. Penyempurnaan fitur pemanja kabin sah-sah saja untuk diharapkan, seperti Head Unit touchscreen berisi konektivitas Apple CarPlay atau Android Auto. Namun, belum tentu semua pasar disajikan perangkat ini karena Toyota pasti kembali melihat kebutuhan mayoritas konsumen.


Menyoal pemacu daya, seleksi mesin secara global dipertahankan. Begitupun revisi output, tetap sama. Untuk saat ini kita kebagian unit bensin 2TR-FE berkapasitas 2,7 liter atau turbo diesel 2GD-FTV 2,4 liter. Ekstraksi daya jantung peminum bensin mencapai 163 ps berikut sokongan torsi sebesar 242 Nm. Mesin diesel sendiri menghasilkan output 149,6 ps dengan torsi berlimpah 400 Nm. Konsumen dapat memilih sistem penggerak 4x2 atau 4x4.


Jadwal peluncuran perdana direncanakan terjadi pada pertengahan 2020 ini di Thailand. Tidak diketahui apakah akan diundur akibat pandemi COVID-19 atau tidak. Barulah setelah itu Fortuner Facelift menyapa Tanah Air, mungkin di pengujung 2020 atau awal 2021. (Krm/Odi)


Sumber: Wapcar


Baca Juga: Kupas Tuntas Toyota Fortuner SRZ, Varian Bensin yang Jarang Dilirik

Jelajahi Toyota Fortuner

Toyota Fortuner Rp 492,95 - Rp 685,05 Juta Cicilan : Rp 11,25 Juta

Bandingkan & Rekomendasi