jakarta-selatan

Penjualan Suzuki Baleno Kalahkan Honda Jazz dan Toyota Yaris

  • Sep 12, 2017
  • 17402 Dilihat

Suzuki Indomobil Sales mengklaim penjualan Baleno, hacthback yang diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, menunjukkan hasil positif. Pabrikan Jepang ini, mengklaim mobilnya terjual 1.700 unit sejak diluncurkan hingga akhir Agustus 2017.


Berarti, angka penjualan ini diraih dalam waktu hanya 20 hari sejak diperkenalkan. Sementara Suzuki sendiri, hanya menargetkan penjualan Baleno sebanyak 10 persen dari total market share produk hacthback yang rata-rata penjualannya mencapai 5.000 unit perbulan.


Sebagai pembanding, dilihat dari data Gaikindo, penjualan mobil hacthback di Juli 2017 dikuasai Honda Jazz. Mobil ini terjual 1.112 pada Juli, selanjutnya diikuti Toyota Yaris yang mencapai 702 unit. Meski penjualan Agustus belum dirilis oleh Gaikindo, dengan raihan penjualan di atas tadi, Baleno tampaknya mampu bersaing dengan mobil hatchback yang lebih dulu ada di pasar otomotif tanah air.


Lampu belakang pakai LED


"Penjualan Baleno ini bisa dibilang di luar ekspektasi. Hingga akhir Agustus, penjualannya mencapai 1.700 unit dan penyebarannya bisa dikatakan merata, tidak terfokus di wilayah Jabodetabek. Karena memang kita meluncurkannya hampir di seluruh kota. Untuk kontribusi terbesarnya (yang paling laris) hampir 90 persen bertransmisi otomatis," jelas Donny Saputra, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kepada oto.com hari ini, Selasa (12/9).


Sementara Makmur, 4W Sales Director PT SIS menjelaskan, animo yang tinggi terhadap Baleno harus dijaga. Namun pihaknya percaya, penjualan Baleno hacthback tetap positif dan dapat bersaing dengan produk serupa karena dianggap memiliki beberapa keunggulan.


"Animo yang tinggi itu kalau dilihat memang dari produknya sendiri. Kami yakin Baleno bisa diterima dengan baik, karena mobil hatchback ini terbilang komplet, mewah, sporty juga elegan tampilannya. Kedua dari sisi harga, sangat kompetitif. Ketiga yakni dari promosi yang kita jalankan, kita launching di mana-mana, konsumen juga bisa test drive dengan mobil ini. Dari situ, saya yakin penjualannya tetap stabil," terang Makmur kepada oto.com hari ini, Selasa (12/9).


Baleno hatchback didatangkan secara utuh oleh Suzuki dari India. Produk ini bersaing dengan mobil serupa seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, Kia Rio dan Hyundai i20. Baleno ditawarkan dalam satu varian dengan dua opsi transmisi. Harganya Rp 195 juta untuk transmisi manual dan Rp 207,5 juta untuk yang matik.


Baca Juga: Ini Kekurangan Suzuki Baleno

Shares

Video Suzuki Baleno

Lihat video terbaru Suzuki Baleno untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer