KTM RC390 Anyar Dikenalkan Tahun Ini?

Gambar
Review Pengguna

KTM RC390 terbaru mengalami ubahan desain. Tak sekadar menyegarkan tampilan, penyesuaian juga terjadi pada struktur rancang bangun. Ini dilakukan untuk menunjang kenyamanan si pengendara. Di samping itu, ada rumor ia menggendong mesin anyar. Sosok motornya sendiri diperkirakan terlihat pada gelaran otomotif dunia.

Bicara peruntukannya, RC390 menyasar konsumen yang terbatas. Lewat bodi agresif sekaligus sporty, menawarkan tunggangan bagi pemburu kecepatan. Sajian pada generasi terbarunya pun, masih tetap sama. Hanya saja, pihak pabrikan punya penawaran baru. Paling kentara tersaji dari parasnya. Dagu RC390 kini lebih kotak dan bentuk windshield melengkung. Berbeda dari sebelumnya yang serbalancip. Begitu pula dengan dua unit lampu projector. Kini cuma mengandalkan satu lampu, namun berukuran lebih besar. Perbedaan lain, posisi lampu sein di area front cowl.

Lanjut ke bagian samping, KTM masih mengedepankan fairing pola bertumpuk. Desainnya dibuat baru, menyelaraskan bagian muka tadi. Pada sisi ini, juga banyak hal baru. Sebutlah engine cover, kini tak lagi berwarna gelap. Lalu subframe-nya dibuat lebih simple. Kemungkinan ini dilakukan demi mereduksi bobot si RC390. Bisa jadi pula terdapat penurunan ketinggian di area buritan. Jika benar adanya, sudah pasti ini ditujukan agar dia lebih akomodatif, bagi penumpang maupun pengendara.

Jika benar demikian, maka DNA balap yang melekat pada RC satu ini sedikit bergeser. Kuat dugaan, ubahan tadi bertujuan membuatnya lebih bersahabat. Tak hanya buat solo rider, tapi juga bersama penumpang. Dengan kata lain, ia tak lagi menyandang model sport tulen, melainkan sudah mengarah ke sport touring. Dari jepretan kamera RideApart juga tampak, posisi footstep RC390 dibuat rendah. Sudah jelas ditujukan buat pengendaraan yang lebih nyaman.

Selebihnya, belum ada detail informasi terkait spek yang bocor. Baik dimensi atau penerapan spare parts baru. Lagi-lagi dari foto itu, sepertinya juga ada perbedaan dari diameter shock depan. Suspensi USD (upside down) KTM RC390 ini kelihatan lebih besar dari sebelumnya. Namun, hal itu baru bisa dikonfirmasi saat peluncurannya. Pun begitu pada sektor mesin. Menurut rekan kami di Zigwheels.com, rumor menyebutkan adanya perubahan di sana. Jantung mekanis RC390 dikatakan bakal membengkak.

Padahal secara kapasitas, RC390 punya keluaran tenaga besar. Kubikasi mesin total 373,2 cc yang digendong mampu mengail tenaga 44,6 Hp di 9.000 rpm. Sementara torsi maksimalnya 36 Nm, dapat dijangkau pada putaran mesin 7.000 rpm. Performanya tadi disalurkan melalui transmisi 6 percepatan. Kendati silinder tunggal masih jadi andalan mereka, pun menyambut kelahiran generasi baru RC390. Dugaan terbesar, dia mejeng perdana di pameran otomotif EICMA 2019. Dikenalkan sebagai KTM RC390 model 2021. Berarti baru tahun depan ia disebar ke negara-negara lain. Kemungkinan masuk ke Indonesia di tahun berikutnya. Kita tunggu debutnya! (Ano/Hlm)

Sumber: Zigwheels, RideApart

Baca Juga: Belum Meluncur, Spesifikasi Honda CRF1100L Africa Twin Tersebar

Jelajahi KTM RC 390

KTM RC 390 Rp 104,9 Juta Cicilan : Rp 2,39 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store