Samsung Kembangkan Teknologi HUD Di Motor Bersama GIVI

Diterbitkan Pada November 28, 2016 Oleh Brian Gomgom Di Oto

Samsung Kembangkan Teknologi HUD Di Motor Bersama GIVI

Teknologi HUD atau Head-Up Display yang biasanya ditemukan pada beberapa brand mobil, rupanya juga akan dihadirkan untuk keperluan berkendara roda dua. Ya, namanya adalah 'Smart Windshield'. Terobosan ini merupakan hasil kolaborasi brand elektronik Samsung di Italia dengan GIVI. Walaupun masih menyandang status purwarupa, namun perangkat tersebut telah diperkenalkan ke masyarakat Eropa.

“Kami memilih partner yang berkompeten yakni GIVI, yang sudah berpengalaman dan rekan dalam mewujudkan proyek ini. Dengan perangkat ini, inovasi menjadi sangat penting dan dapat berdampak dalam penggunaan sehari-hari. Melalui alasan tersebut dan sama seperti tujuan kami yakni menggali segmen baru yang terjawab dari ide dan teknologi,” terang Francesco Cordani selaku Head of Samsung Electronics Italia.

Menu Samsung Smart Windshield

Seperti yang dilansir oleh motociclismo, latar belakang dibuatnya 'Smart Windshield' ini karena ingin meningkatkan faktor keselamatan berkendara roda dua di perkotaan. Berdasarkan survey, hampir seperempat konsumen muda di Italia memakai gadget saat berkendara, sekadar untuk melihat arahan peta atau melihat chat dan tentunya berpotensi menyebabkan kecelakaan. Oleh karenanya, Samsung berinisiatif menciptakan fitur yang dapat mengatasinya dan menggandeng GIVI yang sudah biasa menghadirkan produk kelengkapan bermotor.

Adapun modus penggunaan visor ini yaitu menampilkan arahan GPS, melihat adanya panggilan telepon, email dan chating. Cara memakai fasilitas ini, pengendara diharuskan lebih dahulu terhubung dari gadget via jaringan nirkabel. Misalnya, sebelum melaju, sudah menyalakan menu Google Maps kemudian memasukkan alamat dan tekan jalan. Maka di HUD akan terlihat jarak dan panduan untuk berbelok.

Sedangkan apabila saat berkendara terdapat panggilan masuk, maka di layar, terlihat nama dan secara otomatis nomor pengendara ini mengirimkan pesan pendek. Isinya menerangkan bahwa pemilik handphone sedang berkendara dan akan menghubungi kembali.

Samsung Smart Windshield di Tricity tampak Depan

Merujuk dari cuplikan video berdurasi 1 menit 19 detik di akun Youtube SamsungItalia, konstruksi visor ini berukuran besar, dimana bagian tengahnya diberikan peranti pemantul yang mengarah ke atas. Sehingga pengendara memperoleh tampilan digital yang mudah terlihat dan sama seperti di mobil.

Hingga saat ini belum ada informasi yang berkenaan dengan kecocokan 'Smart Windshield' untuk motor-motor tertentu. Akan tetapi dalam tayangan perkenalan produknya, Samsung memasangkan visor cerdas ini pada Yamaha Tricity.

Nah Apakah nantinya fitur ini hanya bisa dinikmati oleh motor skuter besar saja atau ke depannya akan dibuat sebagai peranti umum yang dapat diinstalasi oleh semua model motor, baik sport hingga adventure bike yang menanamkan visor? Mari kita nantikan saja strategi lanjutan dari Samsung.

Sedikit membahas mengenai Tricity, lini produk Yamaha ini merupakan matik dengan konsep Leaning Multi Wheel (LMW). Selain eksis di belahan benua biru, Asia Tenggara termasuk Indonesia juga akan memasarkan motor tiga roda dengan teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation ini.

Sumber : Motociclismo.it

Baca Juga : Flagship Store BMW Motorrad Layani Penjualan Hingga Komunitas

Yamaha Tricity

Yamaha Tricity

kmpl
cc
Kursi
ABS
 
 

Iklan

Berlangganan Buletin