Lima Sedan Terlaris di Indonesia Kuartal I 2016

Lima Sedan Terlaris di Indonesia Kuartal I 2016

Di sela-sela demam SUV (Sport Utility Vehicle) yang melanda dunia otomotif Indonesia dan juga segmen MPV (Multi Purpose Vehicle) yang terus bertumbuh, terdapat satu segmen yang sedikit luput dari pandangan, yakni kelas sedan. Akan tetapi, ketika memperhatikan dengan seksama, muncul pemikiran menarik, karena faktor harga terjangkau bukanlah jaminan untuk menjadi pemimpin pasar seperti halnya yang dialami pada segmen MPV.

Adapun data yang CarBay gunakan merupakan laporan wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) per bulan April 2016. Dan rupanya sub segmen sedan di Tanah Air dibagi menjadi 5 yakni mini, small, medium, high dan sport. Agar berimbang dan lebih spesifik, data yang meliputi kendaraan sedan untuk taksi tidak diikut sertakan. Sehingga secara total akumulasi wholesales kuartal pertama tercatat 3371 unit dengan 36 model yang ada di pasaran.

Siapa sajakah lima sedan yang paling laris tersebut? Apakah hanya dihuni oleh model-model produsen Jepang saja? Dan berapakah harga dari sedan 'best seller' pada kuartal pertama ini? Berikut kami sampaikan ulasannya.

5.Honda City

Pada urutan kelima, diduduki oleh sedan mini dari Honda yakni All New City dengan peraihan selama 4 bulan di angka 298 unit. Model yang diperkenalkan tahun 2014 silam ini rupanya tetap saja menggoda pasar Indonesia hingga saat ini. PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku Agen Pemegang Merek mobil Honda di Tanah Air menawarkan City ke dalam lima trim yakni tipe S, S CVT, E, E CVT dan kasta tertingginya ialah ES CVT. Berbicara banderol harga City, HPM memasarkannya mulai dari Rp 290,2 Juta sampai dengan Rp 337,8 Juta.

City sebagai sedan terlaris Honda

Untuk model yang berkontribusi paling besar dalam pencapaian ini adalah All New City E 1.5 CVT atau kelas menengah dari City sebanyak 210 unit atau 70% dari total penjualan semua variannya. Perbedaannya dengan tipe teratasnya adalah belum tersedianya peranti keselamatan kantung udara side airbag dan side curtain airbag, anak kunci masih mengaplikasikan wave key, lapisan kulit di stir dan tuas transmisi, serta grill berlapis chrome.

Perihal depot tenaganya, seluruh tipe All New City mengandalkan mesin bensin berkapasitas 1.5 L SOHC, 4-silinder, i-VTEC + DBW yang sanggup memproduksi tenaga maksimal 200 PS dan melontarkan momen puntir 145 Nm. Guna mendistribusikan performanya tersebut, Honda menghadirkan dua pilihan sistem transmisi yakni manual 5-percepatan atau otomatis model CVT yang ditambahkan dengan paddle shift di belakang palang kemudi.

Sedan yang berdimensi panjang 4,44 meter ini juga diakomodasi dengan berbagai fitur keselamatan berkendara seperti sistem deselerasi ABS, EBD, Brake Assist (BA), SRS Airbag yang melindungi pengemudi dan penumpang baris pertama, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist, Emergency Stop Signal dan struktur rangka bodi berkonsep G-CON+ACE.

4. Mercedes Benz C-Class

Naik satu peringkat, dihuni oleh line-up medium sedan Mercedes-Benz dan menjadi satu-satunya kontestan lima besar yang non Jepang. Ya, C-Class menorehkan angka penjualan wholesales yang tergolong baik. Tercatat ada sebanyak 419 unit yang diedarkan dari bulan Januari hingga April 2016. PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) sendiri menawarkan tipe ini dalam 5 varian yakni model CKD C 200 Avantgarde dan C 250 AMG, serta yang CBU yakni C 250 Coupe, C 250 Estate Excl. dan C 250 Estate AMG. Banderol harga C-Class ini secara off the-road berkisar Rp 739 Juta hingga Rp 1,099 Milliar.

C-Class terlaris di Indonesia

Merujuk dari data laporan wholesales GAIKINDO, C-Class berhasil membukukan angka 419 unit dan selama tiga bulan berada di atas 100 unit. Adapun dua varian yang turut mendominasi sumbangsih tersebut adalah C 250 yang diimpor secara utuh (CBU) dan juga C 200 yang dirakit di Indonesia (CKD). Secara bahasa desain, keduanya mengusung tema modern mewah dengan garis bodi yang mengalir, lampu depan yang berekspresi seperti S-Class plus grill besar yang berindentitas kental generasi baru dari Mercedes Benz.

Nah, mengenai sektor performanya, C-Class menggendong mesin bensin berkekuatan 2.0L yang berkompeten memproduksi daya maksimal 186 PS (C 200) dan 213 PS (C 250). Dengan begitu, Mercedes Benz memberi klaim bila akselerasi 0-100 kpj nya hanya 7,3 detik (C 200) dan 6,6 detik untuk C 250, serta mampu dipacu hingga kecepatan maksimal lebih dari 235 kpj.

3. Toyota Corolla Altis

Masuk ke urutan tiga teratas, Anda menjumpai small sedan dari Toyota yakni All New Corolla Altis. Rival abadi dari Honda Civic ini, menorehkan angka penjualan selama empat bulan sebesar 445 unit atau 26 unit lebih banyak dibandingkan C-Class dan sedang menikmati kondisi 'di atas angin' karena jagoan terbaru Honda sedang mengalami periode run-out hingga bulan Juni mendatang. Menyandang gelar sebagai generasi ke-11 dari Corolla, Altis teranyar ini mengusung desain rancang bodi keen look seperti yang diusung oleh Vios.

Corolla Altis salah satu sedan terlaris

PT Toyota Astra Motor (TAM) meniagakan Altis dalam dua varian yakni tipe G dan V dengan harga Corolla Altis ini sebesar Rp 408,1 Juta (G) dan Rp 443,6 Juta (V). Lalu varian mana yang paling 'manis' di mata konsumen? Dari data yang CarBay olah, rupanya All New Corolla Altis V yang paling merebut perhatian. Hal ini, terbukti dari persentasi pencapaiannya pada rentang kuartal pertama ini sebesar 93% atau 416 unit dan tipe G hanya 7% atau 29 unit saja.

Yang menjadi menarik dari Altis ini ialah model pertama Toyota di Indonesia yang mengaplikasikan mesin dual VVT-i. Ya, jantung mekanis yang bersembunyi dibalik bonnetnya adalah 2ZR-FE, DOHC, dual VVT-i dengan prestasi menyemburkan tenaga maksimum 151 PS dan menyajikan momen puntir 190 Nm. Dalam rangka mendistribusikan performa tadi, Toyota menanamkan sistem transmisi manual 6-percepatan untuk tipe G dan otomatis CVT sport sequential shiftmatic plus paddle shift khusus tipe V.

Mengenai fasilitas keselamatan berkendara yang dipasangkan pada small sedan Toyota berdimensi panjang 4,62 meter ini terdiri dari dual SRS Airbag pada bangku baris pertama, sistem deselerasi ABS dan EBD plus Brake Assist (BA).

2. Toyota Vios

Sebelumnya kami sempat berhipotesa bila Vios akan menempati di posisi puncak dengan landasan banderol harganya yang paling kompetitif di dalam daftar Top 5 kali ini dan bisa merauk volume pasar lebih besar. Akan tetapi pemikiran tersebut kandas, karena mini sedan Toyota ini harus puas diganjar posisi dua dengan peraihan penjualannya hingga April 2016 sebanyak 484 unit atau tertinggal 80 unit dari sedan terlaris di kuartal pertama tahun ini.

Vios sedan terlaris kedua di Indonesia

TAM memasarkan Vios dalam tiga varian yakni tipe E, G dan yang paling tinggi TRD Sportivo. Untuk harga Vios dimulai dari Rp 271,9 Juta sampai Rp 319,2 Juta. Apakah varian yang paling terjangkau yang 'best seller'? Menurut dari laporan wholesales, yang paling banyak menyumbangkan angka adalah varian tengahnya yaitu Vios tipe G bertransmisi otomatis sebesar 44% atau 216 unit dan diikuti oleh tipe G manual 37% atau 180 unit.

Sebagai pabrik tenaga yang mendukung performanya, Toyota membenamkan mesin 1NZ-FE DOHC, VVT-i pada semua trim Vios. Prestasi yang ditawarkan oleh depot tenaga ini adalah menyajikan daya maksimum 109 PS dan memberikan momen puntir sebanyak 141 Nm. Guna mendistribusikan tenaganya tersebut, Vios diakomodasikan dengan dua pola transmisi, yakni otomatis 4-percepatan ECT atau transmisi manual dengan 5-tingkat percepatan.

Selain konsep wajah keen look di Vios yang sharing bersama Corolla Altis, peranti keselamatan berkendaranya pun juga serupa yakni dual SRS Airbag, Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

1. Toyota Camry

Predikat sedan terlaris pada kuartal pertama 2016 diberikan kepada Toyota Camry. Sedan mewah Toyota ini telah menunjukkan kekuasaannya mulai dari bulan Februari hingga April. Pasalnya, di awal tahun, Camry masih menempati posisi ketiga setelah Vios dan Mercedes-Benz C-Class. Berdasarkan data GAIKINDO, total peraihannya secara akumulasi pada kuartal pertama ini sebanyak 564 unit dengan pencapaian per bulannya di atas 130 unit.

Camry sedan terlaris di Indonesia Q1 2016

Berapakah harga jual dari sedan terlaris ini? TAM, selaku Agen Pemegang Merek mobil Toyota di Indonesia memasarkan Camry dalam tiga varian yakni New Camry 2.5 G Rp 559,4 Juta, New Camry 2.5 V Rp 594,2 Juta dan edisi Camry hybrid di harga Rp 758,7 Juta dengan kondisi on-the road Jakarta. Dari ketiganya siapakah yang paling diminati? Rupanya hampir 90% atau 446 unit dari total penjualannya dicatatkan Camry kelas menengah yakni 2.5 tipe V.

Dibalik bonnet Camry tipe G dan V, Toyota memasangkan jantung mekanis 4-silinder 2AR-FE berkapasitas 2.0 L, DOHC, VVT-i yang memiliki potensi memproduksi tenaga maksimal 181 PS dan 228 Nm yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Sedangkan, pada varian Hybridnya mengusung mesin 2AR-FXE yang memadukan dengan motor listrik berdaya 205 PS dan dibekali momen puntir 267 Nm plus transmisi otomatis model CVT.

Lalu apa saja fasilitas keselamatan yang terdapat pada sedan medium berdimensi panjang 4,85 meter ini? Sistem deselerasi ABD, EBD, BA, Vehicle Stability Control (VSC), dual SRS Airbag plus Front Side dan Curtain Airbag, dan kamera mundur serta sensor parkir yang membantu menampilkan citra bagian buritan saat sedang melakukan manuver mundur.

Baca Juga: Pilihan Mobil Baru Di Rentang Harga Rp 150 Juta - Rp 200 Juta

Sumber Foto :mercedes-benz.co.id, honda-indonesia.com, toyota.astra.co.id

Brian Gomgom

Brian Gomgom

Brian memiliki kecintaan terhadap dunia otomotif baik roda empat maupun roda dua sejak kecil. Kini, kecintaannya diwujudkan dengan menjadi seorang jurnalis. Hal yang saat ini dikoleksinya adalah beragam pengalaman berkendara baik di dalam maupun luar negeri.

Baca Bio Penuh

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Model Mobil Toyota

  • Toyota Calya
    Toyota Calya
  • Toyota Avanza
    Toyota Avanza
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
  • Toyota Kijang Innova
    Toyota Kijang Innova
  • Toyota Fortuner
    Toyota Fortuner
  • Toyota Raize
    Toyota Raize
  • Toyota Veloz
    Toyota Veloz
  • Toyota Hilux
    Toyota Hilux
  • Toyota Hiace
    Toyota Hiace
Harga Mobil Toyota

Promo Toyota Camry, DP & Cicilan

  • Camry 2.5 V DP Rp 74,64 Juta Angsuran Rp 18,46 Juta x 60 Bulan Rp 799,3 Juta OTR Lihat Promo

GIIAS 2024

Anda mungkin juga tertarik

  • Berita
  • Artikel feature
  • Yang Akan Datang

Video Mobil Toyota Camry Terbaru di Oto

Oto
  • Toyota Camry 2019 | Road Test | Camry Terbaik Yang Pernah Ada? | OTO.com
    Toyota Camry 2019 | Road Test | Camry Terbaik Yang Pernah Ada? | OTO.com
    17 Apr, 2019 .
  • Toyota Camry 2019 | Semua Yang Perlu Anda Ketahui | OTO.com
    Toyota Camry 2019 | Semua Yang Perlu Anda Ketahui | OTO.com
    15 Apr, 2019 .
  • Toyota Camry 2019 | First Impression | Ini Dia Perbedaannya! | OTO.com
    Toyota Camry 2019 | First Impression | Ini Dia Perbedaannya! | OTO.com
    10 Jan, 2019 .
  •  Toyota Camry Hybrid Walk-Around Tour
    Toyota Camry Hybrid Walk-Around Tour
    11 Apr, 2016 . 125K kali dilihat
  • 2015 Toyota Camry (MY 2016) : Design Interview with Kevin Hunter
    2015 Toyota Camry (MY 2016) : Design Interview with Kevin Hunter
    26 May, 2015 . 12K kali dilihat
  • 2015 Toyota Camry v Ford Mondeo v Subaru Liberty Comparison | Drive.com.au
    2015 Toyota Camry v Ford Mondeo v Subaru Liberty Comparison | Drive.com.au
    26 May, 2015 . 7K kali dilihat
  • 2014 Toyota Camry 2.0G Start-Up, Full Vehicle Tour and Test Drive
    2014 Toyota Camry 2.0G Start-Up, Full Vehicle Tour and Test Drive
    26 May, 2015 . 16K kali dilihat
  • 2015 Toyota Camry review
    2015 Toyota Camry review
    26 May, 2015 . 5K kali dilihat
Tonton Video Mobil Toyota Camry

Bandingkan & Rekomendasi

Toyota Camry
Toyota Camry
Rp 799,3 Juta
Harga Camry
Toyota Camry Hybrid
Toyota Camry Hybrid
Rp 937,4 Juta
Harga Camry Hybrid
Mazda 6 Sedan
Mazda 6 Sedan
Rp 695,5 Juta
Tulis Review Harga 6 Sedan
Subaru WRX
Subaru WRX
Rp 620 Juta
Tulis Review Harga Subaru WRX
Mercedes Benz A-Class Sedan
Mesin 2487
2487
2488
2387
1332
Tenaga 201
176
187
271
163
Torsi 243 Nm
221 Nm
252 Nm
350 Nm
270 Nm
Automatic Climate Control Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Cruise control Tidak
Ya
Ya
Ya
Ya
Anti Lock Braking System Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Airbag Samping Depan Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Soket USB Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Jok Dilapis Kulit Tidak
Tidak
Ya
Ya
-
Sistem Navigasi -
Ya
Ya
-
Ya
Bandingkan Sekarang

Tren Sedan

  • Yang Akan Datang
  • BYD Atto 4
    BYD Atto 4
    Rp 464,33 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Sep, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Jaguar XE
    Jaguar XE
    Rp 791,17 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Nov, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
Mobil Sedan Yang Akan Datang

Artikel Mobil Toyota Camry dari Carvaganza

  • Toyota Camry Rilis Versi NASCAR Generasi Baru, Adopsi Mesin Hybrid
    Toyota Camry Rilis Versi NASCAR Generasi Baru, Adopsi Mesin Hybrid
    Alvando Noya, 05 Des, 2023
  • SPYSHOT: Kamuflase Toyota Camy Generasi ke-8 Muncul, Bantah Isu Diskontinyu
    SPYSHOT: Kamuflase Toyota Camy Generasi ke-8 Muncul, Bantah Isu Diskontinyu
    Alvando Noya, 10 Mei, 2023
  • Gaya Ekstrem Render Toyota Camry Generasi ke-9, Jadi Mirip EV
    Gaya Ekstrem Render Toyota Camry Generasi ke-9, Jadi Mirip EV
    Muhammad Hafid, 21 Des, 2022
  • Kebakaran Sedan Mewah Tewaskan Dua Penumpang, Ini Kata Pengamat
    Kebakaran Sedan Mewah Tewaskan Dua Penumpang, Ini Kata Pengamat
    Alvando Noya, 08 Feb, 2022
  • Penjualan Mobil Toyota Kalahkan General Motors, Tumbangkan Dominasi 89 Tahun
    Penjualan Mobil Toyota Kalahkan General Motors, Tumbangkan Dominasi 89 Tahun
    Eka Zulkarnain H, 06 Jan, 2022

Artikel Mobil Toyota Camry dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Daihatsu Altis Ketambahan Warna Baru Emotional Red III, Harga Mulai Rp400 Jutaan
    Daihatsu Altis Ketambahan Warna Baru Emotional Red III, Harga Mulai Rp400 Jutaan
    Anjar Leksana, 02 Agu, 2022
  • Toyota Astra Motor Rilis New Camry 2022, Mesin Baru TNGA Beri Ekstra Tenaga! 
    Toyota Astra Motor Rilis New Camry 2022, Mesin Baru TNGA Beri Ekstra Tenaga! 
    Anjar Leksana, 18 Nov, 2021
  • Toyota Camry Hybrid Dapat Penyegaran, Kini Dibekali Toyota Safety Sense
    Toyota Camry Hybrid Dapat Penyegaran, Kini Dibekali Toyota Safety Sense
    Anjar Leksana, 29 Okt, 2021

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*