• Wishlist

Yamaha MT-25 Disegarkan, Apa Saja Perubahannya?

Yamaha MT-25 Disegarkan, Apa Saja Perubahannya?

Yamaha MT-25 mengalami penyegaran. Tak lagi konvensional, sekarang ia punya desain serupa MT-15. Sebagai contoh, sistem penerangannya kini serba LED. Dibalut pula dengan topeng, mempertegas sisi agresif layaknya sang adik. Tentu tak semuanya sama. Ada terapan anyar, yang baru kali ini diaplikasi oleh Yamaha Indonesia. Apa saja ubahannya? Layakkah MT-25 dibeli dengan harga Rp 53,9 juta?


Yamaha MT-25 2019


"Penyegaran MT-25, suatu upaya Yamaha Indonesia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang terus berkembang seiring dengan perubahan tren gaya hidup masa kini. Kami yakin dengan desain baru yang semakin sporty serta update fitur menjadi lebih modern, membuat MT-25 generasi terbaru menjadi primadona yang menambah gairah pasar Naked Sport 250 cc," terang Yordan Satriadi selaku Deputy GM Marketing PT YIMM dalam rilisnya.


Wajah baru MT-25 sekarang bisa jadi menggoda konsumen Tanah Air. Utamanya penggemar naked bike yang gemar show off. Maklum saja, tampilan generasi pertama MT-25 terkesan 'tua'. Desain headlamp-nya simple dengan lampu bohlam berpelengkap reflektor saja. Mungkin juga karena saat itu, MT-25 menyasar konsumen mature, baik secara umur maupun penghasilan. Terlebih banderolnya sudah 48 jutaan.


Yamaha MT-25 2019 Headlamp LED


Bedanya, kali ini New MT-25 mendapatkan sederet ubahan. Karakter MT Series dituangkan pada sektor wajah. Jenis lampu LED menghias tampak depan. Mulai dari DRL, lampu utama model projector hingga lampu sein. Menariknya, lampu sein depan dan belakang LED ini perdana diterapkan pada motor Yamaha. Tongkrongannya makin berkelas. Pasalnya, sudah terdapat suspensi up-side down (USD) di kaki-kaki depan MT-25. Sebelumnya, kaki depan MT-25 hanya mengedepankan suspensi teleskopik saja. Ini juga yang membuat MT-25 identik dengan MT-15. Area ini tentu makin kekar, karena sebelumnya sudah dilengkapi ban tapak lebar.


Di sektor kemudi, terpampang panel meter full digital. Menggantikan pola sebelumnya, yang memadukan informasi digital-analog. Sajiannya juga beragam. Meliputi speedometer, takometer, fuel indicator hingga suhu sekitar. Bahkan, ada pula fitur pemandu untuk pergantian transmisi, shift timing light. Terapan panel meter tanpa jarum penunjuk manual ini, sudah lebih dulu teraplikasi di MT-15 dan Yamaha R25.


Panel Mater Digital Yamaha MT-25


Sementara untuk pengendalian, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mempercayakan stang fatbar. Namun ada perbedaan impresi. Terutama saat menilik ke bagian cover tangki BBM. Ada ubahan, karena sekarang bentuknya lebih lebar dan makin berotot. Kesan itu juga dituangkan pada area shroud. Bagian yang telah dilengkapi lubang udara ini, makin optimal mengaliri angin ke bagian mesin. Aliran udara dari item ini, juga dilanjutkan ke ruang yang ada di bagian dalam cover tangki tadi.


Nah, ubahan bentuk tadi, juga memengaruhi posisi berkendara New MT-25. Meski tampak besar di bagian atas, tapi bagian bawahnya ramping. Dengan begitu, paha semakin nyaman memeluk rangka tubular racikan Yamaha. Selebihnya, behel pada buritannya ditanggalkan demi alasan aerodinamika. Sektor lain seperti mesin, tak ada rombakan. Masih mengandalkan jantung mekanis DOHC, dua silinder 8 katup dengan kubikasi 250 cc. Tenaga yang dikail via transmisi 6 percepatan mencapai 35,5 Hp di 12.000 RPM dan torsi 23,6 Nm pada putaran 10.000 RPM. Untuk mengurangi gejala panas, aplikasi radiator masih jadi perangkat pilihan.


Bentuk Cover Tangki Yamaha MT-25


Ada satu fitur paling menarik dari MT-25. Yaitu side stand switch. Fungsinya sama seperti pada motor matik. Hanya perlakuan pada motor telanjang ini berbeda. Mesin tetap menyala, walau standar samping turun. Tapi, bisa mati otomatis ketika pengendara melakukan perpindahan gigi. Misalnya dari N (netral) ke gigi 1. Ini menjadi pengingat, motor belum layak jalan. Itulah fitur pertama yang tersemat di motor, khususnya tipe sport Yamaha.


Lalu soal banderol, Yamaha MT-25 2019 mengalami kenaikan. Model terdahulu dilepas Rp 48.985.000. Sementara harga Yamaha MT-25 generasi terbaru dipatok Rp 53,9 juta (OTR Jakarta). Sedangkan untuk warna masih sama : Matte Grey, Metallic Black dan Metallic Blue. Cuma ada sedikit variasi saja demi menyelaraskan tampilannya sekarang. Apakah dengan selisih nyaris Rp 5 juta, sajian anyar MT-25 layak dipinang? (Ano)


Baca juga: Marquez bakal Pesta di MotoGP Thailand

Jelajahi Yamaha MT-25

Yamaha MT-25 Rp 55,46 Juta Cicilan : Rp 1,27 Juta

Bandingkan & Rekomendasi