• Wishlist

Toyota Vios Facelift, Apa Saja Yang Berubah?

Toyota Vios Facelift, Apa Saja Yang Berubah?

New Toyota Vios meluncur ikuti jejak Toyota Yaris facelift yang sudah duluan Februari lalu. Pada dasarnya kedua mobil ini sama, cuma model bodi saja dibedakan. Yaris hatchback, sementara Vios versi sedannya. Jadi, jika Yaris berubah, Vios pasti ada yang baru juga. Mobil ini bisa dipesan dari sekarang, atau kalau mau lihat di IIMS 2018 tanggal 19 April nanti.


Toyota Vios 2018


Sejak Yaris dan Vios generasi kedua, muka depannya tidak pernah sama. Bertolak belakang dengan yang terjadi di versi facelift generasi ketiga berkode XP150 dan NCP 150. Padahal, saat generasi ini meluncur 2014 lalu, parasnya beda total. Yaris terkenal dengan kumis ala ikan lelenya, Vios tampak modern dan futuristik. Jelas membingungkan apa maunya Toyota di versi facelift. Mukanya jadi identik, hanya buntutnya saja berbeda.


Dari depan sulit dibedakan apakah ini Vios atau Toyota Yaris. Kecuali dengan Yaris tipe TRD yang pakai body kit lebih sporty, karena Vios tak lagi ada varian serupa. Jadi, jika mencari kesamaan antara Vios terbaru dan model sebelumnya, hampir tidak ada. Perlu ketelitian lebih mendalam untuk menyadari siluet yang nyaris sama dan beberapa garis detil seperti di ujung kap mesin dan lengkungan atap.



Selebihnya, tiga perempat bodi Toyota Vios persis dengan Yaris tipe G. Mulai dari grille menganga, rumah fog lamp berbentuk tetesan air, serta dua garis bodi dinamis. Hanya saja ditambahkan Daytime Running Light (DRL) dan sein di spion. Pelek berukuran 16-inci juga pakai punya Yaris. Dengan kata lain, New Vios adalah New Yaris yang ditambahkan bagasi sedan. Bagian belakangnya tidak meninggalkan sisa desain Vios terdahulu. Pola lampu trapesium yang tajam, berubah jadi sipit dan melengkung.


Melihat sosok keseluruhan bagaikan sudah berganti generasi, padahal tidak. Dimensinya bertambah panjang 15 mm, lebar 30 mm dan tinggi 25 mm. Wheelbase masih 2.550 mm karena pakai kontruksi lama. Mesinnya tetap pakai 2NR-FE 1,5-liter dual VVT-i dan pilihan transmisi manual 5-speed atau CVT. Perombakan powertrain ini terjadi pada penyegaran pertama hampir dua tahun lalu. Pengembangan tentu saja terjadi, dengan menambahkan fitur paddle shift dan mode Eco/Sport di Vios G CVT.



Interior alami ubahan besar, mengikuti desain kabin New Yaris.Tapi warnanya dibedakan dengan mengaplikasi two-tone hitam dan beige agar terlihat lebih elegan. Fitur barunya meliputi Multi Information Display (MID) TFT yang mudah dipantau, Auto AC dengan tampilan digital dan monitor 7-inci dengan beragam fitur seperti DVD, koneksi iPhone/iPod, Miracast, USB, Bluetooth dan 6 speaker.


Fitur keselamatan paling signifikan perubahannya. Selain ABS+EBD+BA di sistem pengereman, ditambahkan Vehicle Stability Control (VSC) untuk mencegah mobil melintir. Hill Start Assist (HAS) turut hadir agar mencegah mobil melorot ketika mulai berjalan di tanjakan. Selebihnya, 7 SRS airbag merupakan kejutan yang dibawa sejak New Yaris meluncur. Semua itu untuk menjamin keselamatan seluruh penumpang bila terjadi kecelakaan. Seperti Yaris juga, dua tipe Vios, E dan G, diberikan standar fitur keselamatan yang sama.


Harga New Toyota Vios mulai dari Rp 291,1 juta untuk tipe E M/T dan Rp 304,1 juta untuk CVT. Varian atas Vios tipe G M/T senilai Rp 309,9 juta dan CVT Rp 326 juta. Bedanya mencapai Rp 15 juta jika dibandingkan Vios E dan G sebelum facelift. Namun tidak signifikan bila menganggap New Vios G sebagai pengganti Vios TRD, lalu New Vios E sebagai upgrade tipe G yang lama. Karena fitur ditawarkan jauh meningkat. (Odi)


Baca Juga: Toyota C-HR meluncur April ini

Jelajahi Toyota Vios

Toyota Vios Rp 319,25 - Rp 341,15 Juta Cicilan : Rp 7,28 Juta

Bandingkan & Rekomendasi