7 Pilihan Low MPV Keluarga 2020 dengan Diskon Sampai Puluhan Juta

7 Pilihan Low MPV Keluarga 2020 dengan Diskon Sampai Puluhan Juta

Menjelang akhir tahun banyak diler menebar diskon. Potongan harga bisa merangsang konsumen untuk mengambil unit gres. Sehingga menambah pundi-pundi penjualan perusahaan. Untuk mobilitas mudik dan libur akhir tahun, jenis Low MPV sangat sesuai kebutuhan. Baik dari segi pengangkutan penumpang, kelapangan kabin dan fungsionalitas.

Tujuh mobil berikut ini bisa menjadi pilihan Anda. Untuk memudahkan perbandingan. Tersuguh harga terbaru OTR Jakarta, diskon, hingga spesifikasi unit. Sebagai catatan, rabat harga jual di tiap daerah pastilah berbeda. Diskon ini hanya memberi gambaran, bukan menjadi patokan paten. Semua itu bergantung pada regulasi masing-masing jaringan penjualan dan Agen Pemegang Merek.

Livina

Nissan Livina (diskon Rp 50 juta)

LMPV Nissan jadi model paling menggiurkan. Salah satu diler menawarkan potongan hingga Rp 50 juta untuk model produksi 2019. "Namun untuk Livina 2019 tidak bisa pilih varian. Hanya ada dua yang tersisa yakni VE dan VL. Warna juga harus kami cek dulu tersedianya tinggal apa. Nanti bisa kita ajukan untuk diskonnya," papar seorang sales Nissan, dikutip dari Liputan6.

Enjin tertancap bervolume 1.500 cc dikombinasi transmisi convensional 4-speed atau manual 5-speed. Unit diklaim menawarkan performa optimal dan efisiensi bahan bakar. Baik ketika menyetir di dalam maupun luar kota. Dengan meminjam teknologi Mivec 4 silinder Mitsubishi, Livina memberi output tenaga sebesar 104 PS pada 6.000 rpm. Lalu daya puntirnya 141 Nm pada 4.000 rpm.

Ia memiliki fitur keamanan yang sangat mumpuni sebagai mobil keluarga. Livina dilengkapi pengamanan pengemudi dan penumpang depan, dengan dual SRS airbag. Ada Hill Start Assist (HSA) yang mencegah kendaraan menggelinding saat di tanjakan. Lalu tersisip Vehicle Dynamic Control (VDC) dan Traction Control System (TCS) untuk keamanan berkendara. Pada sisi pengereman, disenjatai teknologi Antilock Brake System (ABS), Electric Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

Dua varian atas Livina, VE AT dan VL AT, semakin komplet. Terdapat tambahan Intelligent Key System dan Start/Stop Button. Sistem ini memudahkan pengguna masuk ke dalam kendaraan tanpa repot mengeluarkan dan memasukkan anak kunci lebih dahulu. Nilai lain yang menjadi pertimbangan ialah pengendalian atau handling mobil. Livina memiliki kenyamanan berkendara tinggi. Sebab ia pakai racikan McPherson Strut pada roda depan dan Torsion Beam pada roda belakang. Kemudian wide track juga lebih lebar dari LMPV lain. Hasilnya, sebuah kestabilan berkendara dan minim gejala body roll alias limbung saat menikung. Presisi rasa berkendara juga terbilang positif.

Harga Nissan Livina Desember 2020

Livina E MT Rp 208,3 juta

Livina EL MT Rp 231,8 juta

Livina EL AT Rp 242,8 juta

Livina VE AT Rp 259,4 juta

Livina VL AT Rp 272,1 juta

Mobil Keluarga Rp 200 Jutaan

Honda Mobilio (diskon hingga Rp 37 juta)

Info dari sales diler Honda di BSD, LMPV berbasis Brio dikorting hingga Rp 37 juta. Seluruh Mobilio didukung mesin 1,5 liter i-VTEC. Resultan pembakaran memberi tenaga 118 PS pada 6.600 rpm paling kuat di kelasnya. Kemudian torsi 145 Nm di 4.600 rpm. Sebetulnya boleh saja ambil transmisi manual 5-speed. Namun disarankan pilih girboks CVT Earth Dreams Technology. Sebab selain halus nan praktis, putaran mesin niscaya tetap terjaga. Sehingga menghasilkan efisiensi bahan bakar lebih baik.

Varian E, mengantongi beberapa fitur baru. Amsal projector headlight plus LED daytime running light. Sementara pelek pakai 15 inci dua warna beserta penyegaran eksterior. Seperti muka, sisipan samping hingga spoiler belakang. Sementara untuk sektor hiburan terpasang head unit 6,2 inci touchscreen. Konektivitas via Bluetooth dan hands free. Kelengkapan unit termasuk CVT with Earth Dreams Technology, retractable door mirror with turning signal, alarm system, keyless entry. Serta fitur rear parking camera serta audio steering switch.

Di sektor keselamatan pengendara. Mobilio menggunakan rangka G-CON + ACETM demi meredam benturan lebih baik saat kecelakaan. Serta dilengkapi dual front SRS Airbags untuk perlindungan lebih lengkap. Sistem pengereman juga didukung ABS plus EBD. Dari aspek ini, ia sudah lumayan sebagai mobil keluarga tujuh penumpang.

Harga Honda Mobilio (Desember 2020):

Mobilio S MT Rp 203,4 juta

Mobilio E MT Rp 224,4 juta

Mobilio E CVT Rp 235,8 juta

Mobilio RS MT Rp 248,2 juta

Mobilio RS CVT Rp 259 juta

New Ertiga

Suzuki Ertiga (diskon sampai Rp 32 jutaan)

Tawaran diskon Suzuki Ertiga lebih besar dua kali lipat dibanding Avanza. Kata tenaga penjual di Suzuki Indomobil Bintaro, potongan harga mencapai Rp 32 juta untuk semua tipe. Ada cara mudah bila ingin tukar tambah mobil lama Anda. Bisa melalui divisi mobil bekas Suzuki Auto Value. Pertimbangan memilih Ertiga sepatutnya bukan berdasar pada penampilan belaka. Bila berdasar faktor kebutuhan, sudah sangat terpenuhi dari sebuah LMPV. Penggunaan platform HEARTECT yang membuat dimensi bodi bertambah panjang dan lebar, mengobati kabin sempit di Ertiga model lama.

Mesin K15B dengan kapasitas 100 cc lebih besar dari K14B, membawa perubahan signifikan. Semakin powerful mulai dari putaran rendah sampai tinggi. Torsi mesin yang sudah deras sejak putaran bawah. Baru 1.500 rpm, torsi mulai terasa besar. Tidak ada gejala kekosongan daya tipikal mesin ber-cc kecil. Sehingga tidak perlu sering menurunkan gigi bagi tipe transmisi manual. Efeknya positif untuk konsumsi bahan bakar.

Di dalam kota dengan rute kombinasi, mudah didapat angka 11,6 km/liter. Sedangkan saat melaju stabil di tol, tertera 19,8 km/liter di Multi Information Display (MID). Rekomendasi tipe tertinggi Ertiga Suzuki Sport AT. Selain body kit dan kabin bernuansa hitam yang sporty (sama seperti GX), fitur keselamatannya paling lengkap. Suzuki melengkapi dengan dua fitur penting, Electronic Stability Program (ESP) dan Hill Hold Control (HHC).

Harga Suzuki Ertiga Desember 2020

Ertiga GA MT Rp 207 juta

Ertiga GL MT Rp 226,5 juta

Ertiga GL AT Rp 237 juta

Ertiga GX MT Rp 240,5 juta

Ertiga GX AT Rp 251 juta

Ertiga Suzuki Sport MT Rp 252 juta

Ertiga Suzuki Sport AT Rp 262,5 juta

Avanza dan Veloz penopang jualan Toyota

Toyota Avanza & Veloz (Diskon hingga Rp 25 juta)

Sejumlah diler resmi Toyota memberikan diskon beragam hingga puluhan juta bagi Avanza dan Veloz. "Semuanya bergantung pada varian dipilih. Ada yang potongannya Rp 20 juta, tersedia pula yang sampai Rp 25 juta. Itu untuk pembelian kredit maupun kontan," ucap tenaga penjual Toyota. Baik Avanza maupun Veloz masih menyediakan dua pilihan mesin. Pertama power unit 1.329 cc (1,3 liter) yang memiliki tenaga 96,5 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 120 Nm pada 4.200 rpm.

Pilihan mesin kedua berkapasitas 1.496 cc (1,5 liter) 4 silinder. Ia menyuplai tenaga 104 PS pada 6.000 rpm torsi 136,4 Nm pada 4.200 rpm. Untuk tipe 1.5L, kedua model memiliki pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Saat ini total ada tujuh pilihan tipe Avanza. Mulai dari empat tipe E, dua tipe G serta satu tipe 1.5 G. Sedangkan unit 1.3 E & 1.3 G punya pilihan transmisi manual atau otomatis. Hanya dibedakan dari fitur. Sementara New Veloz hanya punya empat pilihan tipe yakni 1.3L manual / otomatis, serta 1.5L manual / otomatis.

Lantaran sebagai flagship, Veloz dibekali beberapa fitur kenyamanan dan keamanan yang tidak dimiliki Avanza. Misalnya smart entry, supaya Anda mengakses ke dalam kabin kendaraan tanpa perlu menekan tombol unlock di remote mobil. Tak kalah canggih, start stop button berfungsi menyalakan mesin kendaraan. Dipadukan dengan smart key, perangkat ini menambah keamanan dan kepraktisan mobil.

Kini fitur follow me home light dibubuhkan. Fungsinya membuat lampu utama kendaraan tetap menyala beberapa waktu, saat penumpang bergegas masuk ke dalam rumah. Sistem ini terdapat pada Veloz dan Avanza varian tinggi. Namun keduanya juga berbagi peranti yang sama. Misal tersedianya head unit layar sentuh, speaker sebanyak enam titik, tombol pengatur audio di lingkar kemudi, digital AC control, power slot di baris pertama serta kedua, serta USB port di baris ketiga. Audio mobil Toyota ini lumayan canggih. Sebab bisa dipadukan dengan ponsel kemudian bisa mirroring. Atau memindahkan layar ponsel ke layar audio mobil lewat aplikasi T-Link.

Nah, saat Anda menonton video pun, layar audio mobil dalam kondisi mirroring masih bisa beroperasi dengan layar sentuh. Biasanya pada head unit aftermarket, Anda harus menekan ponsel agar layar audio berubah. Ini yang agak berbeda. Bahkan pengguna bisa mendengarkan audio terpisah. Misal pengemudi depan ingin mendengarkan radio, sementara di belakang ingin mendengarkan musik dari bluetooth. Ada opsi split zone di audio mobil.

Yang paling penting fitur keselamatan berkendara. Berupa dual SRS Airbag di semua tipe, sabuk dengan pretensioner, ABS, ISOFIX, sabuk pengaman tiga titik di baris kedua. Lalu ada peringatan penggunaan sabuk pengaman bagi penumpang. Toyota juga mengklaim meningkatkan kesenyapan kabin dan kenyamanan melalui desain suspensi terbaru. Termasuk setting sistem power steering electric, untuk menajamkan feeling pengendalian. Juga membuatnya lincah di jalan.

xenia R facelift

Daihatsu Xenia (diskon Rp 15 jutaan)

Mobil yang masih saudara kembar Avanza hanya diberi potongan di kisaran Rp 15 jutaan. Diskon lebih kecil dari LMPV Toyota. Maklum saja, untuk harga tersedia pun relatif lebih murah dari kakaknya. Xenia sama-sama punya pilihan mesin bensin 1.329 cc empat silinder 16 katup. Olah ruang bakar memberi daya 97 PS di 6.000 rpm dan torsi puncak sebesar 120 Nm pada 4.200 rpm.

Kini mereka menyediakan opsi engine 1,5 liter, melecutkan tenaga 104 PS dan dorongan torsi 136 Nm. Semuanya dapat imbuhan teknologi Dual VVT-i (Variable Valve Timing with intelligent). Diklaim memberi pembakaran optimal dan irit bensin. Penyalur daya pakai transmisi manual 5-speet atau matik 4-speed.

Ia punya dimensi panjang 4.140 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1695 mm dan wheelbase 2.655 mm. Sama-sama berkonfigurasi tujuh penumpang, namun kabin lebih lapang. Bobot mobil 1.425 kg. Lalu ground clearance Xenia mencapai 200 mm. Saat Anda jalan bersama keluarga, baris pertama dan kedua, bisa dipakai penumpang. Sedangkan bangku pada baris ketiga bisa dilipat. Lalu head unit audio berupa 2-DIN dengan kemampuan memutar DVD/CD/MP3. Plus tambahan fungsi navigasi GPS (Global Positioning System) dan konektivitas USB. Sistem audio layar sentuh ini, pun dapat menampilkan visual yang ditangkap oleh kamera parkir. Meter clusternya pun lengkap, termasuk ECO indicator.

Harga Xenia Desember 2020

Xenia X MT 1.3 STD Rp 194,2 juta

Xenia X AT 1.3 STD Rp 205,15 juta

Xenia X MT 1.3 DLX Rp 206,2 juta

Xenia X AT 1.3 DLX Rp 218 juta

Xenia R MT 1.3 STD Rp 205,6 juta

Xenia R AT 1.3 STD Rp 216,5 juta

Xenia R MT 1.3 DLX Rp 217,4 juta

Xenia R AT 1.3 DLX Rp 228,4 juta

Xenia R MT 1.5 DLX Rp 227,2 juta

Xenia R AT 1.5 DLX Rp 238,1 juta

Confero

Wuling Confero (diskon Rp 15 juta)

Selain pilihan dari pabrikan Jepang. Anda juga tak boleh melewatkan Wuling Confero. Promo akhir tahun, tersedia potongan Rp 15 juta. Baik untuk pembelian kontan maupun kredit. LMPV bikinan cikarang ini dibekali dengan mesin 4 silinder DOHC DVVT 1.485 cc. Ditambah lagi dengan skema gerak roda belakang atau RWD. Perbandingan kapasitas mesin serta ukuran bodinya diklaim punya kenyamanan berkendara.

LMPV Wuling ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 108 PS pada 5800 rpm. Lanjut torsi puncak 142 Nm rentang 3.800 rpm hingga 4400 rpm. Dengan sistem injeksi berteknologi MPI, memberi performa lumayan. Nah, dari segi fitur keamanan dan keselamatan, Confero S tipe C sudah lebih menjanjikan. Tersedia dua kantung udara di baris depan, tire pressure monitoring system (TPMS), anti-theft system dan sensor parkir empat titik tertanam di buritan.

TPMS berguna untuk membantu pengendara mengetahui tekanan angin di setiap roda Confero S tipe C. Sebagai mobil keluarga, ia memiliki dimensi yang cukup besar untuk mengangkut banyak penumpang. Panjangnya 4.530 mm, lebar 1.691 mm dan tinggi 1.730 mm.

Harga Wuling Confero Desember 2020

Confero 1.5 DB M/T Rp. 150.800.000

Confero 1.5 DB M/T Rp. 150.800.000

Confero S 1.5 C M/T Rp. 165.800.000

Confero S 1.5 C Lux M/T Rp. 174.500.000

Confero S 1.5 C Lux+ M/T Rp. 176.500.000

Confero S 1.5 L Lux+ M/T Rp. 188.500.000

Confero S ACT M/T Rp. 197.500.000

Mitsubishi Xpander terbaru meluncur

Mitsubishi Xpander (diskon Rp 10 juta)

Nah, menurut sales Mitsubishi di area Jakarta Utara. Baik Xpander reguler maupun Cross diberi potongan Rp 10 juta. Keduanya mengandalkan mesin 1.5L MIVEC, DOHC 16-valve, yang mengempaskan tenaga 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. Lalu dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan, untuk menyalurkan tenaga ke roda depan. Namun output daya Xpander bukanlah yang terbesar.

Xpander mengantongi teknologi pengatur variasi bukaan klep khas Mitsubishi, MIVEC. Fitur dengan nama panjang Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control, konon sudah disesuaikan untuk kebutuhan masyarakat Indonesia. Hasilnya, mesin yang paling cocok untuk pasar LMPV, dengan pertimbangan efisiensi tanpa mengorbankan tenaga dan torsi.

Ultimate serta varian Cross punya ragam fitur keamanan baik. Mulai dari dual SRS Airbag, sistem pengereman ABS+EBD dan BA pada Sport & Ultimate, Active Stability Control, Hill start Assist Control, Emergency Stop Signal, Reinforced Impact Safety, Pedestrian Protection, Safety Belt 3 titik dan lainnya. Hasilnya, Xpander mendapatkan peringkat empat bintang dari ASEAN New Car Asessment Program (NCAP).

Mitsubishi paham dengan kelemahan lawan ihwal kompartemen dan fungsionalitas. Xpander pun mengantongi banyak tempat penyimpanan serbaguna, fleksibilitas pengaturan posisi mengemudi, sistem operasi keyless, kemudahan power outlet (pengisian baterai handphone) untuk semua baris, serta sistem hiburan yang menunjang suasana kabin. (Alx/Tom)

Harga Mitsubishi Xpander Desember 2020

Xpander GLX MT Rp 217,8 juta

Xpander GLS MT Rp 234,3 juta

Xpander GLS AT Rp 245,3 juta

Xpander Exceed MT Rp 242,8 juta

Xpander Exceed AT Rp 253,2 juta

Xpander Sport MT Rp 261,2 juta

Xpander Sport AT Rp 271,2 juta

Xpander Ultimate AT Rp 275,1 juta

Baca juga: Rekomendasi Lengkap Ragam SUV/Crossover 2020 yang Layak Dipinang, Pilih Siapa?