• Wishlist

Honda Scoopy Special Edition, Hanya Diproduksi 5 Ribu unit

Inilah Honda Scoopy Special Edition. Kemunculannya sekaligus memperingati 10 tahun skutik bergaya retro di Thailand. Dengan skema i Kumamon, berupa seekor beruang merah hitam yang lucu dan menggemaskan. Hanya diproduksi 5.000 unit.


Honda Scoopy


Kumamon, maskot Pemerintah Prefektur Kumamoto, Jepang. Karakter beruang ini pertama kali dikenalkan pada 12 Maret 2010. Tujuannya sebagai bentuk kampanye pariwisata, terutama setelah jalur Kyushu Shinkansen dibuka. Diterjemahkan dengan identik merah dan hitam.


Juluk Kumamon diambil dari kata ‘Kuma’ yang berarti beruang. Dan ‘Mon’ berasal mono (orang). Namun, fakta sebenarnya, di daerah Kumamoto, tidak satupun beruang yang hidup di wilayah itu. Tetapi, kini beruang Kumamon begitu terkenal, menjadi beruang terpopuler di Jepang. Di Kumamoto sendiri juga berdiri pabrik perakitan motor Honda. Menjadi awal kelahiran Honda Scoopy yang diproduksi pada 2001, saat itu namanya Crea Scoopy. Honda kenalkan model ini ke pasar Thailand pada 2009 dengan nama Scoopy i. Dan ke Indonesia pada Mei 2010.


“Pasar sepeda motor di Thailand selalu berubah. Karena itu, kami tidak pernah berhenti mengembangkan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang berubah sesuai dengan tren. Honda mampu memenuhi kebutuhan ini dengan sangat baik. Hal ini tercermin dari keberhasilan Honda Scoopy i yang pertama kali diluncurkan pada 2009. Ia sudah mengakumulasi penjualan lebih dari 2,2 juta unit, sekaligus menjadi motor skutik nomor satu paling hits di Thailand,” kata Shigito Kimura, Presiden AP Honda Co., Ltd., dalam keterangan resmi AP Honda.


Ide ini direalisasikan untuk memberikan ciri khas kepada orang-orang Thailand, melalui pembuatan model edisi khusus. Honda Scoopy i Kumamon Special Edition dirancang khusus dengan menggabungkan elemen khas dari beruang Kumamon dengan imutnya gaya motor Scoopy. Menjadikannya sebagai motor yang sempurna untuk remaja dan pecinta Kumamon di Thailand.


Seperti karakternya, skutik Special Edition ini punya karakter dan tampilan mirip sosok beruang. Berkelir hitam glossy serta aksen merah di beberapa bagian motor. Seperti di spion, dek kaki, cover spidometer, kaliper rem depan dan cover mufler. Di tameng depan kiri, juga ditempelkan emblem bulat dengan tulisan Scoopy i 10th Anniversary. Fender depan dan bodi samping, menampilkan desain grafis figur Kumamon yang memiliki hak cipta otentik dari Jepang.


Honda Scoopy


Dengan tampilan lucu dan menggemaskan, Honda Scoopy i Kumamon tersedia di semua Wing Center Thailand. Harga yang ditawarkan, THBath 54.200 atau jika dikonversi ke Rupiah jadi Rp 25 juta. Cukup mahal jika dibanding dengan honda Scoopy yang dijual di Tanah Air. Skutik 110 cc itu hanya dilego Rp 19 jutaan di Indonesia.


Mesin Scoopy berkapasitas 110 cc 4-tak, injektor PGM-FI, dengan kemampuan konsumsi bbm hingga 59 km/liter. Hal ini dilakukan dengan metode pengujian ECE R40 melalui fitur ISS dengan pengetesan EURO 3. Fitur unggulannya, lampu depan LED projector, soket charger smartphone dan kotak penyimpanan U BOX berkapasitas 15,4 liter. (Bgx/Van)


Sumber: Autospinn, AP Honda


Baca Juga: Suzuki Katana 125 Siap Mengaspal Tahun Depan

Jelajahi Honda Scoopy

Honda Scoopy Rp 19,58 Juta Cicilan : Rp 446.676

Bandingkan & Rekomendasi