• Wishlist

Keren, Ini Reinkarnasi Toyota Starlet di Era Modern

Keren, Ini Reinkarnasi Toyota Starlet di Era Modern

Anda yang lahir di millenium ini, mungkin sedikit yang kenal Toyota Starlet. Namun tanyakan pada keluarga yang sempat merasakan dunia otomotif era 90an, dialah salah satu mobil populer.

Berdesain kompak dan unik, mesin 'bandel' dan harga terjangkau, itulah Toyota Starlet. Nah, tim Top Gear di Filipina pun merilis visi mereka untuk melahirkan kembali mobil hatchback ini. keren. Di satu sisi bergaya klasik, namun di sisi lain juga terlihat sangat modern.

Toyota Starlet Concept 2020

Hal pertama yang membuat desain ini keren, adalah basis desain untuk reinkarnasinya. Model yang dipilih adalah Starlet KP-Series. Pendekatan balap disebut menjadi syarat utama kala menuangkan ide tadi. Tak heran pilihan jatuh kepada generasi pertama hatchback berpenggerak roda belakang (RWD) itu.

Baca juga: Uji Ketangguhan Toyota Supra GR di Sirkuit

Guratan grafis dengan alur tegas dan sudut yang lebih tegak, memang jadi bahasa desainnya. Terapan ini diwujudkan kembali pada rendering karya Top Gear Filipin. Grill dan lampu depannya, turut menguatkan konsep neo klasiknya. Lampu mengotak berhias DRL, dipadu grill horizontal yang sangat tebal. Lambang merek di depan pun menggunakan huruf alih-alih logo Toyota. Sementara bumper-nya menggunakan bahan kombinasi dengan aksen honeycomb pada rumah trapezoidal di bagian bawah.

Dari bagian sisi, kami sungguh tergugah. Mungkin karena formatnya coupe alias mobil berpintu dua. Tampilan Starlet ini jadi sangat simpel, tak ramai dengan aneka imbuhan melekat (side moulding). Pilar C juga menguatkan konsep klasiknya. Hampir tak ada mobil modern menggunakan pilar C dengan sudut seperti ini.

Dalam spesifikasi disebutkan dimensi mobil ini: 4.015 x 1.730 mm x 1.398 mm, dengan wheelbase 2.527 mm. Ukurannya sedikit lebih kecil dari Yaris, dan jauh lebih besar dari Agya. Apakah Anda sudah terbayang, bagaimana proporsinya jika ada di jalanan? Kami malah jadi berandai bagaimana isi kabinnya. Sayang, sisi ini tak turut digambarkan.

Toyota Starlet Concept 2020

Tim Top Gear Filipin malah mengandaikan mesin yang tersemat di balik kapnya. Dua jantung mekanis racikan Gazoo Racing didaulat. Model M20A-FKS 2,0 liter yang bisa lontarkan 187 Hp jadi opsi pertama. Pilihan berikutnya untuk varian lebih santai, menyandingkan mesin 1ZR-FAE berkapasitas 1,6 liter dengan output 145 Hp.

Lebih keren lagi, arisitektur TNGA sportscar juga ditularkan pada Toyota Starlet masa depan ini. Tak terbayang, bagaimana sensasi handling mobil ringkas berpenggerak roda belakang dengan suspensi independen di seluruh sisi rodanya. Sangat tak masuk akal, namun menyenangkan untuk dikhayalkan. Apalagi tim kreatif itu memprediksi sampai harganya! Rp 370-430 jutaan, gokil! (Van/Ano)

Sumber: Top Gear Filipina

Baca juga: Menikmati Toyota Corolla Altis Hybrid ke Pulau Dewata

 

Komparasi Toyota Yaris vs Honda Jazz

Toyota Yaris
  • Rp 259,25 - Rp 291,45 Juta
Honda Jazz
  • Rp 252,5 - Rp 295 Juta
Yaris vs Jazz

Bandingkan & Rekomendasi