Rangkuman yang Kami Ketahui Tentang Kawasaki Ninja ZX-25R

Rangkuman yang Kami Ketahui Tentang Kawasaki Ninja ZX-25R

Informasi mengenai Ninja ZX-25R di Indonesia semakin jelas. Jadwal peluncuran resminya pun sudah diumumkan, meski hadir lewat jalur virtual. Perjalanannya dari Jepang menuju Tanah Air ternyata menyimpan cerita menarik. Berikut rangkuman yang kami ketahui tentang motor sport berkapasitas 250 cc 4 silinder dari Kawasaki.

Pertama kali melantai di Tokyo Motor Show, tepatnya pada Oktober 2019. Tim OTO yang meliput langsung di Jepang berhasil mengabadikan sosoknya. Motor berstatus world premier itu terpajang dengan balutan livery tim Kawasaki Racing Team (KRT). Saat itu belum ada kejelasan mengenai spesifikasi lengkapnya. Paling mencolok hanya terlihat 4 pipa exhaust yang berujung pada satu muffler di bawah bodi. Tapi untuk fiturnya sudah dijelaskan kalau dirinya disematkan quick shifter, Kawasaki Traction Control (KTRC) dan juga power modes.

Masuk di Desember 2019, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menyiarkan video teaser mengenai takometer yang bisa berputar hingga 20 ribu RPM. Di situ memperlihatkan panel meter model analog yang dikombinasikan dengan digital MID. Dan masih menjadi misteri tentang power yang dihasilkan. Hanya menunjukkan mesin Ninja ZX-25R terdiri 4-silinder dengan kapasitas 249 cc berpendingin cairan, DOHC, 16 katup. Dibekali dual-keen LED headlight, fairing sporty dan buntut yang meruncing. Rangkanya pakai teralis dengan high-tensile steel.

kawasaki ninja 4-silinder

Perkembangan berlanjut di akhir 2019, Kawasaki Indonesia memastikan membawa masuk unit sport seperempat liter itu ke sini. Belum ada waktu yang jelas mengenai kedatangannya ke Tanah Air. Namun banyak yang menyebutkan kemungkinan meluncur di semester pertama 2020.

Awal 2020, lagi-lagi Kawasaki memberikan informasi secara masif tentang Ninja 250 cc 4 silinder. Kali ini membeberkan suara Ninja ZX-25R melalui video yang mereka sebar. Terdengar kalau dia punya putaran mesin tinggi dan mengeluarkan suara layaknya moge. Rumornya saat itu ia bertenaga 50 Hp.

Kabar selanjutnya KMI sudah berani memajang Ninja ZX-25R secara gamblang, tepatnya pada 9 Januari 2020. Dipastikan kalau motor itu sudah berada di Tanah Air. Terbukti dari foto yang tersebar di laman sosial media (Instagram). Di situ menggambarkan kondisi kantor pusat KMI di bilangan Abdul Muis, Jakarta Pusat. Meski gambar sudah jelas, tak ada informasi detail mengenai performa maupun dari segi teknisnya. Di sini mulai ada rumor kalau dirinya dibanderol Rp 100 jutaan.

Kawasaki Ninja 250 4-Silinder Indonesia 2020

Selang tiga minggu dari foto yang beredar, muncul lagi video teaser kalau Ninja ZX-25R meluncur berbarengan dengan Kawasaki Bike Week (KBW) 2020. Kuat dugaan dia dirilis di helatan tahunan itu, karena tampak logo KBW 2020 disertai gambar mesin berkonfigurasi empat silinder. Belum ada pernyataan resmi mengenai waktu peluncuran, namun ada kabar kalau dilaksanakan pada April 2020. Lokasinya disinyalir berada di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta Utara.

Pada Februari 2020, poster Kawasaki Bike Week berilustrasi mesin empat silinder resmi dirilis. Di situ tercantum 4 April 2020 dan menjadi waktu yang pasti mengenai perilisan Ninja ZX-25R. KMI ternyata menentukan tanggal yang tepat untuk menelurkan produk globalnya itu. Disesuaikan dengan konfigurasi jantung mekanisnya, yakni tanggal empat bulan empat.

Kawasaki Ninja ZX-25R yang seharusnya meluncur pada 4 April, bertepatan dengan helatan Kawasaki Bike Week 2020 ternyata dibatalkan. Acara itu terpaksa ditunda akibat pandemi virus Corona. Semua rencana yang sudah dijadwalkan secara matang harus kandas. Informasi itu bahkan diumumkan langsung oleh KMI.

"Terkait dengan adanya wabah global covid-19 saat ini, maka acara Kawasaki Bike Week 2020 yang rencananya digelar 4 April 2020 di Pantai Carnaval Ancol terpaksa kami tunda. Pembatalan tersebut merupakan keputusan yang kami ambil bersama seluruh pihak terkait, mempertimbangkan situasi wabah yang tidak dapat kami pastikan kapan berakhir. Tindakan ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap regulasi pemerintah, agar kita semua tetap aman dan sehat. Kami harap ini dapat dimaklumi," tulis info resmi pabrikan.

Peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R Indonesia 2020

Setelah ada informasi pembatalan, beberapa hari kemudian muncul kabar mengejutkan. Tersiar berita kalau pembeli yang berdomisili di Jabodetabek, dapat memesan Ninja ZX-25R melalui jaringan diler resmi Kawasaki Indonesia. Namun pihak pabrikan membantah keterangan itu. Lain hal dengan Kawasaki Greentech Riau yang sudah membuka keran pemesanan sejak 9 Maret 2020. Pihaknya menyebut kalau sudah ada 40 konsumen yang mendaftar. Meski begitu, belum ada kepastian mengenai ketersediaan unit.

Mendekati 4 April 2020, KMI mengumumkan pembatalan untuk memajang Ninja ZX-25R di Kawasaki Abdul Muis. Pasalnya di bulan tersebut pemerintah membuat peraturan agar masyarakat tetap berada di rumah dan menerapkan social dan physical distancing. Karena mendukung anjuran dari pemerintah, pihaknya menginginkan kalau konsumen tetap sabar menunggu motor sport 250 cc 4 silinder.

Sebagai pengganti kekecewaan konsumen, Kawasaki kenalkan Ninja ZX-25R versi balap. Produk ini tidak untuk dijual, melainkan hanya sebagai contoh modifikasi. Spesialnya, unit ini sudah ditambah komponen khusus agar melaju kencang di lintasan. Paling mencolok sekujur tubuhnya menggunakan material carbon, membuat bobot terpangkas jauh dari versi reguler.

Kawasaki ZX-25R versi balap

Setelah beberapa kali membocorkan informasi terkait motor sport 4 silinder ini, teka-teki spesifikasinya mulai terkuak. Menurut sumber terpercaya kami, terungkap bahwa mesinnya berkapasitas 249,8 cc, DOHC, 4-silinder segaris. Jantung mekanisnya mengadopsi overbore yaitu bore x stroke: 50 x 31,8 mm. Data yang kami dapat, powernya mencapai 49,3 Hp pada 15.500 rpm dan torsi 22,9 Nm di putaran 14.500 rpm. Dengan catatan itu, dirinya sanggup melaju hingga 187 kpj. Untuk fiturnya, ternyata benar sudah mengaplikasi perangkat elektronik baru berupa KTRC (Kawasaki Traction Control), KQS (Kawasaki Quick Shifter) dan Power Mode.

Informasi mengenai motor fenomenal dari Kawasaki tidak berhenti begitu saja. Kali ini mengenai harga jual Ninja ZX-25R. Diprediksi tembus Rp 100 juta, atau lebih tepatnya NZD 15,990 yang setara Rp 146 jutaan. Kabar mengejutkan itu datang dari pemegang merek Kawasaki di Selandia Baru lewat unggahan di salah satu sosial medianya pada, Rabu 10 Juni 2020.

Setelah menayangkan informasi sedikit demi sedikit, akhirnya KMI membocorkan perilisan motor empat silinder itu melalui kanal Youtube resminya. Dalam video teaser yang tersiar pada akhir Juni, dipastikan Ninja ZX-25R hadir melalui seremoni virtual pada 10 Juli 2020. Kemudian pihaknya juga membeberkan kalau mereka siap membuka keran pemesanan pada 11-12 Juli 2020, atau satu hari setelah seremoni peluncuran.

Prosesnya dengan sistem pre-order (PO) dan berlangsung selama dua hari di showroom Kawasaki Abdul Muis. Setiap hari hanya dibuka untuk 100 pemesan atau totalnya 200 unit. Persayaratan wajib yang harus dipatuhi konsumen yaitu menyiapkan uang sebesar Rp 5 juta dalam bentuk cashless, dan hanya berlaku untuk pelanggan ber-KTP Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok dan Banten.

Peluncuran Ninja ZX-25R

Selain itu, konsumen yang datang ke diler Kawasaki di Abdul Muis harus mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Menggunakan masker, jaga jarak dan pastikan badan dalam keadaan sehat.

Untuk catatan, jika kuota pre-order telah habis selama dua hari itu, selanjutnya konsumen diarahkan ke diler Kawasaki terdekat. Sementara untuk pelanggan di luar Jabodetabekser, mekanisme pre order cukup menghubungi diler Kawasaki di wilayah masing-masing. Namun belum ada keterangan resmi mengenai ketersedian unit di luar dari sistem pre-order. (Bgx/Tom)

Baca juga: Kawasaki ZX-10R Edisi Spesial, Terbatas Cuma 10 Unit

Jelajahi Kawasaki Ninja ZX-25R

Model Motor Kawasaki

  • Kawasaki Ninja ZX-25R
    Kawasaki Ninja ZX-25R
  • Kawasaki KLX 150
    Kawasaki KLX 150
  • Kawasaki Ninja 250
    Kawasaki Ninja 250
  • Kawasaki Ninja H2
    Kawasaki Ninja H2
  • Kawasaki D-Tracker
    Kawasaki D-Tracker
  • Kawasaki W175
    Kawasaki W175
  • Kawasaki Ninja ZX10-R
    Kawasaki Ninja ZX10-R
  • Kawasaki Ninja 250SL
    Kawasaki Ninja 250SL
  • Kawasaki Versys 1000
    Kawasaki Versys 1000
  • Kawasaki Versys 650
    Kawasaki Versys 650
  • Kawasaki Vulcan S
    Kawasaki Vulcan S
  • Kawasaki Z1000
    Kawasaki Z1000
  • Kawasaki KLX 250
    Kawasaki KLX 250
  • Kawasaki KSR Pro
    Kawasaki KSR Pro
  • Kawasaki W800
    Kawasaki W800
  • Kawasaki KLX 230
    Kawasaki KLX 230
  • Kawasaki Versys X 250
    Kawasaki Versys X 250
  • Kawasaki KX
    Kawasaki KX
  • Kawasaki Z125 PRO
    Kawasaki Z125 PRO
  • Kawasaki Z900
    Kawasaki Z900
  • Kawasaki Z900RS
    Kawasaki Z900RS
  • Kawasaki W175TR
    Kawasaki W175TR
  • Kawasaki W250
    Kawasaki W250
  • Kawasaki Ninja ZX-6R ABS
    Kawasaki Ninja ZX-6R ABS
  • Kawasaki Z900RS CAFE
    Kawasaki Z900RS CAFE
  • Kawasaki KLX 140
    Kawasaki KLX 140
Motor Kawasaki

Jangan lewatkan

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Kawasaki Ninja ZX-25R Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Kawasaki Ninja ZX-25R

Tren Sport

  • Yang Akan Datang