IIMS 2018: All New Suzuki Ertiga Diperkenalkan

IIMS 2018: All New Suzuki Ertiga Diperkenalkan
Gambar
Review Pengguna

Yang ditunggu-tunggu datang juga, Suzuki resmi meluncurkan All New Ertiga di pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Perubahannya cukup banyak, mulai dari desain eksterior, interior, fitur keselamatan hingga mesin. Sayang, di acara ini mereka belum mengungkapkan harganya, tapi konsumen sudah bisa memesan dengan membayar booking fee Rp 5 juta, dan mulai delivery 12 Mei nanti. 

Suzuki Indomobil Sales memasang target bisa terpesan 1.110 unit selama berlangsungnya IIMS ini. Meski tidak menyebutkan harga resmi, tapi menurut wiraniaga Suzuki di lokasi, Hermanto, harga Suzuki Ertiga varian GX 2018 mulai dari Rp 228 juta, sedangkan tipe lainnya naik sekitar Rp 10 jutaan dari yang ada sekarang. 

"Ertiga memegang posisi penting dalam strategi global Suzuki. Kami terus mengeskpor ertiga dari Indonesia dan India ke 70 negara di seluruh dunia. New ertiga akan dirakit di pabrik Cikarang, Jawa Barat dan akan diekspor ke negara-negara ASEAN dan benua Amerika," kata Shuji Oishi, Managing Officer and Division General Manager Automobile Asia Division Suzuki Motor Corporation.

Desainnya, secara garis beras sesuai rekaan digital yang tersebar di jagad dunia maya. Masih terselip desain Ertiga lama, tapi mendapat ubahan signifikan di bagian muka dan belakang yang terlihat mirip dengan mobil lain. Lebih lengkap soal perubahan dan fitur kami ulas di artikel sebelumnya.

Yang pasti, Suzuki Ertiga generasi terbaru dirancang khusus untuk pasar Indonesia, sama seperti Low MPV lainnya. Basis produksi terpusat di Cikarang, Jawa Barat dan kemungkinan pula menyuplai pasar Asia Tenggara.

Suzuki ertiga tampak belakang

Ada tiga varian utama yang sama seperti Ertiga lama: GA, GL dan GX. Namun ditambahkan trim tertinggi tipe GX ESP yang mendapat tambahan fitur keselamatan Electronic Stability Program (ESP). Sistem untuk mencegah mobil melintir ini seperti sudah menjadi fitur canggih di mobil masa kini. Trennya begitu, Ertiga ingin mengejar ketertinggalan dari para pesaingnya yang sudah pakai kontrol stabilitas, seperti Honda Mobilio RS dan Mitsubishi Xpander Sport dan Ultimate. Sayang, Suzuki tidak memberikn Hill Start Assist (HSA). Sementara seluruh tipe mulai dari terendah sudah dibekali dual SRS airbag, ABS+EBD dan ISOFIX. Sebuah peningkatan dari sebelumnya, karena Ertiga tipe GL terdahulu belum dilengkapi rem ABS.

Sesuai prediksi, konstruksi sudah memakai platform HEARTECT. Sasis terbaru Suzuki yang didesain lebih ringan dan kaku ini, juga digunakan Suzuki Swift generasi baru, Baleno dan Ignis.

Bagian mengejutkan datang dari sektor mesin. Bukan mesin lama M15A yang dipakai seperti perkiraan awal kami, melainkan mesin baru di jajaran K-Series berkode K15B. Dari namanya mudah ditebak, mesin ini masih pengembangan dalam mesin sebelumnya, K14B. Kapasitasnya 1,5-liter DOHC dengan teknologi VVT. Daya dihasilkan sudah pasti lebih besar. Tenaganya menjadi 104,7 PS dan torsi 138 Nm. Sektor transmisi tidak mengalami ubahan, tetap dengan pilihan manual 5-speed dan otomatis konvensional 4-speed. (Odi)

Baca Juga: Spyshot Suzuki Vitara Bakal Facelift, Mungkinkah Masuk Indonesia?

Jelajahi Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga Rp 207 - Rp 262,5 Juta Cicilan : Rp 4,72 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store