10 Perbedaan Eksterior Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander

10 Perbedaan Eksterior Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander

Nissan Livina sangat mirip Mitsubishi Xpander. Wajar saja, karena saling berbagi platform. Namun karena Xpander lebih dulu keluar, melihat Livina terbaru terasa lebih segar dan menarik. Setelah diperhatikan lebih detail, ternyata perbedaannya banyak juga. Tidaklah terlalu identik bak pinang dibelah dua, agar kedua merek bisa mempertahankan karakter aslinya. Berikut daftar perbedaan desain antara Livina dan Xpander. Agar adil, kami pilih perbandingan varian tertinggi, Livina VL dan Xpander Ultimate.

Lampu Depan

Livina dan Xpander menganut bahasa desain milik sendiri, walau mayoritas terlihat sama. Xpander kental unsur Dynamic Shield, Livina menonjolkan V-Motion. Makanya terbaca pola huruf V di wajah Livina. Beda dengan Xpander yang berbentuk X. Lampu tetap model bertingkat seperti Xpander, dengan urutan dari atas: LED signature light dengan Daytime Running Light (DRL), lampu utama proyektor dan fog lamp. Bentuk semuanya berbeda. DRL lebih memanjang, bentuk lampu utama membentuk sudut lancip di tengah dan lampu kabut trapezoidal.

Grille

Di sinilah letak identitas V-Motion sebenarnya. Bilah krom membentuk huruf V besar mengelilingi grille masif dan logo Nissan di tengah. Desain grille tidak dibedakan bagian atas dan bawah seperti Xpander. Semua dalam satu kesatuan area yang membuat rancang desain fasad mudah dicerna.

Bumper Depan

Otomatis bumper ikut berubah. Garis-garisnya lebih halus dan tidak menonjol seperti Xpander. Tampak jelas di sekitar head lamp. Bingkai lampu tidak menyembul keluar, lebih rata dengan permukaan fascia keseluruhan. Hilangnya elemen X, area fog lamp bisa melebar. Terbentuk juga akses splitter yang dikelir silver. Yang mengherankan, berdasarkan data di brosur, Livina punya dimensi lebih panjang sedikit. Total 4.510 mm, berbanding 4.475 mm panjang Xpander. Tampaknya desain menggembung, membuat moncong Livina bertambah panjang.

Kap Mesin

Sekilas sama tapi ternyata berbeda. Kap mesin Xpander tampil polos dan hanya mengandalkan lekukan di seluruh tepinya. Livina malah agresif dengan memberi banyak guratan vertikal. Cukup menghasilkan kesan berotot yang mengganti lekukan halus di bumper.

 

Fender

Jika jeli, Anda akan menemukan perbedaan. Fender kedua mobil memang dibuat tegas dan kekar. Tapi Xpander dibuat mengotak untuk mengikuti alur yang menuju head lamp. Sedangkan Livina lebih membulat dan tidak berhubungan dengan bingkai lampu.

Motif Pelek

Awalnya, desain pelek Livina dikira sama dengan Xpander. Setelah mengingat lagi punya saudara kembarnya itu, cukup kentara juga bedanya. Sama-sama berbasis palang lima, punya Livina lebih sederhana dengan dibagi dua perbilah. Ukurannya tetap 16-inci dengan dua pewarnaan. Karet bundar yang membalutnya tetap berukuran 205/55.

Pintu Depan

Bagian yang luput dari perhatian. Letaknya berasal dari tarikan garis tegas di bodi samping. Milik Xpander, garis menukik ke bawah di bagian ujung. Ini merupakan salah satu karakteristik dari Dynamic Shield Mitsubishi. Livina tidak begitu, garis tetap lurus sampai habis menjelang fender. Sisa sisi samping sama saja keduanya. Spion dan gagang pintu dilapis aksen kromium. Side skirt silver pun tersedia untuk trim atas ini. Tren atap mengambang (floating) tergambar jelas di pilar-D.

Pintu Bagasi

Jangan terkecoh, bagian buritan ternyata banyak juga perbedaannya. Bentuk lampu sama memang mengaburkan detail tak sama. Mulai dari pintu bagasi, permukaannnya cenderung polos tanpa banyak garis. Tidak seperti Xpander yang membentuk pola X seperti muka. Livina juga merefleksikan huruf V meski sangat halus. Dudukan plat nomor keduanya jelas sekali berbeda.

Bumper Belakang

Pengaruhnya pun berimbas ke bumper. Tidak adanya garis X yang menyasar, membuat bokong Livina semakin polos. Makanya bermain-main di bagian bawah bumper. Skid plate berwarna silver dipisah jadi dua bagian. Namun tidak membentuk efek muffler tip seperti di Xpander.

Lampu Belakang

Bagian terakhir yang tak kalah penting, lampu belakang. Bentuk dan dimensinya memang sama, tapi kenyataannya menyimpan detail yang amat beda. Ya, pola lampu bagian paling kentara. Di Livina, kombinasi LED membentuk V miring dengan garis tebal. Lain halnya Xpander, LED membentuk L yang menjalar hingga sisi bagian pilar. (Odi/Van)

Baca Juga: Komparasi Nissan Livina Termewah dan Xpander Termahal

Jelajahi Nissan Livina

  • Tampak Depan Bawah Nissan Livina
  • Tampak samping Livina
  • Tampak atas Livina
  • Tampak Grille Livina
  • Lampu depan Livina
  • lampu belakang Livina
  • Knalpot Nissan Livina
  • Tampak belakang Livina
Nissan Livina
Rp 208,3 - Rp 276,05 Juta Cicilan : Rp 4,75 Juta

Model Mobil Nissan

  • Nissan Livina
    Nissan Livina
  • Nissan Magnite
    Nissan Magnite
  • Nissan Serena
    Nissan Serena
  • Nissan Leaf
    Nissan Leaf
  • Nissan X Trail
    Nissan X Trail
  • Nissan Kicks e-Power
    Nissan Kicks e-Power
Mobil Nissan

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Nissan Livina Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Nissan Livina

Bandingkan & Rekomendasi

Tren MPV

  • Yang Akan Datang