• Wishlist

Toyota Yaris Anyar Unjuk Diri, Pakai Platform TNGA dan Ada Versi Hybrid

Toyota Yaris Anyar Unjuk Diri, Pakai Platform TNGA dan Ada Versi Hybrid

All-New Yaris dikenalkan Toyota Motor Corporation. Hatchback itu siap dipamerkan di palagan Tokyo Motor Show 2019. Rencana dijual pertengahan Februari tahun depan. Wujudnya berubah total dari generasi sebelumnya, termasuk spesifikasi seluruh komponen.


toyota yaris next gen


Menggunakan platform TNGA (Toyota New Generation Architecture), yang memungkinkan pabrikan itu “memanipulasi” komponen lebih luas. Ada keunggulan tersendiri yang disuguhkan, bobotnya lebih ringan 50 kg dari model lama. Stabilitas pengendalian kian mumpuni, lantaran kekakuannya meningkat 30 persen dan titik gravitasi yang menurun 15 mm.


Wajahnya mengusung konsep B-Dash! Lebih tegas dan menampilkan kesan cepat, bak peluru yang melesat. Namun, bila dilihat lebih seksama, wajah depannya mirip-mirip Sienta dengan grille besar yang mencakup bumper. Lekukannya dinamis dengan rumah foglamp di samping, menyerupai lubang intake pesawat tempur.


yaris baru


“Dua puluh tahun sudah Yaris hadir. Kami pun ingin membuat mobil kompak generasi terbaru, yang jauh melampaui ekspektasi pelanggan,” ucap Chief Engineer Yasunori Suezawa dalam keterangan resminya.


Tersedia tiga pilihan jantung penggerak. Pertama Dynamic Engine 1,5 liter dengan konfigurasi 3 silinder segaris. Mempunyai tiga trim berbeda: X, G dan Z. Masing-masing memiliki dua opsi transmisi, Direct Shift-CVT dan manual 5-speed. Untuk penggerak rodanya, versi manual mempercayakan roda depan, sementara otomatis ada pilihan four-wheel drive.


yaris platform TNGA


Ada pula mesin lebih kecil, 1,0 liter 3 silinder segaris yang mengusung sistem transmisi Super CVT-i. Dia mempunyai tiga trim: X, M Package dan G dengan penggerak roda depan.


Varian hybrid kini ditawarkan Yaris. Mesin yang dipakai konfigurasinya 1,5 liter 3 silinder segaris, dipadu motor elektrik. Punya tiga trim: X, G dan Z, untuk pertama kalinya Toyota menggunakan sistem penggerak bernama E-Four (elektrik four-wheel drive). Terdapat juga opsi penggerak roda depan, yang seharusnya berbanderol lebih murah.


interior yaris baru


Bagian dalam kabin didesain agar terasa lapang dan nyaman. Pengemudi bisa lebih fokus memperhatikan jalan, karena Head-Up Display (HUD) yang menampilkan informasi terkait kendaraan. Sementara head unit diposisikan menonjol dari dasbor dengan ukuran cukup besar. Perangkat itu kompatibel dengan smartphone, diperkuat koneksi Apple CarPlay, Android Auto dan SmartDeviceLink. Lewat layar itu, pengguna yaris terbaru juga dapat memanfaatkan Helpnet saat kondisi darurat. Ketika diaktifkan, sistem secara otomatis menghubungi layanan bantuan.


Mobil kompak ini turut dibekali Turn Tilt Seat. Pertama kalinya digunakan juga. Berfungsi menggerakkan kursi baris pertama menjadi sedikit condong keluar mobil. Hasilnya pengemudi dan penumpang menjadi lebih mudah mengakses kabin. Selain itu, ada Easy Return Seat yang perdana disematkan Toyota. Ia punya memori posisi pengemudi dan seluruh penumpang, yang sebelumnya sudah disetel secara manual.


mesin yaris


Khusus Hybrid, ada inovasi yang sangat membantu pengguna. Pasalnya, di dalam mobil diimbuhkan power outlet berkekuatan 1.500 W yang mampu mengakomodasi gawai elektrik rumahan. Dalam arti lain, bisa dijadikan sumber daya cadangan ketika rumah mati lampu.


Perangkat keselamatan dan keamanan Yaris anyar dipastikan oleh Toyota Safety Sense. Sebut saja Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist, Automatic High Beam, Road Sign Assist hingga Pre-collision Safety System. Menariknya, ada fitur Low Speed Acceleration Control. Fungsinya mencegah tabrakan akibat salah menginjak pedal saat kecepatan rendah.


Urusan parkir menjadi lebih mudah berkat Advanced Park. Inilah fitur semi otonom yang pertama kalinya dipasangkan Toyota ke mobilnya. Pengemudi tak perlu memegang kemudi dan mengontrol pedal, cukup mainkan tuas transmisi dan menentukan tempat parkir. Keamanannya terjaga karena adanya sensor yang membaca area sekitar mobil. (Hfd/Odi)


Baca Juga: Toyota Rilis Copen Versi GR Sport, Gayanya Agresif

Jelajahi Toyota Yaris

Toyota Yaris Rp 255,25 - Rp 287,45 Juta Cicilan : Rp 5,82 Juta

Bandingkan & Rekomendasi