Ducati Siap Tinggalkan Mesin V-Twin

Ducati Siap Tinggalkan Mesin V-Twin

Bagi penggemar mesin V-Twin di motor supersport Ducati, bersiaplah mengucap selamat tinggal. Pabrikan asal Italia ini, kabarnya sedang menyiapkan generasi terbaru Desmosedici tanpa mesin itu, untuk diedarkan di jalanan. Sebelum Anda kecewa, penggantinya adalah mesin V-4 yang notabene lebih banyak silindernya dan lebih sangar raungannya.

Kabar ini dibenarkan dengan berhasilnya tim laman motorcycle menangkap gambar di lahan pengetesan Ducati, Bologna, Italia. Desmosedici yang masih berbentuk prototipe itu, nampak berbalut kamuflase dan tak sempurna sebagai sebuah motor. Seolah desainnya belum tertoreh sempurna pada tubuhnya. Meski demikian, perawakan Desmosedici sebagai sosok supersport masih kental.

Ducati Desmosedici (1)

Prediksi mesin 4 silinder dengan konfigurasi sepasang silinder yang berhadapan dengan sepasang silinder lagi dikuatkan oleh penampakan blok silinder yang melebar hingga ke sisi kaki pengendara. Posisinya pun cukup mundur dibanding ketika masih dua silinder. Artinya, center of gravity motor kian baik untuk mengoptimalkan manuver.

Ducati Desmosedici (4)

Prediksi itu makin dikuatkan dengan suara motor yang tak terdengar seperti mesin 2-silinder. Raungan yang lebih garang, disebut sang jurnalis begitu terdengar kala Desmosedici 2018 itu digeber di lintasan tertutup.

Tunggangan Andrea Dovisiozo dan Jorge Lorenzo di MotoGP yang sudah menggunakan konfigurasi V 4-silinder dianggap sebagai keberhasilan Ducati untuk mengorek tenaga motor lebih optimal. Hasil pembelajaran di MotoGP, nampak menjadi insipiras bagi Desmosedici 2018 untuk diedarkan secara massal.

Aplikasi kaki-kakinya juga nampak keren. Di bagian depan fork ohlins dengan warna khasnya menyeruak. Rem Brembo terbaru juga sudah tersemat. Pada kaki belakang sistem pro arm ala motor superbike, terlihat digunakan untuk membuat karakter motor lebih kuat. Yang lebih keren, penerapan invisible knalpot yang disembunyikan di bawah mesin. Pun dengan bentuknya yang sangat akomodatif dengan desainnya, sehingga membuatnya menyatu dengan desain bodi. Ini bukan hal baru bagi Ducati, Panigale sudah menggunakannya.

Ducati Desmosedici (3)

Tentu belum ada harga resminya, toh diproduksi atau diluncurkan saja belum. Namun kabarnya Ducati menyiapkan Desmosedici paling murah setara dengan Panigale, USD$ 20 ribu atau sekitar Rp 270 juta. Hal ini lantaran pabrikan asal Bologna itu, ingin membuat Desmodici tetap memungkinkan masuk dalam lomba balap World Superbike (WSBK). (Van)

foto : Motorcycle USA, motorsport,

Baca Juga : Ducati Akan Dibeli Harley-Davidson

Jelajahi Ducati Monster

Model Motor Ducati

  • Ducati Monster
    Ducati Monster
  • Ducati Panigale V4
    Ducati Panigale V4
  • Ducati MultiStrada
    Ducati MultiStrada
  • Ducati Panigale
    Ducati Panigale
  • Ducati Scrambler Classic
    Ducati Scrambler Classic
  • Ducati Scrambler Icon
    Ducati Scrambler Icon
  • Ducati Scrambler Cafe Racer
    Ducati Scrambler Cafe Racer
  • Ducati Scrambler Sixty2
    Ducati Scrambler Sixty2
  • Ducati Hypermotard 950
    Ducati Hypermotard 950
  • Ducati XDiavel
    Ducati XDiavel
  • Ducati Diavel
    Ducati Diavel
  • Ducati Multistrada 1260
    Ducati Multistrada 1260
Motor Ducati

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Ducati Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Ducati

Bandingkan & Rekomendasi