Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga Diesel

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga Diesel

Mau punya MPV tapi mesinnya diesel? Saat ini, cuma ada satu pilihannya, Suzuki Ertiga Diesel. Sebelumnya, Chevrolet Spin pernah mengeluarkan varian diesel. Tapi kini, nama itu sudah tak lagi berada di daftar penjualan. Nah, pasarnya sekarang dimonopoli Suzuki. Nah, sebelum memutuskan membeli Ertiga Diesel, perhatikan dulu hal berikut.


Road test - Ertiga Diesel Hybrid (6)-006



KELEBIHAN


Mesin dieselnya merupakan keunggulan utama yang ditawarkan Ertiga Diesel. Seperti disebut sebelumnya, tak ada kompetitor yang menawarkan mesin sama. Kita tahu, secara umum mesin diesel bisa lebih irit dan bertenaga dibandingkan mesin bensin.


Mesin Ertiga Diesel, ternyata mengadopsi punya Spin Diesel. Dengan kode D13A, mesin Multijet 1.3 dikembangkan bersama Fiat dan General Motors. Tenaga yang dihasilkan 89 PS dan torsinya besar, 200 Nm pada 1.750 rpm.


Kelebihan berikutnya, sistem mild hybrid SHVS. Bukan seperti mobil hybrid dengan dua sumber tenaga, SVHS menggunakan Integrated Starter Generator (ISG) yang berfungsi sebagai altenator dan generator untuk menyimpan energi terbuang dari pengereman (brake regeneration).


Tenaga tersimpan disalurkan untuk mengaktifkan fitur unggulan berikutnya, idle start/stop dan torque assist function. Idle start/stop mematikan mesin tatkala mobil berhenti sesaat. Fitur itu berkontribusi pada keiritan bahan bakar.


Nilai plus lain Ertiga Diesel, di soal harga. Dengan banderol Rp 219,5 juta, Ertiga Diesel masih termasuk sepadan. Harganya di atas Suzuki Ertiga GX manual. Dengan segitu sudah mendapat Dual SRS Airbag, rem ABS, dan lampu depan yang bisa diatur ketinggian sorotannya.


Road test - Ertiga Diesel Hybrid (15)-015



KEKURANGAN


Semua pasti memiliki kekurangan. Meski tak banyak, tapi kekurangan pada Ertiga Diesel menjadi pertimbangan banyak orang. Yang paling menonjol,transmisi. Ertiga diesel hanya punya transmisi manual tanpa ada opsi otomatis. Performa transmisi manualnya juga bukan tanpa cela, yang terasa saat bertemu dengan tanjakan.


Selain itu, desain interior dan eksterior tak jauh berbeda dengan Ertiga bensin tipe GX. Padahal, kalau ada peningkatan bisa menjadi nilai lebih dari Ertiga Diesel. Termasuk fitur pendukung hiburan dalam kabin yang masih bisa ditingkatkan.


Baca juga: All-New Suzuki Ertiga Lahir Tahun Depan

Jelajahi Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga Rp 205 - Rp 260,5 Juta Cicilan : Rp 4,68 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store