Modifikasi Honda Genio

Honda Beat Deluxe dan Genio CBS

Genio yang merupakan terjemahan dari motor konsep Project G, akhirnya resmi mengaspal. Secara kelas, bisa dibilang ia berada satu tingkat di bawah Scoopy. Sehingga menyandang predikat sebagai skutik entry level.

Banyak orang yang terkecoh, sebelumnya ramai tersiar Genio merupakan Scoopy bermesin 150 cc. Namun kenyataannya sangatlah jauh. Mesin yang sama ditanamkan dengan beragam setelan dan komponen yang diperbaharui. Alhasil, outputnya sedikit lebih kecil dari Scoopy.

Respons terhadap skutik baru besutan Honda ini, menuai banyak komentar. Baik yang positif maupun negatif. Beberapa kecewa karena mengharapkan penggunaan mesin besar. Lainnya menyambut baik atas alasan harga dan model. Belum lagi pilihan warna yang cukup banyak, mudah disesuaikan dengan selera masing-masing.

Biasanya, mereka yang kurang doyan gaya retro terkesima melihat Genio. Wajar karena tampilannya lebih modern sekaligus sporty dan elegan. Berbagai sudut mengotak tersimak di sekeliling bodi dan lampu. Walaupun kami lihat warisan desain Scoopy masih kental.

Yang cukup spesial dari motor ini, konstruksinya. Honda menanamkan model rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Ini hasil pengembangan terbaru. Tak satupun skutik mereka yang memiliki rangkaian besi seperti ini. Honda mengklaim ada tahap khusus yang dilakukan seperti proses press serta laser welding. Hasilnya, bobot tereduksi sebanyak delapan persen.
Sejak kehadirannya tahun 2019 silam, Honda Genio bisa disebut sebagai pelopor dari generasi terbaru skuter matik Honda, khususnya di segmen low end. Pasalnya, alih-alih memakai basis Honda Beat, Genio justru yang memberi pengaruh pada seluruh skuter matik low end Honda, seperti Beat series dan Scoopy.

Hal ini berkat teknologi rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame), struktur frame ini dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas handling, sehingga sepeda motor mudah dikendarai dan nyaman saat bermanuver. Rangka Honda Genio mampu memberi pemanfaatan ruang yang efisien terbukti dengan kapasitas bagasi 14 L dan kapasitas tangki bahan bakar 4,2 L.

Menilik sejarahnya lebih jauh, Genio sebenarnya sempat hadir sebagai motor konsep. Versi konsep tersebut berjuluk Project G dan dikenalkan lewat ajang IMOS 2018. Saat itu, motor tersebut justru dihubungkan sebagai versi terbaru dari Scoopy. Namun tak butuh setahun, motor konsep itu justru menjelma menjadi Genio.

Secara tampilan, memang masih menghadirkan nuansa retro modern yang sama dengan Scoopy. Bodinya ala-ala skuter retro yang serba membulat ini mengingatkan kita akan sosok skuter Eropa seperti Vespa atau Lambretta. Menariknya, sejak awal Genio sudah mengusung kesan yang lebih modern berkat penggunaan headlamp LED dan USB charger sebagai fitur standarnya.

Selain itu, Honda Genio juga menjadi pencetus mesin baru bagi generasi teranyar Honda Beat series. Mesin ini diklaim lebih irit namun bertenaga dibanding mesin skuter matik Honda sebelumnya. Spesifikasi mesinnya 109,5 cc dengan tenaga maksimal 9 PS di 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm per 5.500 rpm. Dibekali sistem injeksi, PGM-FI, Genio miliki akselerasi yang baik dengan kemampuan tempuh jarak 1-200 meter hanya dalam 14,4 detik. Berdasarkan hasil tes internal dengan metoda ECE R40, konsumsi bahan bakar menunjukkan angka 59,1 km/liter (fitur ISS on) sehingga mampu menempuh jarak hinga 248 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar.

Fitur yang ditawarkan menunjang, namun tak bisa dibilang spesial. Pertama dari panel meter. Desain bagian ini sebetulnya keren. Dengan memadukan bentuk lingkaran yang dikelilingi cover ring besi. Sayangnya, tidak seluruhnya berupa layar. Screen digital hanyalah berbentuk persegi panjang kecil, dengan tampilan monokrom. Menyajikan informasi seputar speedometer, fuel gauge dan odometer. Sementara di luar itu menyala sensor ECO, Idling Start/Stop dan beberapa indikator penting.

Lanjut ke bagian stang. Terdapat sakelar pengoperasian lampu hingga starter. Tentu saja, tipe CBS-ISS dapat tambahan tombol sistem Idling Start/Stop engine. Ini bersinergi dengan sistem ACG (Alternating Current Generator) yang membuat proses menyalakan mesin lebih senyap (Seluruh tipe).

Ruang simpan yang disediakan cukup besar. Dua laci di balik tameng tergolong dalam. Cukup jika ingin menyimpan sarung tangan, air mineral botol, atau gawai. Tapi hati-hati, tidak ada penutupnya. Dek bawah juga rata lantai. Di kala membawa barang agak besar, tidak terhalang tunnel yang biasa ada di maxi scooter.

Ada juga pengait yang menempel di tengah laci tadi. Nah, di balik jok Genio, memiliki kapasitas bagasi lumayan besar, 14 liter. Tapi jangan harap helm half face apalagi full face dapat masuk. Ini cukup berguna untuk menaruh jaket, tas atau barang yang lumrah dibawa sehari-hari. Hadir pula soket 12V untuk mengisi daya smartphone. Menurut klaim Honda, biarpun posisinya ada di dekat tangki, tidak akan berbahaya saat melakukan pengisian baterai.

Urusan sektor pencahayaan tidak seluruhnya canggih. LED baru tersemat pada headlightnya saja. Sein dan stoplamp masih menggunakan bohlam biasa. Bicara keamanan, tersedia secure key shutter, brake lock dan side stand switch.

Tak mengherankan jika motor ini menjadi idola banyak kalangan. Mulai anak sekolah dan kuliah, pekerja hingga ojek online. Untuk itu, modifikasi bisa dilakukan pengguna Genio untuk personalisasi tunggangan mereka. Karena saat ini, motor bukan lagi dipandang sebagai sarana transportasi semata, lebih jauh fungsinya bisa menjadi bentuk aktualisasi diri. Sehingga jangan sampai salah memilih aliran dan aksesoris modifikasi.

Baca Kurang

Seller Aksesoris Modifikasi Honda Genio

Anjany Racing
Prospeed Exhaust

Honda Genio Cerita Modifikasi

Ceritakan kisah mobil Anda

Review Anda akan membantu orang lain memilih

Tulis ceritamu

Pertanyaan Seputar Modifikasi Honda Genio

  • Apakah ada aksesoris resmi Honda untuk Genio?

    Terdapat 8 item aksesoris resmi dari PT Astra Honda Motor yang dijual khusus Honda Genio. Aksesoris yang bertujuan untuk penghias motor, tanpa fungsi signifikan ini dijual melalui jaringan diler dan bengkel resminya.

  • Apakah ubahan CVT menggugurkan garansi mesin?

    Memang ada konsekuensinya dalam memodifikasi motor. Seperti perubahan komponen CVT yang mengugurkan garansi mesin dari Honda. Sehingga, bijaklah dalam memodifikasi motor.