jakarta-selatan

Suzuki Baleno vs Suzuki Swift

  • Sep 13, 2017
  • 2971 Dilihat

Eksistensi hatchback baru Suzuki Baleno memang boleh dipertanyakan. Pasalnya, saudaranya, Swift, berada di level yang sama meski harganya berbeda. Baleno hatchback menawarkan banderol lebih murah. Namun bukan berarti kualitas dan posisinya berada di bawah Swift. Di India, misalnya, Baleno hatchback dipasarkan sedikit lebih mahal dan memang posisinya lebih tinggi dari Swift. Namun dipastikan, keduanya punya target pasar yang berbeda meski tipis perbedaannya. Jadi lebih baik pilih Baleno atau Swift? Kita lihat perbandingannya.



HARGA


Harga-Suzuki-Baleno-vs-Suzuki-Swift

Harga Baleno hatchback memang lebih murah dari Suzuki Swift. Hanya ada dua varian dengan pembeda transmisi manual dan otomatis. Baleno GL MT dibanderol Rp 195 juta sedang Baleno GL AT Rp 207,5 juta. Harga Swift GX MT Rp 211,5 juta dan Swift GX AT Rp 220,5 juta. Swift punya varian GS yang lebih lengkap namun harganya juga lebih tinggi dari varian GX.



DIMENSI


Dimensi-Suzuki-Baleno-vs-Suzuki-Swift

Secara dimensi, Baleno sedikit lebih panjang dan lebar dari Swift. Tingginya sama, tapi jarak ground clearancenya lebih tinggi Baleno dengan 170 mm, Swift hanya 140 mm. Jarak sumbu roda Baleno juga lebih panjang ketimbang Swift. Dengan itu, Baleno menawarkan ruang kabin yang lebih nyaman serta bagasi yang sedikit lebih lega.



PERFORMA


 

Performa-Suzuki-Baleno-vs-Suzuki-Swift


Soal mesin keduanya seimbang. Sama-sama menggunakan K14B 1.4 liter VVT tapi tenaga Swift sedikit lebih besar. Baleno menghasilkan daya maksimum 93 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 130 Nm pada 4.200 rpm. Swift bertenaga 95 PS pada 6.000 rpm dan torsinya 130 Nm pada 4.000 rpm. Keduanya punya pilihan transmisi manual 5-speed atau otomatis konvensional 4-speed. Tak seperti di India yang sudah menggunakan transmisi CVT.



FITUR


Untuk urusan eksterior, Baleno dilengkapi lampu HID projector yang disandingkan dengan lampu siang hari dan lampu kabut. Pelek sudah berukuran 16 inci dan ornamen krom terdapat di sejumlah bagian eksterior sebagai pemanis. Sementara Swift tidak menampilkan krom sebanyak Baleno. Swift juga menggunakan pelek alloy 16 inci. Soal pilihan warna bodi, Baleno diunggulkan dengan enam pilihan warna sedang Swift hanya empat pilihan.


Pada kabin, keduanya menawarkan skema yang sama dengan warna hitam mendominasi. Menariknya, kedua mobil sudah menggunakan keyless entry dan tombol start/stop untuk menyalakan atau mematikan mesin.


Di sektor hiburan keduanya juga seimbang. Sama-sama menggunakan headunit audio 2DIN dengan berbagai konektivitas dan tombol akses dari palang kemudi. Cukup disayangkan karena belum menawarkan layar sentuh sebagai infotainment bawaan.


Fitur safety, masing-masing punya kelebihan. Baleno punya empat titik sensor parkir belakang dan ISOFIX, sementara Swift dilengkapi rem cakram pada keempat rodanya. Selain itu, ada dua kantung udara di depan dan rem dengan ABS+EBD yang merupakan standar pada kedua mobil.



KESIMPULAN


Fitur keduanya mirip, bahkan performa juga tak beda. Mengesampingkan selera desain, jelas Baleno hatchback lebih unggul. Karena dengan harga yang lebih murah, Baleno hatchback menawarkan apa yang dimiliki Swift ditambah dengan kabin yang lebih lapang.


Baca juga: Transformasi Suzuki Baleno dari masa ke masa

Shares

Video Suzuki Baleno

Lihat video terbaru Suzuki Baleno untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer