jakarta-selatan
kali dibagikan

Banyak Pilihan, Toyota Land Cruiser 2020 Pakai Mesin Bensin V6

  • 23 Agt, 2018
  • 3702 Kali Dilihat

Toyota Land Cruiser generasi kedelapan, sudah menerima facelift dua kali. Generasi yang dikenalkan pada khalayak di 2007. Agar terus diterima pasar, sederet ubahan dilakoninya. Untuk desain anyar SUV bongsor itu banyak tersebar di jagad maya. Bahkan diprediksi bakal dibangun versi produksi pada akhir dekade ini. Di Jepang pun sudah ramai. Generasi kesembilan Land Cruiser siap dipasarkan pada musim panas 2020.



Namun, ada yang mengejutkan. Toyota menambah pilihan mesin bensin V6 plus bantuan turbo. Untuk menggerakkan bodi bongsor itu, unit mesin bensin V6 3.4 liter bisa jadi pilihan anyar. Hasil pembakaran internal, sanggup mengeluarkan daya 422 PS. Kemudian daya dipadukan dengan transmisi otomatis 10-speed.


Namun jika kita bandingkan dengan mesin diesel V8 sekarang, cukup jauh bedanya. Land Cruiser pakai jantung mekanis diesel, mengembuskan daya 235 PS. Dilihat dari angka ouput, mesin common-rail generasi ketiga ini kalah telak.


Mungkin ada pertanyaan, kenapa pakai mesin bensin V6? Toyota memberikan pilihan mesin bensin yang bertenaga agar lolos emisi. Misalnya, untuk pasar Eropa, emisi gas buang harus sangat rendah. Kemudian di sana juga ada aturan untuk mengurangi penggunaan mesin diesel. Meski, beberapa produsen otomotif mengklaim, diesel bikinannya rendah emisi CO2.


Ada informasi pula, Toyota Land Cruiser 2020 tetap diberikan mesin diesel V8. Mungkin, jenis ini masih bisa diterima pasar, seperti Asean yang belum terlalu ketat soal standar emisi. Soalnya rata-rata masih pakai standar Euro 4.


Baiklah. Lanjut ke bahasa desain. Banyak yang beranggapan Land Cruiser 2020, sekilas terlihat mirip gaya Land Rover. Ya, itu soal persepsi saja. Land Cruiser generasi anyar cukup tampan. Lampu, bemper dan kisi-kisi (grille) mendapatkan desain ulang. Tapi bentuk dan proporsi keseluruhan dari SUV, sebagian besar tetap dan tidak berubah. Media Jepang melaporkan, ia bakal memiliki panjang sekitar 4.950 mm, lebar 1.980 mm, tinggi 1.920 mm dan wheelbase 2.850 mm.


Sebelum Land Cruiser 2020 jatuh tempo, Toyota dikabarkan memperkenalkan edisi khusus pada model saat ini. Yang pertama Land Cruiser Grand Touring. Ia bakal diluncurkan di pasar Timur Tengah dalam beberapa minggu mendatang. Versi facelift mendapat spoiler depan yang lebih agresif. Desain grille, bemper dan lampu depan semuanya baru. Sebelum penghentian Land Cruiser saat ini, edisi 'Final' juga dikenalkan. Kemunculannya, untuk merayakan kesuksesan dasawarsa di kancah global. (Alx/Odi)


Baca Juga: Toyota dan Isuzu Resmi Bercerai, Apa Sebabnya?


Sumber: bestcarweb.jp

Harga dan Promo Varian Land Cruiser

  • VX Grade | Rp 2 Milyar (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 325 Juta
    Angsuran Rp 41 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • VX-R | Rp 2 Milyar (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 393 Juta
    Angsuran Rp 48 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo

Video Toyota Land Cruiser

Lihat video terbaru Toyota Land Cruiser untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Toyota Pilihan

  • Populer
  • Komparasi