Simak Skema Pembelian Yamaha XSR 155 Selama Pandemi Corona

Simak Skema Pembelian Yamaha XSR 155 Selama Pandemi Corona
Gambar
Review Pengguna

Tak berlebihan jika Yamaha XSR 155 didaulat sebagai ikon baru Yamaha Indonesia. Dari ketersediaan lini naked bike mereka, penyajiannya paling baru sekaligus beda. Menawarkan konsep neo-classic yang sekarang ini tengah digandrungi.

Wajar jika akhirnya banyak konsumen berbondong membeli. Dari segi harga, banderolnya lebih murah ketimbang Yamaha MT-15. Sudah semestinya pula memengaruhi skema kredit Yamaha XSR 155. Walau mungkin saja tidak signifikan, jika melihat selisih yang cuma ratusan ribu dengan sang saudara.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan meminang XSR. Karena ada perlakuan khusus selama pandemi corona ini. Bukan soal kenaikan harga, melainkan kebijakan baru dari pihak leasing. Sebagai contoh rancangan yang diberikan Yamaha Mustika Motor. Diler yang berada di bilangan Jakarta Timur mematok down payment (DP) sebesar 20% atau Rp 7,3 juta dari harga OTR Rp 36,58 juta. Ketersediaan tenornya mulai dari 11, 17, 23, 29 dan 35 bulan. Keuntungan dengan DP cukup tinggi ini, keringanan terdapat pada angsuran. Misal untuk tenor 35 kali, cicilan per bulannya tidak sampai Rp 1,5 juta.

Baca Juga: Aksesori Resmi Yamaha XSR 155 Hadir, Ada Paket Tracker dan Cafe Racer

Lain hal dengan perhitungan kredit dari Panprisa Motor. Dari laman website disebutkan, pembeli bisa menyetorkan DP mulai dari Rp 5,7 juta. Jika dikalkulasi, konsumen menyerahkan setidaknya uang muka sekitar 15% dari harga OTR Rp 36,58 juta. Jika membayarkan nominal tersebut, Anda dapat memilih opsi angsuran dengan tenor serupa (11-35 bulan). Cicilan termurah didapat dengan mengambil durasi paling lama, Rp 1,56 juta.

Namun bila punya kemampuan lebih, saran kami baiknya ambil tenor 23 bulan saja. Angsurannya masih cukup bersahabat yaitu Rp 2 jutaan. Ketika menginginkan setoran bulanan lebih ringan lagi, sila pilih lebih tinggi. Saat kami tilik dengan DP 30%, pembayarannya terpaut sekitar Rp 200 ribuan dibanding skema 15%.

Kalaupun tidak cocok, coba alihkan penawaran dari diler lain. Misal dari Yamaha Mekar Motor berikut. Dari situs resminya, pembelian XSR 155 malah masih menggunakan hitungan DP 10%. Dan ditawarkan pula dengan harga jual lebih murah yaitu Rp 36,265 juta. Dengan begitu, pembeli dapat menyerahkan uang muka sebesar Rp 3.626.500. Sementara untuk masa angsuran, bervariasi mulai dari 1-3 tahun. Jarak paling lama, cicilan XSR 155 tiap bulannya adalah Rp 2.191.656. Sedangkan untuk 2 tahun: Rp 2.628.157 dan 1 tahun mencapai Rp 4 jutaan.

Yamaha XSR155

Namun, ada catatan tambahan dari skema yang diberikan BAF dan Adira. "Keduanya memang masih memberikan DP 10%. Tapi harus ada syarat yang mesti dipenuhi calon pembeli. Mereka akan melihat dari pekerjaannya. Lebih selektif, karena sekarang kan sudah banyak perusahaan yang merumahkan bahkan mem-PHK karyawannya. Jadi dilihat lagi apakah perusahaan tempat konsumen terpengaruh atau tidak dengan pandemi ini," kata Barkah, Koordinator Cabang Yamaha Mekar Motor.

Saat dihubungi OTO (29/4), dia juga menjelaskan DP murah itu sepertinya tidak berlaku untuk wirausaha. "Contohnya Adira, mereka menetapkan uang muka di atas 30%. Sekalipun konsumen itu sudah repeat order," terang Barkah.

Mungkin bukan waktu yang tepat untuk membeli XSR 155 dengan situasi sekarang ini. Belum tentu pula unitnya ready stock, mengingat Yamaha saja masih berhenti produksi. Paling tidak skema cicilan terbaru XSR 155 ini bisa jadi penggambaran untuk menghitung pengeluaran reguler, ketika Anda memutuskan membeli di kemudian hari. Jika tertarik, jangan sungkan untuk menanyakan ketersediaan produk kepada diler terkait.

Toh, Yamaha XSR 155 memang layak dimiliki. Tema klasik yang membalut tubuhnya lantas dipadukan dengan unsur modern. Seperti lampu bulat yang dilengkapi penerangan jenis LED (headlamp dan taillight). Kemudian panel meter yang juga berbentuk lingkaran, menyajikan informasi kendaraan secara atraktif dan ditampilkan secara digital. Modernitas pun dapat Anda temukan pada sektor jantung mekanik. XSR 155 dibekali mesin injeksi SOHC 155 cc berpendingin cairan. teknologi terbaru, VVA (Variable Valve Actuation) juga terintegrasi. Alhasil, output maksimalnya adalah 19 Hp/10.000 rpm dan torsi 14,6 Nm/8.500 rpm.

Kemampuan itu disalurkan dengan baik melalui transmisi 6-percepatannya. Dan sudah terdapat pula perangkat Assist & Slipper Clutch (ASC). Dengan begitu, pengendara mendapatkan kemudahan dalam pengoperasian tuas kopling (jadi enteng). Selain itu pun lebih aman karena perangkat ini mencegah ban terkunci ketika terjadi engine brake.

Kenikmatan berkendara produk anyar Yamaha ini juga Nampak dari rancang bangun. Sasis Deltabox yang jadi keunggulan mereka memberi padu padan apik antara posisi setang dan jok. Sementara urusan handling, serahkan saja kepada kinerja fork depan upside down (USD) dan monoshock di belakang yang bertumpu pada swing arm aluminium. Terakhir, jangan lupakan keberadaan ban dual purpose-nya. Dengan model pattern serta ukuran 110/70-17 dan 140/70-17 (depan-belakang). rasanya tangguh diajak melahap rute kombinasi seperti aspal maupun light off-road. (Ano/Odi)

Baca Juga: Yamaha XSR 155 Tampil Sangar Bergaya Scrambler Ekstrim

Jelajahi Yamaha XSR 155

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store