• Wishlist

Toyota Yaris Generasi Baru Tertangkap Sedang Uji Jalan di Nurburgring

Toyota Yaris Generasi Baru Tertangkap Sedang Uji Jalan di Nurburgring

Toyota tertangkap kamera tengah melakukan uji jalan Yaris terbaru di Nurburgring, Jerman. Dua model yang berbalut jubah kamuflase, terlihat menjajal sirkuit yang terkenal kejam itu. Dugaan kuat mobil itu Yaris, didasari wujudnya yang berupa hatchback.



Model pertama yang terbungkus stiker bermotif hitam, putih dan merah diperkirakan versi sport (versi GR). Ia memakai pengelabuan yang sering dipakai Toyota Gazoo Racing. Motif itu sama dengan Supra terbaru saat masih tahap pengujian jalan.


Yaris kedua yang dibungkus kamuflase hitam-putih diprediksi varian hybrid. Dugaan ini didasari dari informasi platform yang digunakan hatchback besutan Toyota, yaitu Toyota New Global Architecture (TNGA). Struktur itu juga dipakai oleh Prius, C-HR dan Camry Hybrid. Ini artinya, ada kemungkinan mesin hibrida atau listrik terbenam ke dalam Yaris, seperti dilansir dari carscoops.com (05/07).


Kendati begitu, dari hasil spyshot, tampak Yaris diberikan ubahan desain yang lebih tegas dan sporty. Wajahnya dihias dual grille (atas-bawah) yang dibingkai di kanan-kirinya, bak kumis. Sepintas mirip gaya pada Supra dan Camry terkini. Matanya juga dibuat lebih tajam, meski belum terlihat sepenuhnya akibat kamuflase. 



Dari samping, wheelbase Yaris tampaknya dibuat lebih panjang. Terlihat dari jarak ujung buritan dengan roda belakang yang memendek. Bila benar, ruang di dalam kabin menjadi lebih lapang, terutama untuk penumpang baris kedua.


Rupa bokongnya tak terlalu landai seperti model yang dipasarkan di Indonesia. Lalu ada punuk horizontal di bawah jendela, yang menghubungkan kedua sisi. Bisa jadi ini adalah palang yang dilengkapi aksen lampu, seolah menyambungkan kedua stoplamp. Namun, belum diketahui pasti apakah terkaan itu benar, lantaran penyamarannya ekstrem. Di atapnya ada spoiler yang menyatu dan antena bentuk sirip hiu.


Interior berhasil diabadikan, kendati hanya sedikit bagian yang tertangkap kamera. Namun, dipastikan head unit yang terpasang berupa layar sentuh berukuran besar dan melayang. Ini sudah menjadi desain kabin mobil masa kini. Di samping perangkat itu terdapat tombol dan kenop untuk mengatur layar.


Sayangnya, sampai saat ini belum diketahui spesifikasi lengkap pada Yaris teranyar. Toyota sendiri baru melakukan debut hatchback itu di gelaran Tokyo Motor Show 2019. Kemudian peluncuran di Eropa berlangsung pada 2020. Bagaimana dengan Indonesia? Besar kemungkinan ia baru mendarat di Tanah Air tahun depan. Mengingat Yaris baru saja diperbarui pada awal 2018 lalu. Setidaknya tahun ketiga (setelah peluncuran) menjadi waktu paling ideal bagi Toyota Indonesia menghadirkannya. Tapi ingat, modelnya tidak akan sama seperti yang beredar di Eropa. (Hfd/Odi)


Sumber: Carscoops, Autoexpress


Baca Juga: Mau Beli Toyota Yaris TRD Sportivo? Kenali Spesifikasinya

Jelajahi Toyota Yaris

Toyota Yaris Rp 256,25 - Rp 288,45 Juta Cicilan : Rp 5,85 Juta

Bandingkan & Rekomendasi