• Wishlist

Yamaha XSR 155 Tampil Sangar Bergaya Scrambler Ekstrim

Lagi-lagi K-Speed menelurkan motor custom unik. Kali ini yang menjadi basisnya, Yamaha XSR 155. Dijuluk sebagai Trail Breaker, yang terinspirasi dari elemen gaya tualang dan scrambler. Bengkel modifikasi asal Thailand itu, merombak semua peranti yang menempel, kecuali tangki, suspensi depan dan mesin.


Yamaha XSR


Ini bukan pertama kalinya bagi K-Speed merancang model yang tak lazim. Karya mereka sudah banyak yang dijadikan barometer para builder dunia. Hampir seluruh model motor yang mengaspal di Thailand, pernah mereka rombak. Kali ini giliran motor baru Yamaha XSR 155 yang jadi bahannya.


K-Speed menanggalkan sebagian besar panel bodi XSR155 bawaan pabrik. Mereka menggantinya dengan model aftermarket, untuk menyulapnya jadi tampilan yang garang. Wajahnya mencirikan motor tualang. Tidak ada lagi lampu berwujud klasik. Digantikan lampu kembar berteknologi LED. Menempel di besi yang melingkari bagian depan motor. Juga berfungsi sebagai pelindung mesin dan rangka atau guard crash. Untuk menambah cahaya saat malam hari, ditambahkan penerangan di setiap sisi mesin. Menempel juga di guard crash.


Di bagian kokpit, tetap bertahan dengan konsol instrumen bawaan pabrik. Stang dibuat minimalis tanpa banyak tombol. Semua digantikan oleh sakelar aftermarket. Dudukan lampu utamanya, diubah menjadi tempat air minum pipih. Spatbor dilepas karena tidak ada ruang untuknya. Suspensi depan nampak masih bawaan pabrik. Bawah mesin diberikan skid plate, untuk menahan kerikil maupun lumpur.


Tangki aslinya dipertahankan, dengan diberi cat abu agar selaras dengan crash bar. Diberi pemanis dengan logo vintage di setiap sisi tangki. Rangka Deltabox tidak diotak-atik. Agar lebih mudah diidentifikasi sebagai XSR155, meski ada transformasi radikal dari spesifikasi pabriknya. Bagian subframe mendapat ubahan sedikit. Dibuat flat dan disambungkan dengan rak bagasi custom. Di bawahnya menjadi tempat untuk knalpot model ganda. Joknya dirancang khusus, agar sepadan dengan konsep dan memberikan kenyamanan lebih.


Yamaha XSR


Untuk menguatkan karakter motor tangguh, kaki-kaki pun diupgrade cukup banyak. Sang builder, membuang pelek racing dan menggantinya dengan pelek alumunium jari-jari lebar. Dibungkus dengan ban dual-purpose berukuran besar. Suspensi belakangnya pakai merek aftermarket lansiran YSS dengan tabung nitrogen. Sektor pengereman mendapat ubahan berupa penggunaan kaliper dari Brembo, di depan maupun belakang. Stoplamp aftermarket disematkan di antara knalpot ganda. Footpeg diganti agar off road friendly, bentuknya bergerigi.


Mesinnya tidak dirombak alias masih bawaan pabrik Yamaha. Jantung pacunya 155 cc, SOHC, satu silinder, 4-katup dan berpendingin cairan. Dilengkpai dengan sistem Variable Valve Actuation (VVA), yang menjanjikan performa memadai dari putaran bawah hingga atas. Tenaga yang dihasilkan mencapai 19 hp / 10.000 rpm dan torsi sebesar 14,7 Nm / 8.500 rpm. (Ano/Van


Sumber: Bike Exif


Baca Juga: Jokowi Tunggang Kawasaki W175 Custom di Kalimantan


 

Jelajahi Yamaha XSR 155

Bandingkan & Rekomendasi