Toyota Indonesia Recall Kijang Innova, Fortuner dan Corolla Lantaran Kendala Pompa Bensin

Toyota Indonesia Recall Kijang Innova, Fortuner dan Corolla Lantaran Kendala Pompa Bensin
Gambar
Review Pengguna

Musim recall, kini giliran Toyota Astra Motor (TAM) tarik sejumlah mobil. Imbauan ini sejalan dengan global innitiative prinsipal Toyota Motor Corp yang dilakukan distributor di dunia. Termasuk di Indonesia. Pelanggan diminta untuk mengganti fuel pump kendaraannya. Itu tertuju pada pemilik Alphard tahun produksi 2017—2018, Corolla lansiran 2018, FJ Cruiser buatan 2013—2014. Lalu Kijang Innova, Fortuner dan Hilux keluaran 2017—2019.


Namun pabrikan tak memberi perincian, berapa jumlah tiap unit. Hanya menyebut tahun membuatan saja. "Sebagai wujud komitmen Toyota Beyond Service dan menghadirkan Peace of Mind bagi pelanggan. Toyota terus memerhatikan produk-produk yang sudah berada di konsumen sekalipun. Demi menghindari potensi yang dapat mengurangi kenyamanan serta keselamatan berkendara. Maka kami sangat mengimbau para pemilik kendaraan tertera, agar dapat segera mengecek melalui channel komunikasi digital perusahaan. Atau mengecek mobil di bengkel Toyota," ungkap Henry Tanoto, Vice President Director TAM, dalam keterangan resmi (2/8).


Untuk pengecekan dan penggantian suku cadang dibilang sangat mudah. Cukup dilakukan di bengkel resmi Toyota, tanpa biaya sama sekali (gratis). Toyota menginformasikan itu kepada pelanggan melalui surat resmi, maupun melalui saluran komunikasi. Seperti di media massa, kemudian situs perusahaan. Seluruh jaringan diler juga dilibatkan demi memastikan pelanggan segera melakukan penggantian fuel pump model kendaraan itu.


Toyota Fortuner 2018


Call Center


Toyota merekomendasikan para pemilik kendaraan yang termasuk dalam program ini untuk segera mengecek. Berbagai saluran komunikasi disiapkan khusus demi memberi kemudahan konsumen. Anda bisa menghubungi jaringan outlet resmi tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Serta dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telpon 1-500-315.


Selain itu, Anda dapat juga mengunjungi laman resmi di www.toyota.astra.co.id/ssc. Caranya memasukkan nomor rangka. Lalu muncul informasi apakah unit masuk dalam program penggantian fuel pump ini atau tidak. Selama masa pandemi COVID-19, pelayanan pemeriksaan kendaraan tetap dapat dilakukan. Mereka berjanji tetap memerhatikan kondisi dan mengikuti protokol berlaku di setiap daerah. Hal ini dilakukan untuk memastikan keselamatan teknisi maupun pelanggan tetap menjadi yang utama.


Baca juga: Toyota GR Supra 2020 Edition Muncul di Thailand, Niscaya Bakal Masuk Indonesia


Adapun proses penggantiaan dapat dilakukan di diler yang masih beroperasi. Namun lantaran masih pandemi dan mencegah penularan COVID-19. Perbaikan juga dapat dilakukan usai masa darurat selesai. Pelanggan tetap disarankan untuk selalu memerhatikan tanda peringatan di kendaraan. Jika ada indikator malfungsi, segera bawa mobil ke bengkel resmi terdekat.


Demi memudahkan proses penggantian. Pelanggan disarankan melakukan booking service terlebih dahulu. Jadi bengkel dapat menyiapkan stall, teknisi, part yang hendak diganti. Pengerjaan pengecekan dan penggantian pompa bensin ini berlangsung sekitar 2 jam hingga maksimal 4 jam.


Kasus Serupa


Isu perbaikan pun sama, dari perusahaan lain. Pada 15 Juli 2020, Honda melakukan penggantian komponen fuel pump sebagai tindakan pencegahan. Ada kemungkinan terjadinya mesin tidak dapat dinyalakan atau enjin berhenti beroperasi secara tiba-tiba saat mengemudi. Unit yang teridentifikasi dalam program ini sebanyak 85.025 unit. Model terindentifikasi dalam kampanye ini meliputi Brio series, Mobilio, Jazz, BR-V, HR-V, CR-V, City, Honda Civic dan Honda Accord. Tahun produksi antara 2017 hingga 2019.


Mitsubishi Indonesia juga melakukan penarikan ulang Xpander di Indonesia pada 22 Juni 2020. Jumlahnya 139.111 unit, tahun lansiran 2017 hingga 2019. Berdasarkan investigasi perusahaan, ditemukan probabilitas pompa bensin di dalam tangki dapat berhenti beroperasi. Lalu Nissan ikut mengadakan kegiatan serupa di Indonesia untuk mengganti komponen sama di Livina. Khusus tahun produksi periode 22 Februari 2019 sampai dengan 24 Agustus 2019. Jumlahnya 9.314 unit di Tanah Air. (Alx/Tom)


Baca juga: Punya Dua Varian, Toyota Corolla Cross Melantai 6 Agustus 2020 di Indonesia

Jelajahi Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova Rp 326,05 - Rp 428,75 Juta Cicilan : Rp 7,44 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store