• Wishlist

Kawasaki Batalkan Peluncuran Ninja ZX-25R di KBW 2020 Akibat Corona

Kawasaki Batalkan Peluncuran Ninja ZX-25R di KBW 2020 Akibat Corona

Kawasaki Ninja ZX-25R seharusnya meluncur bulan depan, bertepatan dengan helatan Kawasaki Bike Week 2020. Namun, ajang kumpul komunitas geng hijau itu terpaksa ditunda akibat virus Corona. Yang artinya juga membatalkan prosesi perilisan besar-besaran sang Ninja 250 cc 4-silinder.


Padahal sinyal itu sudah santer disiarkan pihak pabrikan. Dimulai sejak awal tahun. PT Kawasaki Motor Indonesia mengunggah video promosi terkait event-nya. Dalam tayangan sudah dibocorkan pula beberapa detail merujuk si produk.


Lantas bulan lalu, mereka akhirnya mendatangkan Ninja 250 cc 4-silinder. Bahkan secara terang-terangan menyebar foto ke dunia maya. Menegaskan kalau si kuda besi bakal meluncur 4 April - waktu yang diagendakan sebagai penyelenggaraan KBW 2020 di Ancol, Jakarta Utara.


Kawasaki Ninja 250 4-Silinder Indonesia 2020


Namun, semua rencana itu berubah seiring derasnya sebaran COVID-19. Langkah aktif untuk mencegah penyebarannya pun dilakukan secara nasional. Termasuk Pemprov DKI yang memberlakukan pembatasan izin keramaian. Artinya mengancam pula kelangsungan acara garapan Kawasaki. Kemarin (12/3), kekhawatiran itu benar adanya. KMI mengumumkan soal pembatalan event tahunan mereka.


"Terkait dengan adanya wabah global COVID-19 saat ini, maka acara Kawasaki Bike Week 2020 yang rencananya digelar 4 April 2020 di Pantai Carnaval Ancol terpaksa kami tunda. Pembatalan tersebut merupakan keputusan yang kami ambil bersama seluruh pihak terkait, mempertimbangkan situasi wabah yang tidak dapat kami pastikan kapan berakhir. Tindakan ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap regulasi pemerintah, agar kita semua tetap aman dan sehat. Kami harap ini dapat dimaklumi," tulis info resmi pabrikan.


Para pecinta Kawasaki pasti kecewa, karena seharusnya bakal ada Ninja 250 model 2020 di sana. Penundaan KBW pun otomatis menggagalkan debut perkenalan ZX-25R di ruang publik. Kendati begitu, mereka tetap bisa melihat unitnya di Kawasaki Abdul Muis, 4 April mendatang.


Ada sinyal KMI bakal meluncurkannya di showroom itu nanti. Rasanya khalayak tak peduli meski tempatnya tidak spesial. Terlebih buat mereka yang penasaran dengan wujud asli generasi baru Ninja 250 cc. Paling menarik tentu menyoal performa dari mesin DOHC 4-silinder dan 16 valve-nya.


Walau belum diungkap, kami yakin daya kailnya nyaris tembus 50 Hp. Jauh di atas Ninja 250 2-silinder. Belum lagi dilengkapi fitur canggih bak moge. Sebutlah terapan seperti KTRC (Kawasaki Traction Control), KQS (Kawasaki Quick Shifter) hingga Power Modes. Plus maksimalisasi handling melalui penggunaan peredam kejut upside-down Separate Function Fork-Big Piston.


Jelas menggugah, terutama Anda yang mungkin sudah meminatinya kala lakoni debut di Jepang. Calon pembeli sudah bisa melakukan pemesanan Ninja ZX-25R. "Untuk yang bertempat tinggal di Jabodetabekser, dapat melakukan pre-order di showroom Kawasaki Abdul Muis. Dan, di luar itu dapat memesan melalui diler setempat. Nomor urut konsumen dimulai tanggal 4 April 2020," tulis Kawasaki lagi.


Tapi bila melihat posting akun Facebook Kawasaki Greentech (Riau), inden sudah dibuka sejak 9 Maret 2020. Pemesan bahkan mendapatkan hadiah langsung berupa hoodie bertemakan si motor. Sayang tak ada info soal booking fee, pun mengenai harga resmi Kawasaki Ninja ZX-25R. Ada dugaan banderolnya tembus Rp 100 juta. Namun kita tunggu saja pengumuman resmi dari pihak pabrikan. (Ano/Odi/Van)


Baca Juga: Kisah Menarik Lembar Sejarah Kawasaki Ninja 250 4-Silinder