jakarta-selatan
kali dibagikan

Jangan Bingung Pilih Honda Genio dan Scoopy, Ini Perbedaannya

  • 22 Jun, 2019
  • 18051 Kali Dilihat

Skutik baru Honda Genio resmi diluncurkan. Desainnya modern dengan bodi minim lekukan, mirip yang ditawarkan Scoopy. Banderol harga Genio memang tak semahal Scoopy. Tapi ada perbedaan dari bekal fitur dan spesifikasi yang dibawa. Apa saja perbedaan Genio dengan Scoopy?



Ada perbedaan lumayan dari segi harga. Harga Honda Genio Rp 17,2 juta untuk tipe standar CBS (Combi Brake System) dan tambah Rp 500 ribu untuk mendapatkan fitur ISS (Idling Stop System). Sementara harga Scoopy Rp 18,94 juta, baik tipe Stylish maupun Sporty. Ada selisih lebih dari Rp 1 juta antara Genio dengan Scoopy. Tinggal mengintip spesifikasinya.



Jantung mekanis, keduanya sama-sama 110 cc, namun punya konstruksi silinder berbeda. Genio dikatakan menggendong generasi terbaru mesin eSP, dengan tenaga 9,0 PS pada 7.500 rpm dan torsi puncak 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Scoopy beda tipis, daya 9,1 PS pada 7.500 rpm dan torsinya 9,4 Nm pada 6.000 rpm.


Ukuran Genio dan Scoopy juga ada perbedaan signifikan. Maklum, Genio dibangun dari jenis sasis baru. Genio berdimensi 1.869 x 692 x 1.061 mm (PxLxT), jarak sumbu roda 1.256 mm dan ground clearance 147 mm. Tinggi jok Genio 740 mm. Sementara Scoopy punya dimensi 1.847 x 686 x 1.061 mm, jarak antar poros roda 1.257 mm, ground clearance 143 mm dan tinggi jok 744 mm.



Estetika desain dan penampilan juga lain, meski sedikit aspek retro dengan aksen bulat ada di keduanya. Tapi kalau diperhatikan, bodi Scoopy lebih minim sudut. Alhasil, Scoopy lebih terasa kental nuansa retro. Penggunaan lampu, panel meter dan spion bundar juga memperkuat karakter retro pada Scoopy. Apalagi Scoopy dibekali pelek ukuran 12 inci dengan balutan ban tebal 100/90 d9 depan dan 110/90 ban belakang. Genio memakai pelek 14 inci dengan ban 80/90 dan 90/90 untuk ban belakang. Desain pelek Genio juga biasa saja dengan kelir hitam.


Baik Genio dan Scoopy, sama-sama punya lampu depan LED. Panel meter Genio sudah digital sepenuhnya. Tapi ukurannya kecil. Sedang Scoopy lebih besar, dengan kombinasi speedometer analog dan MID digital. Oh ya, keduanya juga punya indikator Eco untuk acuan berkendara hemat bahan bakar.


Fitur Combi Brake System sudah standar pada Genio dan Scoopy. Sedang fitur ISS cuma ada pada Genio termahal. Pada Scoopy, ISS merupakan fitur standar. Bagasi Genio diklaim lega, dengan kapasitas 14 liter. Tapi ternyata, masih lebih lega punya Scoopy, 15,4 liter. Meski begitu, Genio punya kapasitas tangki bensin sampai 4,2 liter. Scoopy cuma 4 liter.


Pabrikan AHM tak muluk-muluk menghias eksterior Genio. Perhatikan saja bagian laci penyimpanan di depan. Tampil sederhana, mengedepankan fungsi. Sementara pada Scoopy, laci penyimpanan depan sebelah kiri diberi tutup pelindung. Di dalamnya disematkan colokan untuk mengisi daya smartphone. Jadi aman ketika digunakan. Genio juga punya colokan serupa, tapi posisinya ada di dalam bagasi jok.


Kecanggihan Scoopy bertaraf lebih tinggi ketimbang Genio. Fitur kunci, contohnya. Genio memakai kunci standar dengan penutup pada lubang. Scoopy malah punya alarm untuk mencegah terjadinya pencurian. Fungsi answer back system juga ada pada kunci Scoopy. Fungsinya memberi tanda bunyi dan kedipan sein hazard ketika tombol ditekan, memudahkan pencarian motor di tempar parkir yang padat.


Dari segi fitur dan penampilan ada perbedaan yang signifikan. Skutik Genio memang lebih murah, tapi fiturnya tak sekaya Scoopy. Tampilannya juga masih lebih menarik Scoopy. Sekarang tinggal sesuaikan dengan keinginan dan budget, motor desain baru harga Rp 17 jutaan atau Scoopy dengan Rp 18 jutaan yang punya penampilan retro dengan fitur lebih kaya dan canggih. Pilih yang mana? (Tom/Van)


Baca Juga: Honda Beat Street Punya Warna Baru, Harganya Berapa?

Galeri

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Honda Genio

Lihat video terbaru Honda Genio untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Honda Pilihan

  • Populer
  • Komparasi