Ini Cara Masyarakat Luar Jawa Agar Dapat Kawasaki Ninja ZX-25R

Ini Cara Masyarakat Luar Jawa Agar Dapat Kawasaki Ninja ZX-25R
Gambar
Review Pengguna

Kawasaki Ninja ZX-25R resmi dirilis pada 10 Juli 2020. Sehari setelah peluncuran, konsumen bisa langsung memesan unit ini. Namun hanya berlaku bagi warga Jabodetabek dan Banten. Bagi masyarakat yang berada di luar jangkauan tersebut, berikut cara pemesanannya.


Sejatinya pihak pabrikan telah memberikan informasi mengenai pemesanan ZX-25R. Dibuka sehari setelah waktu peluncuran, yakni 11-12 Juli. Dan tempatnya hanya di showroom Kawasaki Abdul Muis, Jakarta Pusat. Tak butuh waktu lama, selama dua hari itu pemesanan sebanyak 200 unit langsung habis dalam sekejap.


Untuk masyarakat yang berada di luar wilayah itu, kini sudah bisa melakukan pemesanan ZX-25R. Mulai 13 Juli 2020, calon konsumen bisa langsung mendatangi diler resmi Kawasaki terdekat. Cara ordernya pun sama dengan ketetapan yang telah diberikan oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Siapkan uang sebesar Rp 5 juta sebagai tanda jadi, lalu menyerahkan data diri lengkap dengan nomor telepon.


Ninja ZX-25R


Contohnya seperti yang dilakukan pihak Kawasaki Greentech (Diler utama Kawasaki di Pekanbaru, Riau). Sebetulnya mereka telah membuka keran pemesanan sejak Maret 2020. Namun saat itu pihaknya belum menentukan nominal yang telah disepakati dari KMI. Setorannya tidak ditentukan dan cukup variatif, dari Rp 1 juta hingga Rp 3 juta dan belum ada keterangan resmi mengenai jadwal serah terima unit motor.


Seiring peluncuran resmi dan pengumuman Pre Order dari pihak KMI, Kawasaki Greentech lantas membuka pemesanan sesuai ketetapan yang telah ditentukan. "Untuk wilayah Pekanbaru, kami sudah buka kembali pemesanan ZX-25R. Tapi sekarang sesuai ketentuan yang diberikan Kawasaki Indonesia. Beruntungnya bagi yang sudah setor tanda jadi, distribusi unit menunggu hingga Agustus 2020,” kata Rai, Marketing Supervisor Diler Kawasaki Greentech Pekanbaru, saat dihubungi OTO melalui pesan singkat.


Mengenai kuota yang dapat diterima oleh masyarakat Pekanbaru, Rai belum mengetahui lebih lanjut. Pihaknya masih terus membuka pre order hingga batas waktu yang belum ditentukan. Sementara untuk diler resmi lainnya, tetap dengan mekanisme serupa seperti yang digaungkan KMI. Di lain sisi, pihak Kawasaki Indonesia telah membeberkan kalau selama satu tahun, kuota dan target sebanyak dua ribu unit.


“Dua ribu unit itu sudah kami sediakan selama satu tahun. Mulai didistribusikan ke seluruh jaringan Kawasaki di Indonesia pada Agustus nanti. Tapi untuk nominalnya tentu menyesuaikan wilayah masing-masing. Bakal berbeda dengan di Jakarta, terutama soal biaya BBN, serta ongkos kirimnya,” ungkap Michael C. Tanadhi, Head Sales and Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia.


Seperti kita ketahui, untuk versi standar dibanderol Rp 96 juta dan hanya punya satu varian warna, yaitu Metallic Spark Black (hitam). Sementara Ninja ZX-25R tipe Special Edition dilepas Rp 112,9 juta On The Road Jadetabekser. Kelir yang disediakan ada 3; Lime Green / Ebony, Metallic Spark Black / Pearl Flatdust White, Candy Plasma Blue / Metallic Spark Blue.


Tentang Kawasaki Ninja ZX-25R


Ninja ZX-25R 4-silinder


Kawasaki Ninja ZX2-5R dibekali mesin kubikasi 249,8 cc DOHC 4-silinder segaris dengan 16 katup. Jantung mekanisnya dapat menghasilkan tenaga hingga 49,5 Hp pada 15.500 rpm. Sementara untuk torsi puncaknya 22,9 Nm pada putaran 14.500 rpm. Powernya itu disalurkan ke roda belakang menggunakan girboks enam percepatan. Menurut klaim pabrikan, kecepatan maksimal yang dapat diraih yaitu 187 kpj. Selain itu, berkat pipa udara (air ram) di atas kedua lampu depannya, dayanya bisa naik hingga 1 PS. Komponen itu dapat bekerja secara optimal saat kecapatan motor sudah mencapai 100 kpj.


Tidak hanya itu, motor ini juga hadir dengan sederet fitur canggih. Bagian penerangan menggunakan lampu berteknologi LED, baik di bagian depan maupun belakang. Ada Kawasaki Traction Control (KTRC) yang memiliki tiga mode berkendara dan bisa disetel off. Teknologi itu memungkinkan pengendara dapat merasakan keamanan lebih karena bisa mengatur roda belakang agar tidak slip.


Ada pula Power Mode Selection yang memungkinkan pengguna dapat mengatur output power mesinnya sesuai keinginan. Terdapat dua pilihan yakni Full dan Low. Kemudian KQS (Kawasaki Quick Shifter) yang hanya tersedia di varian tertinggi. Berkat alat canggihnya pengendara bisa lebih merasakan sensasi maksimal dari mesin ZX-25R. Bukan hanya upshifts, tapi juga bisa downshifts, dan mulai berfungsi di atas 2.500 rpm. Dengan fitur KQS proses perpindahan gigi jadi lebih cepat, tanpa perlu tekan tuas kopling lagi.


Selanjutnya Electronic Throttle Valves (ETV) dengan high-spec ECU. Komponen itu dapat mengontrol volume bahan bakar (via fuel injector) dan udara (via throttle valves) ke mesin, sehingga memberikan respon mesin yang halus. Selain itu, membuat pengendaranya dengan mudah menggunakan semua fitur yang telah ditanamkan.


Baca Juga: Pilihan Skutik Besar Rp 60 Jutaan, Kymco X-Town atau Yamaha XMax?


Kawasaki Ninja ZX-25R warna biru


Lalu ada Immobilizer sebagai standar keamanan motor. Walau masih berwujud anak kunci, di dalamnya tertanam chip. Alat tersebut bakal mengirimkan sinyal ke ECU jika sudah dalam jarak tertentu. Setelah ECU membaca chip di kunci, motor bisa dihidupkan. Beda cerita jika dinyalakan menggunakan kunci duplikat atau kunci T yang kerap digunakan para maling untuk beraksi, motor tidak bisa menyala.


Rangkanya pakai tralis dan lengan ayun model banana. KEduanya pakai material yang sama, high-tensile steel. Suspensi depan pakai tipe upside down dengan Separate Function Fork-Big Piston. Belakangnya dengan horizontal back link monoshock.


Untuk meredam laju ZX-25R, disematkan cakram berdiameter besar dan dicengkram oleh kaliper monoblock radial-mount untuk pengereman depan. Disc belakangnya juga lebar, sehingga memberikan pengereman yang sangat baik.


Demi memberikan cengkraman yang baik saat melaju di aspal, motor sport 250 cc 4-silinder ini dipasangkan ban radial GPR300 lansiran Dunlop. Memberikan efek ringan sehingga handling menjadi gesit. Ukuran yang digunakan yakni 110/70 depan dan 150/60 belakang. (Bgx/Van)


Baca Juga: Ini Keunggulan Teknologi Baru Evalube

Jelajahi Kawasaki Ninja ZX-25R

Kawasaki Ninja ZX-25R Rp 96 - Rp 112,9 Juta Cicilan : Rp 2,19 Juta
      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store