Komparasi Yamaha NMax vs Kymco Like 150i, Harganya Beda Tipis

Gambar
Review Pengguna

Yamaha NMax dan Kymco Like 150i bersaing di level harga jual yang terpaut tipis. Bila motor besutan pabrikan berlambang garputala dibanderol Rp 27,540 juta (varian tanpa Anti-lock Braking System), skutik yang mirip Vespa milik pabrikan Taiwan itu berada di angka Rp 28,8 juta (OTR Jakarta). Seperti apa perbandingan keduanya?

Desain Yamaha NMax dibuat bongsor, tak seperti Like 150i yang terkesan ramping. Namun, secara dimensi sebenarnya tak signifikan bedanya. Adapun konfigurasi NMax : 1.955mm x 740mm x 1.115mm (PxLxT) dengan jarak sumbu roda 1.350mm dan bobot 127 kg. Sedangkan skutik milik Kymco : 1.935mm x 690mm x 1.145mm (PxLxT) dengan wheelbase 1.315mm dan berst 129 kg. Konfigurasi itu harusnya membuat Like 150i lebih lincah bermanuver.

Walau begitu, motor yang baru diluncurkan saat pameran otomotif April lalu, punya ground clearance lebih rendah, 120mm. NMax 135mm. Artinya, Yamaha lebih bisa mengatasi jalan tidak rata atau polisi tidur yang tinggi.

Tampilan keduanya bergaya Eropa, dengan garis bodi yang elegan. Tapi, NMax punya figur yang lebih garang, beda dengan Like 150i yang lembut dengan aksen membulat di beberapa bagian. Namun deck depan skutik Kymco dibuat rata, sehingga kemampuan membawa barangnya lebih baik.

Kedua skutik disuguhkan dalam lima pilihan warna. Untuk Kymco Like 150i antara lain : Pearly White, Mat Silver Crystal, Bright Red, Deep Blue dan Plain Grey. NMax coraknya : Blue, Matte Black, Matte Grey, White dan Matte Red. Khusus untuk Matte, kelirnya tidak mengilap atau biasa disebut doff.

Roda yang dipakai Like 150i berjenis tubeless dengan ukuran 110/70 untuk depan dan belakang 130/70. Keduanya dipasangkan ke pelek 12 inci. NMax mengusung bingkai lebih besar, 13 inci, tapi spesifikasi bannya sama. Suspensi untuk kedua motor juga tak jauh berbeda, teleskopik dan swingarm berpadu double shockabsorber. Khusus Nmax, komponen pegas di belakang memakai model tabung, performanya lebih mumpuni.

Begitu pula perangkat penghenti lajunya. Masing-masing memakai model cakram di depan dan belakang. Tapi NMax tak dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS) seperti Like 150i. Padahal perangkat ini, mampu membantu pengendara ketika melewati jalan basah atau menghindari insiden. Sebenarnya skutik Yamaha tersedia pilihan yang memakai ABS, tapi banderolnya lebih mahal, selisih Rp 2 jutaan dari Like 150i.

Jantung mekanis NMax lebih unggul dengan kubikasi 155cc, 4 stroke SOHC berpendingin cairan. Rasio kompresinya diatur 10,5:1, sehingga menghasilkan tenaga sebesar 15 PS di 8.000 rpm dan torsi 14,4 Nm pada putaran 6.000 rpm. Sementara Like 150i ruang silinder tunggal berukuran 149,8 cc yang juga berjenis SOHC 4 stroke dan didinginkan cairan. Perbandingan kompresinya 10,9:1. Produksi daya puncaknya lebih kecil, 13,5 PS pada 8.500 rpm dengan momen puntir 10,2 Nm di 6.500 rpm.

Ukuran tangki bahan bakarnya beda sedikit saja. Bila NMax kapasitasnya 6,6 liter dan diletakkan di bawah jok depan, maka Like 150i volumenya 6,8 liter yang ditempatkan persis di bawah deck. Dengan kombinasi mesin dan kapasitas tempat penyimpanan bensin, skutik buatan Kymco harusnya bisa melaju sedikit lebih jauh.

Fitur pada keduanya bersaing. Masing-masing sudah mengaplikasikan LED pada penerangan dan panel instrumen digital. Bagasi yang tersimpan di bawah jok juga berukuran besar. Satu helm dan jaket beserta safety gear seperti sarung tangan bisa dimasukkan tanpa masalah.

Namun Like 150i punya kelebihan berupa Noodoe, perangkat yang memungkinkan LCD terhubung dengan smartphone melalui bluetooth. Pengendara bisa memantau informasi terkait motor melalui gawai komunikasinya, bahkan menyetel tampilan layar maupun memasang foto pribadi. Karena terkoneksi dengan sambungan internet, maka fungsinya bisa dioptimalkan untuk menampilkan navigasi dan mencari posisi rekan lewat peta digital. Untuk bisa mengaksesnya, pengguna harus mengunduh aplikasi yang telah tersedia untuk iOS dan Android terlebih dahulu.

Masing-masing mempunyai keunggulan tersendiri. Bingung untuk memilihnya? Bila Anda mengejar skutik yang punya performa, Yamaha NMax bisa menjadi pilihan. Tapi jika Anda mencari tunggangan yang punya fungsionalitas lengkap dan canggih, Kymco Like 150i cukup menarik untuk dipinang. (Hfd/Van)

Baca Juga: Berikut Skema Cicilan Honda Scoopy

Jelajahi Yamaha Nmax

Yamaha Nmax Rp 29,75 - Rp 32,26 Juta Cicilan : Rp 678.789

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store