jakarta-selatan

Mengupas Lebih Dalam Vespa Primavera di Indonesia

  • 20 Jun, 2019
  • 1692 Kali Dilihat

Primavera, salah satu skuter legendaris yang dimiliki Vespa. Ia pertama kali dilahirkan di era 60-an, persisnya pada 1968. Skuter ini terbilang ramai peminat, sehingga memiliki beberapa generasi dan terus diproduksi hingga 1982. Dan akhirnya, Primavera pun melegenda di kalangan pecinta skuter. Motor ini bahkan pernah menjadi model tersukses sepanjang sejarah Vespa.



Sempat mengalami jatuh bangun, namun kini Primavera ‘lahir’ kembali di era modern. Meski sudah tidak mengadopsi mesin 2-tak, Primavera masih mewarisi pesona nenek moyangnya. Skuter ini tetap mempertahankan semua prinsip, yang membuatnya sukses di masa lalu. Desainnya inovatif, dinamis, berjiwa muda dan kini menggunakan mesin yang ramah lingkungan.


Ingin kembali meraih kesuksesan seperti tempo dulu, Vespa memberikan beberapa pilihan untuk pecinta Primavera. PT Piaggio Indonesia, agen pemegang merek Vespa di Tanah Air, mengenalkan Primavera modern secara resmi pada Maret 2014.


Awal kemunculannya menggendong mesin berkonfigurasi 1-silinder, 4-langkah, full injeksi berkekuatan 150 cc dengan 3 katup dan belum ABS. Seiring perkembangan, kebutuhan pasar dan teknologi, Vespa akhirnya melahirkan inovasi mesin i-get dan penyematan ABS pada Mei 2016. Sedang i-get, singkatan dari Italian Green Experience Technology. Mesin yang diklaim lebih ramah lingkungan dibandingkan versi sebelumnya.



Secara sistem, mesin i-get menggunakan elektronik injeksi dengan tiga katup (3 valve) yang sama dengan sebelumnya. Namun i-get sudah melalui beragam pengembangan, yang mampu mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang, karena lebih sempurna dalam hal pembakaran. Terobosan itu ditanamkan tidak hanya pada varian Primavera tetapi juga di Sprint, Liberty 150 cc ABS dan Medley 150 cc ABS.


Di Indonesia, Primavera hadir dengan dua varian, tipe basic dan seri S 150. Secara teknis, tak ada perbedaan yang menonjol. Hanya tampilan saja mengalami penyegaran, sekaligus beberapa kosmetik kecil di varian S. Jika ingin Vespa dengan tampilan elegan, pilihlah Primavera standar. Namun jika ingin ada sentuhan sporty di Primavera, tersedia varian S.


Selain kedua varian itu, Primavera juga punya beberapa model yang dijual secara terbatas. Seperti apa model Primavera yang dijual terbatas?


Vespa Primavera Colors


Vespa 70th Anniversary Edition


Dalam rangka merayakan 70 tahun Vespa di seluruh dunia, motor ikonik ini memberikan edisi khusus Vespa Settantesimo yang terdiri dari Vespa Primavera, GTS 150 cc, GTS 300 cc dan PX. Keempatnya dibalut warna Azzuro 70 (Biru Muda). Masuk Indonesia September 2016, Primavera 70th Anniversary edition dihargai Rp 49 juta (OTR Jakarta)


Primavera Yacht Club Edition


Mulai masuk Indonesia Agustus 2018. Terinspirasi canggihnya kapal pesiar, Primavera Yacht club tampil elegan dan unik. Warnanya putih dihiasi detil biru. Diperkuat dengan grafis khusus matt blue pada bagian sasis, pelek serta ‘dasi’ di bagian depan. Tahun lalu versi special edition ini dibanderol Rp 42 juta (OTR jakarta).


Primavera 50th Anniversary Edition


Dalam rangka merayakan hari ulang tahunnya ke-50, Primavera tampil lebih atraktif. Hadir ke Indonesia Oktober 2018. Memiliki dua pilihan warna: Light Blue metalik dan Brown Matte. Warna jok selaras dengan warna bodi. Pelek dikelir abu-abu yang memesona, elegan, eksklusif dan stylish.


Pada pintu kompartemen depan terdapat logo 50th Primavera Anniversary. Sudah mengadopsi teknologi LED pada bagian lampu depan belakangnya. Berbicara harga, Vespa Primavera 50th Anniversary saat itu ditawarkan dengan harga Rp 42 juta (OTR Jakarta).


Meski dijual secara terbatas, tidak ada perubahan di sektor mesin. Masih mengandalkan mesin i-get 150 cc generasi terbaru. Ketiga Primavera edisi terbatas itu, sudah tidak dijual alias out of stock. (Bgx/Odi)


Baca Juga: Ragam Skutik Retro yang Tak Semahal Vespa dan Lambretta

kali dibagikan

Harga dan Promo Varian Primavera

  • I-Get 150 | Rp 37,5 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 5,75 Juta
    Angsuran Rp 1,51 Juta
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo

Video Vespa Primavera

Lihat video terbaru Vespa Primavera untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Vespa Pilihan

  • Populer
  • Komparasi