Pilih Mana, Toyota Rush Atau Daihatsu Terios?

Pilih Mana, Toyota Rush Atau Daihatsu Terios?
Gambar
Review Pengguna

Anda ingin membeli SUV dengan harga terjangkau? Mungkin dua produk ini masuk dalam daftar Anda, Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Kedua produk ini mendominasi penjualan di segmen low SUV bersama Honda BR-V.

Rush TRD Sportivo depan

Lantas mana yang lebih baik, Rush atau Terios? Mereka ini bisa dibilang berbeda sedikit kalau tak mau dibilang sama. Jadi kalau Anda mencari perbedaannya, ya agak sulit. Pasalnya, kedua mobil sama-sama diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Indonesia.

Karena keduanya berada di jalur produksi yang sama, maka teknologi, desain, fitur dan mesin yang disematkan pun sama. Mereka diproduksi dengan menggunakan chassis semi monokok yang diklaim lebih nyaman namun tetap kokoh.

Rush TRD

Daihatsu memasarkan Terios dengan dimensi panjang 4.385 mm, lebar 1.745 mm dan tinggi 1.740 mm. Ground clearencenya mencapai 200 mm. Sementara untuk Rush panjangnya 4.420 mm, lebar 1.745 mm dan tinggi 1.740 mm sementara ground clearencenya sama seperti Terios, 200 mm. Jadi dimensi Rush sedikit lebih panjang dibanding Terios. Namun itu hanya karena perbedaan ornamen pada eksteriornya saja. Perbedaan ini tak mempengaruhi luas kabin keduanya.

Sementara kedua mobil, sama-sama dapat menampung hingga 7-orang di dalamnya. Untuk fitur yang terdapat pada keduanya sama, seperti dual airbag, rem ABS, Immobilizer, Alarm, seatbelt, side impact beam, sensor parkir depan-belakang dan juga window jam protection.

RES daihatsu.co.id Terios

Untuk sistem hiburan, Rush terbilang lebih unggul. Sebab di semua varian sudah tersemat layar sentuh berukuran 6,1-inci sebagai pusat infotainment yang terkoneksi dengan perangkat smartphone, USB port, AUX dan lainnya. Sementara pada Terios berbeda.

Untuk varian bawahnya, Daihatsu masih menggunakan sistem audio 2-DIN dengan empat speaker. Sementara varian tertingginya, sudah ada layar sentuh yang terintegrasi pada dashboard dengan kemampuan DVD, USB, HDMI, Bluetooth serta GPS Navigation.

Daihatsu Terios Custom - Tuas transmisi dengan lapisan  kulit

Di bagian mesin keduanya sama-sama menggunakan tipe 3SZ-VE DOHC VVT-i berkapasitas 1,5 liter yang menghasilkan tenaga 109 PS. Untuk transmisi yang tersedia juga sama, manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan.

Nah, ini bagian terpenting, harga. Meski diproduksi di pabrik yang sama, namun harga keduanya terbilang berbeda cukup jauh, bahkan sampai lebih dari Rp 30 juta. Misalnya, varian termurah Daihatsu Terios tipe X M/T dijual Rp 195.200.000, sementara varian termurah Toyota Rush, G 1.5 M/T harganya tembus Rp 239.400.000. Sebagai pertimbangan, Rush memiliki fitur yang lebih lengkap pada tipe ini dibanding Terios.

Untuk varian tertingginya Rush dijual Rp 267.350.000, sementara Terios Rp 252.000.000. Sekarang tinggal Anda putuskan, pilih Toyota Rush atau Daihatsu Terios?

Baca juga: Daihatsu Terios generasi terbaru siap meluncur 2018

Komparasi Toyota Rush vs Daihatsu Terios

Toyota Rush
  • Rp 257,7 - Rp 279,1 Juta
Daihatsu Terios
  • Rp 214,45 - Rp 267,15 Juta
Rush vs Terios

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store