Vespa Primavera i-get : Definisi Skuter Klasik Masa Kini

Vespa Primavera i-get : Definisi Skuter Klasik Masa Kini

Siapa yang tidak kenal dengan Vespa, motor ikonik dari Italia ini memang sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan, karena terlalu terkenalnya, mendorong banyak orang untuk bermimpi memilikinya. Nah, dari beberapa line up yang menjadi incaran, rupanya terdapat satu tipe yang zaman dahulu sudah pernah eksis, namun dihidupkan lagi pada tahun 2013, yakni Primavera.

Primavera yang berarti musim semi dalam bahasa Italia sudah mencicipi aspal di tahun 1967. Awalnya, varian ini menyasar kepada konsumen anak muda yang aktif dan suka hang out. Lalu, seiring berjalannya waktu, tema tersebut memperoleh respon positif dan Vespa perlu mempertahankannya melalui beberapa penyegaran yang berarti. Akan tetapi, dalam periode berikutnya, brand motor ini justru memberhentikan laju Primavera dan mensubtitusinya dengan varian baru yang ditransformasi sebagai seri LX yang Anda kenal.

Berselang beberapa waktu, setelah diperkenalkannya 946, brand motor ini merasa perlu adanya sebuah 'jembatan' yang dapat menghubungkan konsep desain 946 yang mewah dan klasik dari LX. Oleh karenanya, Vespa kembali memperkenalkan Primavera dalam wujud generasi terbaru yang mengemban rancangan lebih modern guna menggeser eksistensi LX dan juga memperoleh dukungan berupa teknologi teranyar yang disebut i-get.

Desain Bodi

Vespa Primavera i-get standar

Menjaga benang merah dari pendahulunya, Primavera i-get tetap mengandalkan genetika tampilan yang berasal dari 49 tahun silam. Hal tersebut tampak dari lampu utama berbentuk lingkaran, jok berdimensi luas yang nyaman untuk berboncengan, sandaran kaki menyatu dengan boardrest dan bodi belakang yang melebar.

Walaupun begitu, Vespa menganggap perlu untuk memberikan sentuhan modern guna mewakili tema masa kini. Oleh karenanya, Anda bisa menemukan lampu posisi LED di atas lampu sein, velg palang lima berdiameter kecil, bodi samping beraliran garis dinamis dan pinggiran sayap samping serta kaca spion berbalut krom.

Speedometer Vespa Primavera i-get

Selain itu, ruang sandaran kaki terasa luas meskipun bagian tengahnya terdapat pemisah sebagai tempat persembunyian aki. Untuk sarana akomodasi, model ini mempunyai laci di depan, tombol pembuka jok, sehinggga tidak perlu lagi repot melepas kunci kontak bila ingin membukanya dan speedometer beraksen klasik-modern yang menyatukan unsur analog sebagai petunjuk kecepatan berbentuk jarum serta layar digital dengan latar belakang biru yang berisi informasi tentang indikator bahan bakar, trip A, trip B, odometer plus penunjuk waktu.

Beralih ke bagian belakang, tertanam lampu rem yang modern dengan guratan huruf V yang mengartikan Vespa, lampu sein bernuansa transparan yang menempel dengan manis di bodi samping dan pegangan tangan berlapis krom.

Jok Vespa Primavera i-get Lebih Berani

Yang tidak kalah menarik, Primavera diberikan satu keistimewaan berwujud pilihan warna jok yang berani. Seperti yang bisa dilihat pada motor yang kami uji ini, mengaplikasikan kelir jok merah dan masih tersedia pilihan lainnya yaitu krem serta hitam.

Fasilitas dan Fitur

Bagasi Vespa Primavera i-get Muat Helm Full Face

Skuter masa kini bukan hanya praktis dalam digunakan tetapi harus mampu mengikuti perkembangan jaman. Hal tersebut dituangkan oleh Vespa lewat fitur pembuka jok elektrik yang dibaliknya terdapat ruang bagasi untuk menampung helm fullface dan sarung tangan, Piaggio Immobilizer peranti keamanan aktif yang meningkatkan unsur keamanan saat motor berada di parkiran, peranti rem cakram di roda depan untuk mendukung pengereman dan ban tubeless tapak lebar yang membalut roda depan serta belakang.

Vespa Primavera i-get Bisa Charge Handphone

Masih kurang puas? Silahkan buka laci depan dengan cara memutar dan menekan lubang kunci. Dengan seketika, terpampang ruang menyimpan dompet dan gadget plus koneksi USB yang dapat mengisi ulang baterai smartphone sembari berkendara.

Performa Mesin

Mesin i-get Vespa Primavera

Mesin Primavera ini berasal dari depot tenaga 1-silinder tunggal berpendingin udara dengan volume 154,8 cc serta didukung teknologi i-get. Yang dimaksud dengan i-get atau Italian Green Experience Technology yakni terobosan dari Vespa yang berorientasi terhadap tingkat efisiensi bahan bakarnya yang lebih baik, mereduksi getaran dan menyenangkan saat dikendarai. Bakat yang dimilikinya yakni menyajikan daya 11.8 PS dengan lontaran torsi sebanyak 12 Nm yang dihantarkan melalui transmisi otomatis CVT.

Pengalaman Berkendara

Vespa Primavera i-get Tampak Belakang

Skuter Vespa ini menyajikan posisi duduk yang tergolong santai dengan lebar stang compact dan ruang kaki yang luas. Bagi orang yang memiliki tinggi 168 cm seperti saya, tinggi jok 78 cm dari permukaan tanah bukanlah masalah. Karena saat motor berhenti, kaki tetap bisa menapak dengan sempurna. Inilah satu sisi efek memakai velg berukuran 11 inci. Namun jangan salah, kondisinya dapat merugikan dalam kondisi berkendara tandem. Musababnya, potensi bagian bawah bodi terbentur polisi tidur atau gundukan jadi lebih besar.

Saat berjalan di kondisi lalu lintas yang lenggang, putaran mesin 3V i-get dari putaran bawah hingga menengah terbilang responsif dan terus terisi. Tetapi, ketika memasuki putaran atas, terasa sedikit ada jeda beberapa saat, sebelum akhirnya jarum bergeser ke angka berikutnya. Menurut kami, kondisi tersebut wajar, mengingat model ini beraliran skuter klasik yang dipandu oleh volume silindernya yang kecil. Dalam usaha mengejar kecepatan 100 kpj di speedometer pun bisa saja, tetapi jujur, hal tersebut akan memakan waktu yang banyak.

Bermanuver di tengah-tengah jalanan padat, Primavera tidak terlalu merepotkan. Alasannya, karena dimensi bodinya yang ringkas dan bukaan gas responsif. Walau begitu, terdapat satu hal menggelitik yaitu bunyi klakson Primavera yang 'manja'.

Velg Primavera i-get 11 inci

Memasuki kontur jalan yang tidak rata, peredaman suspensi produk Vespa ini terasa cukup keras sehingga tidak salah bila melakukan deselerasi atau menghindarinya. Di sisi lain, kami berpendapat, karena racikan suspensi seperti itulah plus dukungan ban depan bertapak 110/70 serta belakang 120/70 berdampak kepada kestabilan Primavera dalam melahap tikungan.

Perihal konsumsi bahan bakar, kami menggunakan jenis bensin Pertamax dengan Ron 92 dan menjalankan metode full to full. Adapun lokasi SPBU yang digunakan di satu tempat yang sama dengan lama riset 3 hari dan menjalani segala macam kondisi lalu lintas termasuk terjebak kemacetan ibu kota. Jarak yang kami kumpulkan 106,4 kilometer dengan akumulasi waktu tempuh 7,5 jam. Dari perhitungan tersebut, dihabiskan sebanyak 3,51 liter dan jika dikonversi angka konsumsi bbm Primavera i-get  ialah 30,3 kilometer per liter (kpl).

Kesimpulan

Vespa Primavera i-get di Juegos Cafe

Primavera i-get yang didebut pertengahan tahun 2016 memang memiliki tampilan desain bodi yang sangat menggoda dan menjadikannya tampil stand out di jalan raya. Selain itu, dengan dilengkapinya fitur tambahan seperti koneksi USB, layar informasi digital di speedometer dan immobilizer menjadi nilai lebih yang perlu diperhitungkan. Dari segi performa, meskipun tergolong biasa saja di atas kertas, akan tetapi ketika dibesut di jalanan Jakarta yang dihiasi oleh kemacetan, Primavera, kami nilai sudah memadai.

Beralih ke persoalan harga on the Road Primavera terbaru. PT Piaggio Indonesia (PID) melansir motor terbaru ini di angka Rp 36,5 Juta. Nominal tersebut memang terbilang mahal untuk genre skuter 150 cc, karena kompetitornya asal Jepang lebih terjangkau, namun terbilang kompetitif bila disandingkan dengan brand skuter Prancis, Peugeot Django Series.

Stop disitu dan mari berhitung bersama-sama. Model ini telah dibekali beragam fasilitas pendukung berkendara yang modern plus rancang desain bodi klasik yang telah diadaptasi menjadi lebih kekinian. Jadi dengan label harga yang dilansirnya,  menurut kami masuk akal dan pilihan alternatif bagi Anda sedang berburu skuter klasik bergaya Eropa.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Vespa Primavera

Model Motor Vespa

  • Vespa Sprint
    Vespa Sprint
  • Vespa LX
    Vespa LX
  • Vespa S
    Vespa S
  • Vespa Primavera
    Vespa Primavera
  • Vespa GTS 150
    Vespa GTS 150
  • Vespa GTS Super Sport 150
    Vespa GTS Super Sport 150
  • Vespa GTV
    Vespa GTV
  • Vespa 946 Dragon
    Vespa 946 Dragon
  • Vespa ELETTRICA
    Vespa ELETTRICA
  • Vespa GTS 300 Super Tech
    Vespa GTS 300 Super Tech
Harga Motor Vespa

Jangan lewatkan

Promo Vespa Primavera, DP & Cicilan

IIMS 2024

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Vespa Primavera Terbaru di Oto

Oto
  • Daya Tarik Vespa Primavera Color Vibe, Mending Dipakai atau Dikoleksi? | First Impression
    Daya Tarik Vespa Primavera Color Vibe, Mending Dipakai atau Dikoleksi? | First Impression
    17 Apr, 2023 .
  • Vespa Primavera Picnic | Edisi Terbatas Bikin Piknik Makin Berkelas
    Vespa Primavera Picnic | Edisi Terbatas Bikin Piknik Makin Berkelas
    26 Apr, 2021 .
  • Vespa Primavera S & Sprint S 2019 | First Impression | Skutik Seharga Rp 40 Jutaan | OTO.com
    Vespa Primavera S & Sprint S 2019 | First Impression | Skutik Seharga Rp 40 Jutaan | OTO.com
    10 Apr, 2019 .
  • Test Ride | Vespa Primavera 150 2018 | Melebihi Logika | OTO.com
    Test Ride | Vespa Primavera 150 2018 | Melebihi Logika | OTO.com
    21 May, 2018 . 273 kali dilihat
  • Review Vespa Primavera i-get | Oto.com
    Review Vespa Primavera i-get | Oto.com
    24 Oct, 2016 . 224 kali dilihat
  • Vespa Primavera - Official video
    Vespa Primavera - Official video
    06 Oct, 2015 . 207K kali dilihat
Tonton Video Motor Vespa Primavera

Bandingkan & Rekomendasi

Benelli Zafferano 250
Piaggio Medley
Piaggio Medley
Rp 46,2 Juta
Tulis Review Harga Medley
Peugeot Django 150
Peugeot Django 150
Rp 48,9 - 50,9 Juta
Harga Django 150
Peugeot Citystar 200i
Vespa LX
Vespa LX
Rp 45,35 Juta
4.56 (6 Ulasan)
Harga Vespa LX
Kapasitas 249.7
155.1
150
200
124.5
Tenaga Maksimal 20.78
-
-
-
10.19
Torsi Maksimal 20.83 Nm
-
-
-
10.2 Nm
Jenis Mesin 4-Stroke, DOHC
4-Stroke, SOHC Engine
4-Stroke, SOHC
4-Stroke, SOHC
i-get, 4-Stroke, 3-Valves Single Cylinder
Diameter x langkah 69 mm x 66.8 mm
58 mm x 58.7 mm
-
-
-

Tren Scooter

  • Yang Akan Datang
  • Kymco AK 550
    Kymco AK 550
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Jun, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • BMW C Evolution
    BMW C Evolution
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Polytron T-Rex
    Polytron T-Rex
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Jun, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Polytron EVO
    Polytron EVO
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Jun, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Yamaha Cygnus X
    Yamaha Cygnus X
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Jun, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
Motor Scooter Yang Akan Datang

Artikel Motor Vespa Primavera dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Vespa Primavera Mickey Mouse Edition Dijual di Indonesia
    Vespa Primavera Mickey Mouse Edition Dijual di Indonesia
    Zenuar Istanto, 11 Des, 2023
  • Vespa Primavera Color Vibe Edisi Terbatas Menarik Dikoleksi
    Vespa Primavera Color Vibe Edisi Terbatas Menarik Dikoleksi
    Bangkit Jaya Putra, 05 Apr, 2023
  • Vespa Primavera Color Vibe Series Dibalut Warna Istimewa
    Vespa Primavera Color Vibe Series Dibalut Warna Istimewa
    Zenuar Istanto, 21 Nov, 2022
  • Rayakan Ulang Tahun, Vespa Rilis Primavera dan GTS 300 75th Anniversary Edition
    Rayakan Ulang Tahun, Vespa Rilis Primavera dan GTS 300 75th Anniversary Edition
    Zenuar Istanto, 29 Jun, 2021
  • Vespa Primavera Picnic Diluncurkan, Edisi Unik Bagi yang Suka Aktivitas Piknik
    Vespa Primavera Picnic Diluncurkan, Edisi Unik Bagi yang Suka Aktivitas Piknik
    Zenuar Istanto, 07 Apr, 2021

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*