jakarta-selatan

Test Ride Vespa Primavera ABS, Melebihi Logika (Part 1)

  • 25 Mei, 2018
  • 1295 Kali Dilihat

Harga Vespa Primavera ABS Rp 39,5 juta (OTR Jakarta) di April 2018. Naik sekitar Rp 9 juta dibanding pertama kali meluncur pada 2014. Banderolnya di atas rata-rata skutik 150 cc. Ambil contoh Honda PCX dan Yamaha NMax, cuma Rp 30 jutaan.



Logikanya jika punya harga tinggi, fitur harus lengkap. Namun kenyataan berkata lain. Skutik berlabel Italia itu minim fitur. Sistem pencahayaan masih bohlam halogen, belum keyless, panel instrumen tidak full digital, tidak ada idling stop system (ISS) dan masih banyak kekurangan lain. Meski demikian, PT Piaggio Indonesia Distribution (PID) sudah memberi revisi untuk Primavera ABS dibanding generasi pertama. Sekarang untuk keselamatan ada anti-lock braking sytem (ABS). Ukuran ban diperbesar jadi 12 inci depan dan belakang.


Pemaparan itu baru spesifikasi di atas kertas. Bagaimana rasa berkendaranya? Impresi pertama duduk di atas jok Primavera ABS, bagi pemilik tinggi 168 cm seperti saya, kaki memang agak jinjit. Tapi ada triknya, cukup pindahkan bokong agak ke depan. Niscaya kaki dengan mudah menapak ke aspal. Hal ini dikarenakan desain bangku yang makin ramping ke depan.



Saat mengendarai Vespa Primavera, tubuh terasa rileks, terutama karena penggunaan stang tinggi nan lebar. Menurut saya, kekurangannya ada di ruang kaki sempit. Cukup sulit untuk mencari posisi nyaman, serta tidak bisa selonjoran. Tapi itu masih bisa ditoleransi, toh riding positionnya mengingatkan cara berkendara Vespa lawas bermesin 2-tak. 


Kemunculan ban lebih besar di Vespa Primavera baru, memunculkan keuntungan tersendiri. Ukurannya 110/70-12 inci dan belakang 120/70-12 inci. Alhasil melewati undakan atau jalan bergelombang menjadi cukup nyaman. Bodi bawah tidak mudah bersinggungan ke aspal, meski berkendara berboncengan. Kecuali berat Anda dan yang dibonceng, sama-sama lebih dari 80 kg.



ABS yang disematkan pun menambah rasa percaya diri. Tidak perlu khawatir roda terkunci saat melakukan pengereman mendadak. Saya sudah mencobanya langsung, Primavera ABS tetap bisa dikendalikan setelah tuas rem ditekan sejadi-jadinya. Sayang, ABS cuma di roda depan saja. Padahal, logikanya ketika berhadapan dengan potensi kecelakaan, tidak terpikirkan lagi untuk tekan rem depan atau belakang.


Sehebat apa performa mesinnya? Layak atau tidak dibeli? Bersambung ke Test Ride Vespa Primavera ABS, Melebihi Logika (Part 2). (Lod/Van)


Baca Juga: Mengukur Efisiensi BBM Vespa Primavera ABS

kali dibagikan

Harga dan Promo Varian Primavera

  • I-Get 150 | Rp37,5 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp5,75 Juta
    Angsuran Rp1,51 Juta
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo

Video Vespa Primavera

Lihat video terbaru Vespa Primavera untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Vespa Pilihan

  • Populer
  • Komparasi