MV AGUSTA F4Z, Superbike Eksentrik Ala Zagato

MV AGUSTA F4Z, Superbike Eksentrik Ala Zagato
Gambar
Review Pengguna

Produsen motor asal Italia, MV Agusta baru-baru ini memperlihatkan sosok F4Z seutuhnya, sebelum diperkenalkan pada tanggal 4 September 2016 dalam perhelatan Chantilly Arts & Elegance di Prancis. Berdasarkan kicauan akun twitter resminya, model ini merupakan hasil kolaborasi bersama Zagato, rumah desainer asal negeri Pasta yang sudah berkreasi sejak tahun 1919. Oleh karena itu, tidak perlu heran bila tersemat imbuhan huruf 'Z' di belakang nama superbike ini.

Secara garis besar, sentuhan yang diberikan oleh Zagato berhasil menyulap F4Z menjadi anggun dan buas serta keluar dari bahasa rancang bangun MV Agusta yang gemar menorehkan guratan garis tegas di seluruh lini produknya. Meskipun demikian, masih saja ditemukan beberapa unsur yang tetap dipertahankan, seperti area rangka dan kaki-kaki.

Dimulai dari bagian depan, tampak lampu utama mengenakan projektor beraksen mata cyclops dan full fairing yang meliuk sangat dinamis plus lubang sirkulasi udara yang berorientasi vertikal pada sisi kiri dan kanannya. Kemudian, untuk visor, berubah bentuk menjadi sedikit membulat dan terpisah menyerupai motor naked.

Saat memandangnya dari samping, terlihat tangki bahan bakar berwarna abu-abu berukuran besar dengan badge MV Agusta, stang 'racy', emblem Z yang mempresentasikan Zagato dan konsep jok single seater berkelir merah yang berdimensi pendek mirip dengan model Brutale Dragster.

Berbicara sektor rangka, motor bertubuh gambot ini berdiri di atas CrMo steel tubular trellis yang kokoh dengan perangkat swing arm berbahan aluminium alloy satu sisi guna mencengkram roda belakang dan dibantu suspensi depan tipe upside-down Marzocchi. Berperan sebagai penghenti lajunya, MV Agusta mengandalkan piringan cakram dan kaliper berlabel Brembo.

Nah, dari cuplikan teaser video yang kami amati, terdapat satu hal yang menarik perhatian dan memancing pertanyaan. Umumnya, genus Superbike F4 dibekali dengan tiga buah pipa knalpot di bawah lampu rem, namun Zagato menyamarkannya menjadi lubang berukuran sedang yang bersembunyi di belakang jok.

Walaupun belum terkuak informasi detail spesifikasinya, namun, jika melihat dari nama yang disandangnya F4Z, bisa diprediksi jika motor besar Italia ini mengenakan mesin yang serupa dengan F4. Mesin berkapasitas 998 cc berkonfigurasi 4-silinder dengan kemampuan menyemburkan tenaga maksimal 197 PS dan melontarkan torsi sebanyak 110,8 Nm yang didukung oleh pola transmisi manual 6-percepatan constant mesh.

Akankah F4Z ini diniagakan sebagai produk reguler sama halnya dengan jajaran model lainnya atau hanya akan menjadi edisi istimewa yang jumlahnya terbatas? Mari kita nantikan bersama strategi apa yang diambil oleh MV Agusta.

Baca Juga : Honda CB150R StreetFire Punya Pilihan Warna Dan Striping Baru

Sumber : twitter mvagustamotor, youtube MVAgustaMotor

Jelajahi MV Agusta F4

MV Agusta F4 Rp 589,73 - Rp 998 Juta Cicilan : Rp 13,46 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store