Menimang Value Honda Mobilio vs BR-V vs HR-V

Menimang Value Honda Mobilio vs BR-V vs HR-V
Gambar
Review Pengguna

Ketika disanding langsung antara Honda Mobilio, BR-V dan HR-V, nampak sulit ditarik garis merah komparasinya. Selain masih satu keluarga, ketiganya menawarkan karakter berbeda. Mobilio MPV, BR-V berkarakter SUV dan HR-V mengarah ke crossover kompak.


Namun tahukah Anda kalau ketiganya menggunakan mesin yang sama? Ya, masing-masing menggunakan mesin 4-silinder 1.5 liter i-VTEC, hanya saja output tenaganya sedikit berbeda, meski dengan torsi yang seragam. Mesin itu memang tersebar di lini Honda termasuk Jazz, terkecuali HR-V Prestige dengan mesin 1.8 liter.



[caption id="attachment_65673" align="alignnone" width="474"]mesin Honda Mesin ketiganya sama[/caption]

Jika sudah begitu, tinggal melihat harga dan kelengkapan yang ditawarkan untuk mengetahui value masing-masing. Kemudian, barulah membandingkan value di antara ketiganya. Pilih varian dengan transmisi CVT dan kisaran harga tak jauh berbeda. Mobilio RS CVT di harga Rp 243,5 Juta, BR-V Prestige CVT Rp 268 Juta, dan HR-V S CVT Rp 282 Juta.


Mobilio sebagai MPV, tidak menawarkan ruang yang paling praktis maupun lega. Titel itu dipegang BR-V, yang memang lebih panjang dimensi bodi dan jarak sumbu rodanya. Jadi jika kabin lapang merupakan pertimbangan utama tentu saja pilih BR-V, sementara HR-V menawarkan kabin lima penumpang seperti Jazz.


Harga Honda


Sebagai yang paling mahal, HR-V tentu memiliki nilai gengsi yang juga tinggi. Jujur, secara kualitas bangun keseluruhan memang HR-V terasa paling baik. Kabinnya berdesain menawan dan berkualitas bak mobil kelahiran Eropa. Eksterior juga memancarkan aura berbeda dibandingkan Mobilio dan BR-V, ada aura tangguh dan elegan. Sementara dari Mobilio seperti halnya MPV biasa. Honda BR-V masih lebih baik, meski jika diperhatikan ada kemiripan dengan Mobilio.


Soal kenyamanan,HR-V terasa paling baik di antara ketiganya. Apalagi terkait dengan pengendalian. Meski performa ketiganya hampir sama secara angka, mengendarai HR-V lebih menyenangkan dan lincah. Mungkin juga karena bodi dan chassisnya berbeda dengan Mobilio dan BR-V.


Perbandingan dimensi Honda


Kembali melihat value, dengan perbedaan harga masing-masing mencapai Rp 20 Juta, target pembelinya juga pasti berbeda dari ketiga mobil ini. Namun bukan berarti pembeli Mobilio RS tak bisa membeli BR-V atau HR-V. Selain gengsi ada juga yang namanya kebutuhan. Di situlah Mobilio dan BR-V mengambil kesempatan. Orang Indonesia senang dengan mobil berdaya muat banyak dan harga relatif murah atau kompetitif.


Jika dilihat dari lini yang ditawarkan Honda Prospect Motor, beberapa memang terlihat tipis perbedaan harganya, sehingga segmentasi atau target buyer menjadi pembeda paling signifikan. Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director HPM, pernah mengatakan bahwa pihaknya melakukan riset sebelumnya, sehingga masing-masing model segmen tidak mengambil segmen lainnya meski harganya serupa.


Jadi kalau value sangat penting, melihat dari kelengkapan fitur dan harga, kami pilih Mobilio RS CVT. Dengan banderol harga paling murah, Anda bisa mendapatkan fitur serupa dari yang ditawarkan BR-V Prestige dan HR-V S CVT. Mulai dari fitur hiburan sampai safety ketiganya hampir sama, dengan Dual SRS Airbag dan sudah ada VSA dan hill start assist.


Baca Juga: Inilah detail spesifikasi Civic Hatchback

Komparasi Honda BRV vs Honda HRV

Honda BRV
  • Rp 251,2 - Rp 293,8 Juta
Honda HRV
  • Rp 301,6 - Rp 420,8 Juta
BRV vs HRV

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store