• Wishlist

Kupas Tuntas Nissan Terra Varian Termahal

Kupas Tuntas Nissan Terra Varian Termahal

Terra adalah jawaban Nissan terhadap persaingan segmen high SUV. Banyaknya kompetitor dengan berbagai keunggulan, membuat Nissan harus formulasikan Terra sebaik mungkin. Model ini pun memiliki varian termahal, yang disebut 2.5L VL A/T (4x4). Dibanderol Rp 677,6 juta (OTR Jakarta), bagaimana detailnya?


Nissan Terra VL 4x4


Secara desain, Terra varian tertinggi tak berbeda dengan 2.5 VL (4x2). Ia tetap tangguh dengan berbagai penyematan komponen. Sektor penerangan sudah memakai LED yang berfitur auto on/off. Ini dipadukan position lamp, daytime running light, dan foglamp berteknologi sama. Lengkap lah untuk mendukung perjalanan yang lebih aman. Begitu pula di belakang, stoplamp sudah LED dan terpajang high mount stop lamp yang juga berteknologi serupa.


Penerapan aksesori turut meramaikan tampilan Terra termahal. Gagang pintu dibungkus aksen kromium. Di samping disematkan fender side garnish dan side step. Bergeser ke belakang, terlihat roof spoiler dan taip pipe finisher yang membuatnya tak hanya terkesan sporty, tapi juga mewah.


Bila eksterior tak mampu menarik perhatian, mungkin interior dan fitur bisa menjadi pertimbangan. Ya, interior 2.5 VL (4x4) dibuat elegan. Ini memastikan kenyamanan seluruh penumpang, sekalipun medan yang dilewati sangat menantang. Material kulit melapisi jok dan door trim. Sayang, dasbor terkesan terlalu besar dengan desain kompleks. Malah terkesan bergaya klasik. Walau begitu, berbagai fitur diperkuat teknologi terkini.


Interior Nissan Terra VL


Layar sentuh 7 inci menempel di tengah dasbor. Bisa dipakai memutar berbagai peranti, tapi tidak terlalu canggih. Ia memiliki sambungan Bluetooth, USB dan AUX dan dapat dikoneksikan ke gawai elektronik. Namun, anda tak bisa membuka aplikasi, lantaran tak ada sokongan Mirroring, Android Auto atau Apple CarPlay. Keluaran suara dari head unit ini melalui 6 speaker yang terpasang di beberapa area. Penumpang belakang pun bisa menikmati hiburan, bahkan secara visual. Soalnya roof monitor tersedia di belakang.


Kenyamanan kabin, khususnya pengatur suhu sudah didukung model digital dengan tombol. Ada fungsi dual zone auto untuk memastikan masing-masing penumpang mendapatkan keluaran udara sesuai keinginan. Sementara baris kedua dan ketiga juga dapat menikmati udara sejuk berkat ventilasi AC di plafon atap.


Apalagi yang dimiliki Terra 2.5 L VL (4x4) di dalamnya? Jok diberikan pengaturan lebih fleksibel dan praktis, terutama sisi pengemudi. Dapat disetel ke delapan arah secara elektronik. Sementara penumpang di sampingnya berupa setelan 4 arah manual. Akses masuk bangku paling belakang dimudahkan Nissan, berkat fitur second row seat tumbling with button. Kekurangan cuma satu. Kemudi hanya bisa diposisikan ke dua arah, yaitu tilt (atas-bawah), tanpa pengaturan telescopic.


Roof monitor Terra VL


Bergeser ke jantung mekanis. Terra varian paling atas memakai diesel empat silinder berkubikasi 2,5 liter. Bisa dikatakan, ia menjadi high SUV paling bertenaga, dengan output 190 PS dan torsi 450 Nm. Daya ini tentunya disalurkan ke keempat roda (4x4). Nissan pun memilih sistem transmisi otomatis 7-speed yang memiliki mode manual. Berpenggerak empat roda, sudah pasti diselipkan transfer case dan differential lock untuk bantu melewati berbagai medan jalan, terutama offroad. Mau tahu seperti apa performanya?


Baca di sini: First Drive Nissan Terra VL 4x4: Main Lumpur!


Urusan fitur safety dan pengendalian pada VL 4x4 terbilang lengkap. Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) sudah pasti terpasang. Begitu pula Vehicle Dynamic Control yang menjaga kestabilan mobil bermanuver. Perjalanan di jalan bebas hambatan makin mudah dan tak bikin lelah berkat Cruise Control. Jalan menanjak atau menurun dipastikan Nissan aman karena adanya Hill Start Assist dan Hill Descent Control. Semua itu fitur standar yang sepantasnya diselipkan Nissan ke mobil semahal ini.


Intelligent Mobility khas Nissan bisa ditemukan pada varian tertinggi. Pemantauan kondisi sekitar mobil dapat dilakukan lewat Intelligent Rear View Monitor dan Intelligent Arround View Monitor. Makin aman sembari memantau, Terra dilengkapi perangkat Moving Object Detection, Off Road Monitor di MID, Blind Spot Warning dan Lane Departure Warning. Bila itu dirasa kurang, airbag yang menjadi pelindung tambahan, jumlahnya sampai 6 buah, terdiri dari depan, samping dan tirai.


Mesin Nissan Terra


Jika melihat spesifikasi selengkap itu, dan kemampuannya melibas trek berat, Nissan Terra 2.5 VL 4x4 patut dipertimbangkan sebagai offroader. Namun, kocek yang harus dirogoh sangatlah dalam. (Hfd/Tom)


Baca Juga: Lima Generasi Selama Dua Dekade, Begini Evolusi Honda CR-V di Indonesia

Jelajahi Nissan Terra

Nissan Terra Rp 478,9 - Rp 680,8 Juta Cicilan : Rp 10,93 Juta

Bandingkan & Rekomendasi