Honda BeAT 2020 di Malaysia Dijual Rp 19 Juta, Ini Kelengkapannya

Honda BeAT 2020 di Malaysia Dijual Rp 19 Juta, Ini Kelengkapannya
Gambar
Review Pengguna

Di Indonesia, Honda BeAT merupakan skutik paling laris dan diminati. Honda melansir model 2020 sejak awal tahun dengan berbagai ubahan dan fitur baru. Konsumen di Malaysia kebagian jatah model baru beberapa hari lalu.

Pasar dan strategi Boon Siew Honda (BSH), APM Honda Motor di Malaysia sangat berbeda dengan Indonesia. Mereka bahkan hanya menawarkan satu varian saja. Trim tunggal ini dijuluki BeAT Street. Dan konsepnya beda dengan nama Street di sini.

Ia tak pakai stang telanjang, grafis ekspresif dan warna dof, serta speedometer full digital. Melainkan sama seperti varian standar. Urusan mengemas panel, bahkan hanya empat warna tersedia: Pearl Nightfall Blue, Space Magenta metallic, Force Silver Metalic, Vivacity Red.

Beda dengan Indonesia. Astra Honda Motor membagi varian utama menjadi tiga. Dari mulai CBS, CBS-ISS, serta Street. Sementara di seri CBS-ISS dibagi lagi dalam sub-varian, yakni Deluxe. Total warnanya mencapai belasan, begitu pula grafis. Disediakan dalam tema ekspresif maupun elegan. Lengkap.

Bagaimana dengan harga? Unit di Malaysia dibanderol RM 5.555 atau berkisar Rp 19 jutaan. Kok lebih mahal dari Tanah Air? Yup. Malah dengan nilai jual yang lebih tinggi ini, ia tetap saja kalah jauh ketimbang versi lokal.

Baca juga: Mesin Cuma 110 cc, Kenapa Honda BeAT Layak Dibeli?

Honda BeAT Malaysia

Kelengkapan Aksesori

Pada sisi spakbor belakang dipasang reflektor oranye. Hal ini demi mendapat visibilitas lebih baik dari cakup pandang pengendara lain. Aksesori yang disebut mata kucing ini juga jamak ditemukan pada segala jenis motor di Kawasan Asia Tenggara. Tentu selain fungsi keamanan, tampilannya mempercantik komposisi motor.

Nah, ketika lihat dari belakang, diferensiasi BeAT Malaysia cukup terlihat. Bentuknya tak beda, tapi seluruh permukaan mika lampu di-smoke. Dan yang unik, sein juga diletakkan terpisah. Disangga batang plastik ala motor sport. Persis di tengahnya, lagi-lagi diletakkan reflektor merah untuk memantulkan cahaya.

Honda BeAT Malaysia

Fitur-Fitur

Unit yang juga diekspor PT Astra Honda Motor ini tak punya banyak fitur. Kalah jauh dengan yang dijajakan Tanah Air. Kita memiliki opsi untuk menyesuaikan kebutuhan. Sementara Beat Malaysia seragam seperti Beat CBS di Indonesia. Tak ada fitur Idling Stop System (ISS) dan power outlet dengan tutup plastik. Padahal, dua variabel itu jadi rangkaian utama perubahan ke versi 2020.

Untung pencahayaan utama sudah LED. Untuk membuka bagasi pun tak lagi melalui lubang kunci di samping jok, melainkan lewat tombol (mekanik) di sisi lubang kunci. Kapasitas ruang simpan pun meningkat, tapi ditulis volumenya 11,7 liter. Sementara di sini sampai 12 liter. Kalau tangki bensin peningkatannya serupa, jadi 4,2 liter.

Area kokpit persis. Memadukan panel analog dan digital. Kluster jarum mendominasi, menunjukkan informasi kecepatan. Lantas yang digital memang kurang informatif, berisi data fuel gauge, odometer, serta indikator ECO.

Baca juga: Promo Terbaru Honda Beat, Ada Potongan Rp 1,3 Juta

Honda BeAT Malaysia

Performa Mesin

Bagaimana dengan mesin? Dari segi rangkaian dan struktur mesin sebetulnya tak nampak perbedaan. Menggendong dapur pacu eSP serupa Genio, satu silinder SOHC 109 cc dengan ukuran bore dan stroke 47 mm x 63,1 mm. Overstroke. Dan rasio kompresinya 10:1.

Kendati begitu perolehan tenaganya lain. Honda BeAT pasar lokal mampu memproduksi daya 8,89 Hp di 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm pada 5.500 rpm. BeAT negeri Jiran, mencatat output 8,7 Hp di 7.500 rpm serta torsi 9,53 Nm pada 5.500 rpm.

Honda BeAT Malaysia

Entah bagian mana yang diracik ulang. Boleh jadi jalur pembuangan berbeda sama sekali, sebab di sana mesin eSP memenuhi regulasi Euro 4. Di saat versi lokal masih dibuat dalam standar emisi Euro 3. Lantas mengenai konsumsi bahan bakar, kemungkinan besar tak sampai angka 60,6 kpl karena hasil ini dipengaruhi kinerja ISS.

Secara dimensi dan bobot tidak ada perbedaan. Total panjangnya masih 1.877 mm, lebar 669 mm, serta tinggi 1.074 mm. Tentunya, dengan jarak jok ke tanah ramah postur standar, 740 mm. Struktur utama juga mengadopsi jenis enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) yang diklaim lebih kuat, enteng, serta fleksibel. Karena itulah bobotnya seperti di sini, 90 kg. (Hlm/Raju)

Sumber: Bikesrepublic

Baca juga: Honda BeAT 2020 Bekas, Menguntungkan Ketimbang Beli Baru?

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store