Yamaha Jupiter Z1, Penerus Bebek Legenda yang Harus Anda Ketahui

Yamaha Jupiter Z1, Penerus Bebek Legenda yang Harus Anda Ketahui
Gambar
Review Pengguna

Seiring perkembangan yang kian modern, banyak pabrikan otomotif dituntut mengembangkan kendaraan berkualitas. Baik dari modelnya hingga teknologinya yang canggih. Namun, ada juga yang mempertahankan produk lamanya. Contohya produk dari Yamaha, Jupiter.

Pertama kali muncul pada 2000. Ia merupakan salah satu varian yang bisa disebut legenda dari pabrikan Yamaha Indonesia. Jupiter hadir sebagai pengembangan dari varian bebek sebelumnya, Crypton dan Vega, hingga menjadi Jupiter Z serta Jupiter Z1. Di era 2000-an, ia berhasil mendongkrak pamor Yamaha sebagai pemain utama di segmen bebek Indonesia. DNA racing yang ia terima, membuatnya mendominasi pasar sepeda motor nasional.

 

Nama awalnya Jupiter, diambil dari salah satu planet. Tiga tahun kemudian ditambahkan Z menjadi Jupiter Z. Penambahan ini karena alfabet Z adalah alfabet terakhir, diartikan sebagai teknologi paling terakhir dan terkini. Pada 2009, menjadi tahun kelahiran generasi ketiga Jupiter Z, hadir dengan konsep baru. Generasi Jupiter Z 2003 sampai 2009 berkapasitas mesin 110 cc, sedangkan New Jupiter Z berbasis mesin 115 cc. Setelah lebih kurang 12 tahun mengabdi, barulah Yamaha merilis upgrade terbaru dari klan Jupiter. Masih mengusung nama sang legenda, berjuluk Jupiter Z1.

Generasi kelima Jupiter merupakan pengembangan dari model sebelumnya. Bodinya aerodinamis dengan air flow yang terinspirasi dari MotoGP. Striping baru bergaya racing, merefleksikan karakter motor cepat. Menjadikan tampilannya lebih modern. Bagian depannya sekilas mirip dengan versi MX. Lampu seinnya terpasang pada bagian bodi depan. Selain itu, lampu utamanya dirancang dengan dua buah reflektor, sehingga memberikan penerangan yang jauh lebih baik. Stop lamp menjadi satu dengan lampu sein, semakin menambah kental nuansa sporty.

Berubah dari model sebelumnya, mesinnya kini main di kelas 115 cc. Berteknologi SOHC, 2 valve, berpendingin udara. Mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 10 hp di 7.750 rpm dengan torsi maksimal mencapai 9.8 Nm di 6.750, tentu terasa powerfull. Memanfaatkan teknologi penyuplai bahan bakar Fuel Injection System, aliran bahan bakar semakin efisien. Apalagi dengan ditanamkan standar emisi gas buang EURO 3. Lebih ramah lingkungan.

Postur tubuhnya sama seperti generasi sebelumnya, berukuran 1.935 x 680 x 1.065 mm dengan berat kosong 102 kg. Dimensi rangka yang begitu signifikan membuatnya meraih banyak prestasi di ajang balap motor nasional. Seperti Indoprix maupun Motoprix. Tangki bahan bakarnya 4,1 liter, dirasa cukup untuk menempuh perjalanan jauh.

Kerangkanya menggunakan tipe Steel Tube Underbone, dibuat dengan bahan yang ringan namun kokoh. Jadi asyik diajak bermanuver dan lebih lincah. Pelek racing palang lima yang dipakai menambah kental aura balap. Hal itu juga termasuk salah satu kelebihan motor ini. Penggunaan suspensi teleskopik serta lengan ayun suspensi ganda, menjadikan motor ini nyaman untuk dikendarai.

Urusan si karet bundar, Yamaha mengandalkan ukuran 70/90 depan dan 80/90 belakang. Peleknya masih sama seperti bebek lain dengan diameter 17 inci. Pengereman pakai piringan cakram dengan 1 kaliper piston tunggal di depan, dan sistem teromol di bagian belakang. Menurut pabrikan, itu sudah cukup baik untuk mengurangi dan menghentikan laju kendaraan.

Menariknya, speedometer memiliki konsep bentuk Diamond (Berlian). Terlihat lebih elegan dan mewah. Di dalam panel speedometer punya beberapa indikator penunjuk yang lengkap; penunjuk kecepatan, trip meter, penunjuk posisi gigi dan indikator bahan bakar yang tersedia. Tak lupa ada indikator lampu, sein dan mesin injeksi. Informasi itu dipercaya mudah dibaca oleh pengendara. Buat keamanan, dipasangkan guard key pada kunci starternya. Mirip dengan yang selama ini diterapkan pada motor keluaran Honda.

Walau berbekal mesin kecil, roda dua yang punya tagline “Yang Lain Semakin Ketinggalan Lagi” dapat diandalkan untuk keperluan sehari-hari maupun balap. Saat ini, bebek berperforma tangguh itu dijual Rp 17,4 juta on the road Jakarta. Terdapat tiga pilihan warna, Blue Racing Hero, Red Champion dan Black Winner. (Bgx/Odi)

Baca Juga: Daftar Lengkap Motor Bebek Yamaha

Jelajahi Yamaha Jupiter Z1

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store