• Wishlist

Fitur Keselamatan Canggih Nissan Terra yang Tak Dimiliki Pajero dan Fortuner

Nissan Terra meluncur menandingi keperkasaan penjualan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Meski Anda belum bisa menikmatinya dalam waktu dekat karena harga resmi Terra belum diumumkan, detail spesifikasi yang sudah diumbar begitu menggoda.



Tak banyak fitur berkurang dibanding versi Filipina, terutama di varian tertinggi, Terra VL. Sebuah keputusan jitu dari Nissan bila Nissan Terra ingin bersaing dari para lawannya. Ada satu paket teknologi yang diklaim baru pertama dikenalkan untuk pasar Indonesia. Adalah Nissan Intelligent Mobility (NIM). Sebuah sistem berisi ragam peranti penunjang keselamatan seluruh penumpang.


Sejatinya konsep Nissan Intelligent Mobility amatlah luas. Memiliki visi menciptakan kendaraan zero emission dan zero fatalities di jalan raya. Terdiri dari tiga area: Nissan Intelligent Driving, Nissan Intelligent Power dan Nissan Intelligent Integration. Tentu saja NIM di Terra tidaklah selengkap itu. Tanpa teknologi ProPilot ataupun e-Pedal, hanya sebatas di sektor fitur keselamatan.



Tapi fitur yang ditawarkan Terra, sudah melampaui apa yang dipunya lawan-lawannya. Pertama, Intelligent Rear View Mirror. Fitur yang terintegrasi dalam kaca spion kabin, mampu memberikan visibilitas area belakang lebih jelas. Jika dalam keadaan “OFF”, berfungsi layaknya kaca spion seperti biasa. Ketika dinyalakan, kaca berubah menjadi monitor dari kamera di belakang. Sehingga pandangan ke bagian belakang tidak terhalang obyek di dalam kabin.


Nah, monitor ini pun juga terintegrasi dengan sistem Intelligent Around View Monitor. Seperti sudah ada di Nissan X-Trail, Terra dilengkapi kamera berlensa lebar di keempat titik. Letaknya di grille, bawah spion samping dan pintu belakang. Bila digabungkan, tercipta daya pandang 360 derajat sekeliling mobil.


Fitur ini sangat bermanfaat saat parkir di area sempit. Berguna untuk memantau area yang tak dapat terlihat. Sehingga tidak perlu lagi mencondongkan badan sampai menjulurkan kepala keluar jendela untuk memantau. Fungsi lainnya cukup berguna saat berkendara off-road. Around View Monitor, bisa menjadi navigator pemberi informasi sekeliling mobil dengan jelas.



Terra tipe tertinggi juga dilengkapi fitur pencegah terjadinya kecelakaan. Tidak seintuitif dan canggih seperti di mobil swakemudi, tapi cukup sebagai pemberi peringatan agar mampu mencegah kecelakaan. Blind Spot Warning tersedia untuk memberi tahu ada kendaraan lain yang tidak terlihat di area blind spot. Biasanya, peringatannya berupa tanda menyala di spion luar.


Ada juga Lane Departure Warning. Fitur ini memonitor bagian depan kendaraan saat berjalan. Radar membaca garis marka jalan dan tanda peringatan muncul bila pengemudi tak sengaja keluar dari jalur. Dua fitur itu mampu menghindari terjadinya insiden akibat pengemudi kerap berpindah jalur seenaknya.


Nissan Intelligent Mobility memang berperan sebagai pembantu bagi pengemudi agar lebih mudah memantau lingkungan di sekitar mobil. Sekaligus melengkapi fitur keselamatan standar yang sudah tersedia dari Terra varian termurah, yaitu: 6 airbag, ABS+EBD+BA, Vehicle Dynamic Control (VDC) dan Hill Start Assist (HSA). (Odi/Van)


Baca Juga: Lima Alasan Membeli Honda All New Brio

Jelajahi Nissan Terra

Nissan Terra Rp 478,9 - Rp 680,8 Juta Cicilan : Rp 10,93 Juta

Bandingkan & Rekomendasi