jakarta-selatan

Komparasi Xpander Termewah dan Nissan Livina Termahal, Simak Perbedaannya!

  • 20 Feb, 2019
  • 5346 Kali Dilihat


Bak duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander berbagi basis yang sama. Meski begitu, pembeda harus jelas agar bisa berbagi pasar. Kita lihat perbandingan Xpander dan Livina baru, dengan membandingkan varian teratas Ulimate melawan VL. Untuk harga, Livina sedikit lebih mahal. Xpander Ultimate dibanderol Rp 260,9 juta dan harga Livina VL AT Rp 261,9 juta. Cuma beda sejuta, tapi seperti apa beda fiturnya?


Performa


Jantung mekanis, Livina dan Xpander menggendong mesin dan transmisi yang sama. Bahkan outputnya juga sama. Mesin 4-silinder 1.499 cc dengan katup variabel ganda. Tenaga yang dihasilkan 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm. Transmisi otomatis 4-speed dipercaya menyalurkan output ke penggerak roda depan. Karena rangka bangun sama, berarti Livina juga dibekali suspensi McPherson strut di depan, torsion beam di belakang, serta stabilizer di depan.


Eksterior dan Dimensi


Pembuka perbandingan dari eksterior. Bagian wajah jelas berbeda. Kalau diumpamakan, wajah Xpander terkesan tangguh, sedang Livina baru lebih kalem dan elegan. Tak cuma wajah yang berbeda, fitur juga ada. Seperti bagian lampu. Livina punya positioning lamp dan daytime running light (DRL) LED. Xpander tak punya fitur DRL. Bagian sisi samping juga mirip, termasuk list chrome sebagai bingkai bawah jendela dan rumah spion berlapis krom dengan lampu sein terintegrasi. Desain pelek hampir mirip dan ukurannya sama-sama 16 inci.



Bagian buritan, grafis lampu belakang kombinasi dibikin beda dengan Xpander. Sementara dimensi, Livina sedikit lebih panjang, disebabkan oleh desain wajah yang berbeda. Panjang bodi Livina VL 4.510 mm dan Xpander Ultimate 4.475 mm. Sedang ukuran lainnya sama, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.700 mm. Termasuk jarak sumbu roda dan ground clearance, 2.775 dan 205 mm. Berarti, kabin Xpander dan Livina sama lapang.


Interior dan Fitur


Berbicara kabin ada perbedaan signifikan. Xpander Ultimate memakai warna beige sedang Livina VL didominasi warna hitam. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Warna cerah menciptakan rasa lebih lapang dan berkelas, tapi mudah kotor. Livina unggul karena sudah memakai bahan kulit untuk membungkus jok, lingkar kemudi dan tuas transmisi. Xpander masih fabric dengan klaim kualitas tinggi sebagai pembungkus joknya.


Susunan desain interior bak pinang dibelah dua. Paling hanya berbeda aksen pemanis dan layar hiburan. Xpander Ultimate berbekal layar sentuh 6,2 inci, sedang Livina VL 7 inci. Soal fiturnya, milik Livina lebih kaya karena sudah bisa terhubung dengan smartphone melalui Android Auto dan Apple CarPlay. Konektivitas lainnya sama, termasuk USB dan Bluetooth. Akses audio juga bisa dilakukan dari tombol di palang kemudi.


Yang berbeda, pada sisi kanan palang kemudi Xpander Ultimate ada tombol cruise control. Sementara Livina paling mahal belum tersemat fitur itu. Baik Xpander dan Livina tertinggi bisa disetel tilt dan telescopic untuk kemudi. Jok pengemudi juga bisa diatur ketinggiannya selain pengaturan standar sliding dan reclining.


Fitur lain yang sama, kunci pintar dengan dukungan keyless dan tombol start/stop untuk menyalakan atau mematikan mesin. Soket untuk listrik atau power outlet tersedia di tiap baris dari kedua mobil. Selain itu, 6 buah speaker, termasuk tweeter, menjamin keluaran audio Ultimate dan VL.


Safety



Keseluruhan fitur penjamin keselamatan Xpander Ultimate dan Livina VL sama. Mulai dari dual SRS airbag, rem dengan ABS+EBD+BA, kendali traksi, kendali kestabilan (VDC) dan hill start assist. Bedanya, Livina VL punya kamera dan sensor parkir mundur, Xpander Ultimate tanpa sensor. Immobilizer bisa ditemukan di kedua mobil.


Simpulan


Beda harga lebih mahal sejuta, apakah Livina VL lebih layak dipilih ketimbang Xpander Ultimate? Kalau lebih membutuhkan lampu DRL, jok kulit, tema kabin hitam dan layar multimedia lebih mumpuni, sila lirik Livina VL AT. Namun jangan lupa, Xpander Ultimate punya harga lebih murah, ditambah lagi dengan fitur cruise control. Bisa saja Nissan Motor Indonesia menambahkan cruise control di masa mendatang, tapi harganya pasti ikut bertambah. Mengesampingkan desain dan penampilan, Xpander Ultimate jadi pilihan yang lebih menarik ketimbang Nissan Livina VL AT dari segi harga dan fitur.  (Tom/Van)


Baca Juga: Nissan Serena Berbenah Demi Hadapi Kedigdayaan Voxy

kali dibagikan

Harga dan Promo Varian Livina 2019

  • E MT | Rp198,8 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp29,82 Juta
    Angsuran Rp4,54 Juta
    Tenor 60 Months
  • EL MT | Rp223 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp33,45 Juta
    Angsuran Rp5,04 Juta
    Tenor 60 Months
  • EL AT | Rp233 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp34,95 Juta
    Angsuran Rp5,24 Juta
    Tenor 60 Months
  • VE AT | Rp249,9 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp37,48 Juta
    Angsuran Rp5,61 Juta
    Tenor 60 Months
  • VL AT | Rp261,9 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp39,28 Juta
    Angsuran Rp5,86 Juta
    Tenor 60 Months

Video Nissan Livina 2019

Lihat video terbaru Nissan Livina 2019 untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi