Yamaha XSR 155
Yamaha XSR 155 Rp 36,58 Juta
Dp Rp 9,14 Juta Angsuran : Rp 859.713 x 36

Modifikasi Yamaha XSR 155

modifikasi Yamaha XSR 155

Sekitar satu dekade lalu tren motor custom di dunia, termasuk Indonesia berkembang. Hal ini direspon oleh pabrikan dunia dengan menghadirkan produk-produk bergenre sport retro modern. Tak terkecuali Yamaha yang melahirkan keluarga Sport Heritage Yamaha XSR. Awalnya hanya tersedia XSR 700 dan XSR 900 yang bermesin 700-900 cc. Keduanya mengandalkan mesin yang sama dengan naked bike street fighter, Yamah MT Series.

Tak berselang lama, tepatnya pada 2019 Yamaha Indonesia turut menghadirkan varian XSR yang dibuat lebih pas untuk pasar Indonesia, yakni XSR 155. Seperti namanya, urusan mesin tentu tak sebesar saudara mogenya, yakni 155 cc dengan basis mesin R15 generasi kedua yang hadir di 2017. Saat ini, XSR 155 hadir dalam tiga pilihan warna. Diantaranya Matte Silver Platinum, Matte Black Elegant dan Matte Green yang dipasarkan seharga Rp 36.580.000 on the road Jakarta.

Tampilan klasik modern pada XSR 155, diwujudkan melalui beberapa sentuhan di berbagai sektor. Mulai dari model tangki Drip-Shaped yang mampu mendukung kenyamanan saat berkendara, penggunaan jok single seat dengan desain klasik yang stylish, lalu desain lampu depan dan belakang yang berbentuk bulat dengan teknologi LED modern, hingga keberadaan Full LCD Digital Speedometer bergaya retro yang telah dilengkapi dengan Multi Information Display (MID).

Sementara pada bagian kaki-kaki, XSR 155 sudah mengadopsi suspensi Up Side Down (USD) yang tidak hanya memberikan kesan gagah pada motor namun turut meningkatkan handling saat berkendara. Terkait ban sendiri, model ini menggunakan ban berjenis dual purpose yang dirancang untuk mobilisasi di berbagai kondisi jalan dengan ukuran 110/70 di bagian depan dan 140/70 di bagian belakang.

Di sektor jantung pacu, XSR 155 hadir dengan mesin Fuel Injection berkapasitas 155cc, SOHC, 4 langkah berpendingin cairan yang telah dilengkapi dengan teknologi VVA sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 14,2 kw/10.000 rpm dan torsi sebesar 14,7 Nm/8.500 rpm. Selain itu, motor ini juga telah memiliki fitur Assist & Slipper Clutch yang membuat kopling menjadi lebih ringan dan perpindahan gigi lebih halus.

Karena mengejar segmen pehobi, populasi motor ini terbilang jarang dibanding saudaranya R15 atau V-ixion. Namun bukan berarti XSR 155 apalagi secara 'jiwa' motor ini dihadirkan untuk penggemar custom yang berarti ingin tampil berbeda dari tunggangan lain di jalanan. Sehingga personalisasi dengan sentuhan minimalis pun bisa dipilih untuk sekadar menyegarkan tampilan motor.

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Populer Modifikasi Yamaha XSR 155

Xsr

Lahir untuk memuaskan scene custom tanah air, maka banyak cara memodifikasi Yamaha XSR 155. Bahkan dari Yamaha Indonesia sendiri menghadirkan program bertajuk Yard Built Indonesia. Di mana sederet bengkel custom diajak berkolaborasi untuk menggarap XSR 155 dengan aliran modifikasi masing-masing. Selain itu, berbagai komponen pendukung tampilan berkendara juga ditawarkan oleh Yamaha dalam tiga paket berbeda. Mulai dari standard kit, tracker kit dan cafe racer kit.

Meski sudah ditawarkan di versi pabrikan, tetapi masih banyak cara yang dapat dilakukan dalam memodifikasi XSR 155. Bukan hanya urusan tampilan, namun juga performa dan kenyamanan berkendara masih berpotensi ditingkatkan. Apalagi secara basis, motor ini mirip dengan R15 dan V-ixion.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Modifikasi Bodi
Modifikasi Bodi

Urusan tampilan, XSR 155 standar mungkin sudah tampil gagah dengan desain retro modernnya. Tetapi bagi sebagian orang, hal ini belum tentu memuaskan. Hal ini bisa disiasati dengan memakai komponen kit dari Yamaha Genuine Parts. Terdapat dua aliran modifikasi keren yang bisa dipilih. Seperti aliran tracker yang merupakan representasi dari motor balap di arena trek tanah jaman dulu. Gaya ini mengutamakan tampilan dengan ubahan sporty tapi minimalis pada bagian bodi. Ciri khas yang hadir di modifikasi ini adalah penggunaan side number plate, alias plat nomor start yang ada di kedua sisi belakang motor. Yamaha menyediakan paket modifikasi tracker khusus XSR 155 dengan harga Rp 4,15 juta. Tapi bisa juga dibeli secara terpisah. Jika ingin menonjolkan kesan 'raja jalanan' maka aliran cafe racer bisa dilirik. Modifikasi yang lahir dari aksi pemuda-pemuda Inggris ini memiliki ciri khas pada bagian fairing dan jok buntut tawon ala motor balap jaman dulu. Yamaha menyiapkan beberapa aksesoris resmi untuk aliran modifikasi ini, namun tidak dijual dalam satu paket khusus.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
ECU Tuning
ECU Tuning

Setelah memodifikasi tampilan, tak ada salahnya menningkatkan performa XSR 155. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengganti ECU. Asyiknya, karena memiliki basis mesin yang sama dengan R15, membuat pilihan ECU racing pada XSR 155 mudah didapat. Sederet fitur settingannya pun bisa dimaksimalkan. Seperti meningkatkan debit bahan bakar, lalu penyetelan AFR (air to fuel) ratio. Alhasil, kemampuan motor akan makin optimal. Untuk mesin 155 cc VVA milik XSR 155 tersedia brand BRT yang sudah dapat dipasang secara plug and play. Harga jual pada ECU BRT Juken 5 sekitar Rp 1 jutaan. Lalu ada merek ARacer yang memiliki dua tipe ECU, yakni aRacer RC Mini 5 yang dijual Rp 2,9 jutaan serta Rp 6 jutaan untuk Super 2. Secara fungsi sama seperti ECU lainnya, namun perbedaan ada di pilihan settingan yang lebih banyak dan detail pada varian Super 2.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Busi

Meski bukan peningkat tenaga signifikan, tapi berperan juga untuk meningkatkan performa motor dengan menghasilkan api yang stabil pada ruang bakar. Diantaranya dengan mengganti busi standar dengan versi aftermarket. Seperti NGK iridium yang menjaga agar suhu mesin lebih stabil. Harga jualnya sekitar Rp 90 ribuan. Kemudian ada juga busi NGK MotoDX yang fokus peningkatan durabilitas busi dan performa mesin motor. NGK MotoDX mampu membersihkan diri dari penumpukan karbon dengan cara pengaplikasian desain ruang Thermo Edge yang lebih lebar. Hasilnya akselerasi lebih baik. Busi ini dibanderol berkisar Rp 200-300 ribuan. Busi Brisk asal Republik Ceko juga menawarkan andalan mereka. Adalah Brisk X-Line yang dibuat dari bahan dasar perak. Hal ini membuat api cukup dihasilkan dari daya listrik yang kecil. Selain itu, busi ini memiliki daya tahan hingga 30.000 km. Harga jualnya Rp 220 ribu.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Ban
Ban

Dari bawaannya, ukuran ban Yamaha XSR 155 dibekali dimensi yang lebih lebar dari saudaranya seperti V-ixion atau R15. Di mana ukuran ban depan memakai 110/70-17 dan belakang 140/70-17. Menyasar tampilan ala retro custom, maka pilih desain tapak ban yang menampilkan kesan kekar tapi klasik. Seperti ban dual purpose yang memiliki kembangan kotak besar. Ada beberapa pilihan ban yang patut dilirik. Seperti CST tipe MT C 6017. Untuk ukuran depan, dihargai Rp 365 ribu dan Rp 560 ribu untuk ban belakang. Ada juga pilihan yang lebih mahal, seperti ban Shinko Trail Master atau Shinko Big Block yang dibanderol Rp 1,7 jutaan per ban.

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Aksesoris Yamaha XSR 155

Ditunjang maraknya scene custom di Indonesia, aksesoris Yamaha XSR 155 mudah ditemukan di bengkel modifikasi seluruh Indonesia. Bahkan dealer resmi Yamaha pun menyediakannya, lewat Yamaha Genuine Parts. Beragam komponen bisa dipilih. Beberapa komponen yang dapat diganti, mulai dari bagian bodi, knalpot hingga penambahan tas motor untuk kebutuhan penyimpanan barang saat berkendara jarak jauh.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
aksesoris OEM
aksesoris OEM

Oleh Yamaha, komponen penambah ketampanan motor disediakan dan dapat dipasang secara plug and play. Di versi tracker, terdapat beberapa aksesoris bodi yang bisa dibeli terpisah. Semisal side number plate yang dijual Rp 715 ribu. Selanjutnya bisa mengganti spakbor model tracker yang dijual Rp 1,5 juta. Lalu ada skid plate sebagai pelindung mesin seharga Rp 1,26 juta. Serta fly screen, atau windshield mini berbanderol Rp 435 ribu. Sementara untuk yang senang dengan gaya cafe racer, ada beberapa aksesoris yang juga bisa dibeli terpisah. Diantaranya headlamp cover seharga Rp 1,98 juta yang pemasangannya wajib menambahkan braket yang dijual Rp 330 ribu. Lalu joknya dijual Rp 1,3 juta.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Tas Motor
Tas Motor

Gaya berkendara retro modern bisa ditunjang dengan penambahan tas motor. Bukan hanya penunjang tampilan, tapi juga berfungsi sebagai penyimpan barang saat berkendara harian atau touring jarak jauh. Banyak pilihan tas motor dengan berbagai merek dan desain menarik yang bisa diaplikasikan pada XSR 155. Bisa jenis tailbag yang dipasang pada bagian belakang motor. Lalu side bag yang bisa digunakan di kedua sisi belakang. Untuk pilihannya ada merek tas 7Gear tipe Centurion untuk sidebag yang dijual Rp 850 ribu hingga Rp 1 juta tergantung volume. Ada juga tipe sidebag waterproof masih dari 7Gear yang dilepas Rp 1 jutaan. Juga ada tail bag 7Gear tipe Tourismo dengan harga Rp 500 ribuan. Serta side Eiger 2659 seharga Rp 1,2 jutaan.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Frame Slider
Frame Slider

Sudah berpenampilan keren, tak ada salahnya Yamaha XSR 155 diajak berkendara jauh. Untuk melindungi bodi dan sasis, terutama saat melalui jalanan yang rusak atau berpasir, aksesoris bernama frame slider bisa jadi pilihan. Banyak pilihan frame slider yang tersedia. Karena berfungsi sebagai pelindung, pastikan komponen tersebut dibuat dari bahan berkualitas. Seperti batang almunium dan material pelindung berbahan teflon atau polyurethane. Seperti frame slider merek WR3 yang dibanderol Rp 1,1 jutaan. Jika ingin lebih terjangkau, bisa lirik merek Bikers tipe universal yang harganya Rp 225 ribu. Yamaha juga menyediakan pelindung model slider untuk bagian mesin dengan harga Rp 300 ribu.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Knalpot
Knalpot

Knalpot Yamaha XSR 155 versi bawaan memang terlihat kekar dengan silencer besar. Namun untuk meningkatkan tenaga dan penampilan, maka sektor ini masih bisa diganti. Paling pas memang dengan model Supertrapp yang menampilkan desain tracker klasik, atau knalpot model hornet. Memang jarang ada produsen knalpot yang menghadirkannya secara massal. Solusinya bisa lirik knalpot custom garapan Abenk Muffler asal Bogor. Selain itu, ada juga DD Auto Exhaust yang menyediakan knalpot custom sesuai keinginan. Harganya variatif dan rata-rata berbahan stainless steel, yakni mulai Rp 600-1,5 jutaan. Pilih yang sesuai kebutuhan dan budget. Tapi seperti kami sarankan sebelumnya, gunakan DB killer untuk mengurangi suara knalpot.

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Seller Aksesoris Modifikasi Yamaha XSR 155

Artikel Modifikasi Yamaha XSR 155

Berita Motor XSR 155

Bandingkan Varian Yamaha XSR 155

  • Bensin
  • XSR 155 Standard
    Rp 36,58 Juta
    Fitur Varian Dasar
    • Bensin
    • Manual
    • Dimmer Switch
    • Indikator Lampu
    • Adjustable Headlights
    • Engine Check Warning
    • Layar Display
    • Tachometer
    • Tripmeter
    Lihat Lainnya Lihat Promo

Video Yamaha XSR 155

Lihat video terbaru Yamaha XSR 155 untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

  • Suzuki GSX 150 Bandit vs Yamaha XSR 155 | Bike Review | Pilih Yang Mana? | OTO.com
    Suzuki GSX 150 Bandit vs Yamaha XSR 155 | Bike Review | Pilih Yang Mana? | OTO.com
    20 Oct, 2020 .
  • Yamaha XSR 155 | First Impression | Apa Unggulnya dari Kawasaki W175? | OTO.com
    Yamaha XSR 155 | First Impression | Apa Unggulnya dari Kawasaki W175? | OTO.com
    04 Dec, 2019 .
Video Yamaha XSR 155

Bandingkan Yamaha XSR 155 Dengan Motor Sejenis

Cleveland CycleWerks Ace 250 Twin
Kawasaki W175
Benelli Motobi 200 Evo
Yamaha Vixion
Yamaha Vixion
Rp 27,94 - 28,65 Juta
Spesifikasi Vixion
Yamaha MT-15
Kategori Cafe Racer
Cafe Racer
Cruiser
Street
Sport
Kapasitas 247
177
197
149.8
155
Tenaga Maksimal 16.7
12.82
12.7
16.36
19
Opsi start Electric
Electric
Kick & Electric
Electric
Electric
Rem Depan Disc
Disc
Disc
Disc
Disc

Ceritakan tentang desain, kenyamanan, dan fitur keselamatan kendaraan Anda. Bantu teman Anda membuat keputusan yang tepat.

S&K* Tulis Review

Modifikasi Motor

Modifikasi Motor

Pertanyaan & Jawaban Yamaha XSR 155 (FAQ)

Apakah ukuran ban yang disarankan untuk Yamaha XSR 155?

Kombinasi ban yang disarankan tentu saja standarnya, yakni 110/70-17 di depan dan belakang 140/70-17. Tapi bisa juga naik satu ukuran, seperti 120/70-17 dan 150/70-17 di belakang.

Apakah ada aksesoris resmi Yamaha untuk XSR 155?

Sebagai motor yang mudah dimodifikasi, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing turut menawarkan aksesoris resmi dari Yamaha V-Ixion. Aksesoris yang ditawarkan bersifat plug and play dan lebih banyak tersedia di sektor tampilan minor.
Dapatkan pinjaman dana untuk Motor Angsuran mulai dari Rp 859.713 /bulan Dapatkan Pinjaman
Dapatkan penawaran eksklusif di Yamaha XSR 155 OTR mulai dari Rp 36,58 Juta Lihat Promo